Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Bekas Luka? Cari Tahu Faktanya

apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas luka

Minyak zaitun terkenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain manfaat minyak zaitun untuk kulit gatal, banyak juga anggapan kalau minyak zaitun bisa untuk menghilangkan bekas luka. Alasannya, minyak ini mengandung zat dan senyawa yang diperlukan tubuh. 

Meski demikian, apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas luka?

Minyak zaitun menurut laman Healthline merupakan minyak alami yang diperoleh dari buah zaitun, yaitu buah yang berasal dari pohon zaitun. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan antioksidan. 

Selain itu, kandungan lain yang tidak kalah penting adalah adanya sifat-sifat antiinflamasi. Oleh karena itu, minyak zaitun dinilai dapat memberikan manfaat kesehatan bagi setiap orang yang menggunakannya.  

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Bekas Luka? Ini Penjelasannya

apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas luka

Minyak zaitun mengandung tinggi antiinflamasi yang dapat membantu menyamarkan bekas luka. Sebab, antiinflamasi termasuk golongan obat yang digunakan untuk meredakan peradangan. 

Menurut laman Universitas Negeri Gorontalo, luka adalah suatu keadaan yang yang ditandai dengan rusaknya berbagai jaringan tubuh. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab terjadinya peradangan. 

Peradangan tersebut dapat disembuhkan dengan antiinflamasi, misalnya seperti yang terdapat dalam minyak zaitun. Medical News Today menyebutkan vitamin dan antioksidan dalam minyak ini dapat memudarkan bekas luka.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang terkena luka. Cara ini akan membantu regenerasi pada kulit, sehingga bekas luka akan tersamarkan. 

Nah, jadi sudah terjawab ya. Soal apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas luka, jawabannya adalah benar.

Baca Juga: Pantangan Makanan Agar Luka Cepat Kering.

Manfaat Minyak Zaitun Lainnya

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Melembapkan Kulit 

Selain membantu menyamarkan bekas luka, minyak zaitun juga bisa untuk melempabkan kulit. Manfaat ini sangat cocok untuk kamu yang punya kulit kering. Sebab, minyak zaitun sering digunakan sebagai pelembap kulit kering. 

Menurut Medical News Today, mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang kering akan membantu melembapkan. Selain itu, juga sekaligus mencegah kulit menjadi berminyak. 

Hal tersebut dikarenakan di dalam minyak zaitun terdapat squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Berbagai kandungan ini diyakini dapat membantu melambapkan kulit, baik kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis 

Penyakit kronis adalah kondisi seseorang yang berlangsung selama satu tahun atau lebih dan memerlukan perhatian medis berkelanjutan. Bahkan, kondisi yang mengharuskan seseorang membatasi aktivitas sehari-harinya. 

Jenis-jenis penyakit kronis, seperti serangan jantung, kanker, stroke, alzheimer, dan diabetes. Mencegah penyakit ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak zaitun. 

Pasalnya, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam laman National Institutes of Health, minyak zaitun dapat mencegah penyakit kanker dan saluran pencernaan. 

Manfaat kesehatan tersebut didapatkan dari komponen spesifik minyak zaitun. Adapun beberapa di antaranya, yaitu antihipertensi, antitrombotik, antioksidan, antiinflamasi, dan antikarsinogenik.

Oleh karena itu, seperti yang disebutkan dalam laman Healthline, beberapa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena stroke. Penyakit nomor dua yang paling mematikan di berbagai negara. 

3. Memiliki Sifat Antibakteri 

Nutrisi penting memang banyak terkandung dalam minyak zaitun, salah satunya sifat antibakteri. Kandungan ini membantu kamu dalam menghambat sekaligus membunuh bakteri bahaya yang masuk dalam tubuh. 

Adapun salah satu jenis bakterinya adalah Helicobacter pylori sebag bakteri yang hidup di perut atau saluran pencernaan. Bakteri ini menjadi penyebab penyakit maag dan kanker lambung. 

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam laman Healthline, antibakteri dalam minyak zaitun dapat melawan delapan strain bakteri, diantaranya resisten terhadap antibiotik. 

Alasannya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun yang diminum setiap hari dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori 10–40%. Efektivitas ini bisa dirasakan hanya dalam waktu dua minggu. 

Rekomendasi Artikel: Cara Menghilangkan Bekas Luka Jatuh dari Motor di Lutut.

4. Menurunkan Berat Badan 

Berat badan berlebih biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang baik, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. 

Kondisi tersebut bisa diatasi dengan menghubungkan pola makan Mediterania yang kaya akan minyak zaitun. Seperti disebutkan dalam laman Healthline, minyak ini mengandung efek menguntungkan bagi berat badan seseorang. 

Pasalnya, mengonsumsi minyak zaitun tidak akan memengaruhi berat badan seseorang. Artinya, orang tidak akan mengalami peningkatan berat badan. 

Selain itu, penelitian lain juga menghasilkan bahwa pola makan yang kaya akan minyak zaitun memiliki kaitan dengan antioksidan dalam darah. Hal ini dikarenakan antioksidan bisa meningkat serta dapat menurunkan berat badan. 

5. Memiliki Sifat Antiinflamasi yang Kuat 

Sifat antiinflamasi sangat diperlukan tubuh untuk meredakan peradangan. Sifat ini terdapat dalam minyak zaitun yang diperoleh dari antioksidan. Oleh karena itu, minyak zaitun berfungsi layaknya obat antiinflamasi bagi tubuh. 

Alasannya, terdapat kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Hal ini menjadi salah satu dari sekian banyak manfaat kesehatannya. 

Selain itu, juga terdapat kandungan asam oleat, yaitu lemak utama yang bisa mengurangi kadar penanda inflamasi seperti protein C-reaktif (CRP).

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dikutip dari laman Healthline, antioksidan minyak zaitun dapat menghambat protein yang mendorong peradangan. Kondisi ini menjadikannya cocok sebagai sumber antiinflamasi. 

Minyak Waji Membantu Menghilangkan Bekas Luka 

Minyak zaitun yang punya banyak manfaat itu termasuk salah satu kandungan Minyak Waji. Pasalnya, minyak ini dibuat dari 10+ Botanical Essences yang punya banyak manfaat, seperti membantu meringankan pegal linu, nyeri sendi, nyeri otot, kebas, kesemutan perut kembung, dan masalah kulit lainnya. 

Nah, fungsi untuk mengatasi masalah kulit ini salah satunya adalah untuk membantu mengurangi bekas luka. Hal ini menjadikan Minyak Balur Waji bermanfaat untuk memudarkan bekas luka, baik di kaki, di lengan, maupun di wajah. 

Caranya adalah dengan membalurkan Minyak Waji secara rutin pada bagian kulit bekas luka. Melakukannya secara rutin akan membantu kamu mencapai kulit yang bersih dari bekas luka. 

Yuk, Sedulur hilangkan bekas luka dengan minyak zaitun dalam produk Waji sekarang juga! 

Itulah penjelasan mengenai apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas luka atau tidak. Mulai sekarang, kalau kamu mau menghilangkan bekas luka, bisa banget pakai minyak zaitun, ya!

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?