3+ Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur

Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur

Salah satu perawatan sebelum tidur yaitu dengan mengaplikasikan minyak zaitun, yang telah dimanfaatkan untuk perawatan wajah sedari dulu, karena manfaatnya yang luar biasa bagi kulit khususnya wajah. Namun ternyata, banyak orang yang belum tahu persis bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur.

Minyak zaitun terbuat dari buah tanaman zaitun yang telah dihancurkan dan diambil ekstrak atau minyaknya. dan merupakan jenis minyak nabati yang memiliki performa tinggi dan memiliki banyak kandungan baik.

Secara umum, minyak zaitun dapat digunakan oleh segala jenis kulit, namun bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati, karena dapat memungkinkan munculnya alergi maupun iritasi.

Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak yang kaya akan vitamin seperti vitamin A, D, K, dan Vitamin E serta antioksidan. Selain itu lemak tak jenuh tunggal di dalamnya juga dikenal sehat.

Minyak zaitun juga memiliki kandungan squalane, atau senyawa yang dapat menyeimbangkan lapisan pelindung kulit dan menjaga kelembapan kulit.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang dapat membuat minyak zaitun memiliki berbagai macam manfaat, termasuk untuk wajah.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

berapa kali memakai minyak zaitun untuk wajah

Minyak zaitun telah dikenal memiliki manfaat yang baik untuk wajah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk-produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun, misalnya sabun dan lotion. 

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Berikut ini adalah manfaatnya!

1. Melembapkan Wajah

Minyak zaitun dapat membantu mengunci kelembapan dan dapat mengatasi kulit kering. Kandungan senyawa yang dapat melembapkan kulit dan vitamin E yang ada dalam minyak zaitun dapat menahan kelembapan kulit dan meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap air.

2. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Kandungan antioksidan yang ada pada minyak zaitun dapat melawan radikal bebas yang berasal dari paparan asap, radiasi ultraviolet, polusi, dan lain lain.

Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan berbagai tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus atau kerutan, noda hitam, kulit kering dan lainnya.

Selain kandungan antioksidan, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A, vitamin D, vitamin K, vitamin E, dan squalane.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang ada pada wajah.

4. Membersihkan Make Up

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghapus make up, terutama pada produk waterproof atau tahan air. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk melarutkan sisa-sisa minyak yang ada di dalam kulit.

Namun, sebaiknya lakukan double cleansing menggunakan make up remover lain untuk membersihkan sisa-sisa minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun sangatlah banyak, lalu bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur? 

Selain punya banyak manfaat untuk wajah, Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit, lho! Hal ini karena ada beberapa kandungan di dalamnya yang baik untuk gatal. Sehingga, tidak heran jika banyak manfaat minyak zaitun untuk kulit yang gatal.

Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur

bagaimana Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur

Menjadikannya sebagai pembersih wajah dan face oil merupakan cara merawat wajah dengan minyak zaitun sebelum tidur.  Berikut ini cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur:

1. Pilihlah Minyak yang Tepat

Minyak zaitun memiliki tiga jenis yang dibedakan dari proses pembuatannya, antara lain:

  • Minyak zaitun olahan atau light olive oil

Minyak ini diolah melalui proses penyulingan dengan pelarut dan panas yang tinggi. Minyak ini memiliki nutrisi yang lebih sedikit, namun kandungan lemaknya lebih rendah. Minyak zaitun olahan memiliki warna yang lebih terang.

  • Minyak zaitun murni

Tidak seperti namanya, pada kenyataannya minyak zaitun murni justru merupakan minyak zaitun olahan yang digunakan ketika kualitas ekstraksi minyak tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Minyak ini memiliki rasa yang ringan dengan warna yang terang. 

  • Minyak zaitun ekstra virgin atau Extract Virgin Olive Oil (EVOO) 

Pembuatan minyak ini tidak diolah dengan bahan kimia, maupun melalui proses pemanasan dan pendinginan. Oleh karena itu, minyak ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang hampir sama dengan buah zaitun.

Minyak zaitun ekstra virgin biasanya berwarna hijau keemasan dengan rasa yang kuat dan tingkat keasaman sebesar 1%.

Minyak zaitun yang paling baik untuk kulit adalah Extract Virgin Olive Oil (EVOO), hal ini karena kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya masih utuh dan baik untuk kulit.

2. Bersihkan wajah 

Membersihkan wajah dari make up maupun kotoran-kotoran lain dapat dilakukan dengan minyak zaitun, pijat dengan lembut agar kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

Namun, tetap perlu dilakukan double cleansing atau dua kali pembersihan dengan sabun cuci muka untuk menghilangkan sisa-sisa minyak. Setelah wajah bersih, keringkan dengan handuk bersih atau tisu.

3. Aplikasikan Pelembap

Minyak zaitun dapat dijadikan pelembap alami yang efektif untuk melebapkan kulit. Oleskan minyak zaitun secukupnya, kemudian tambahkan pelembap (moisturizer). Hal ini berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit.

Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam pelembap favorit Anda.

4. Gunakan Minyak Zaitun Sebagai Face Oil

Face oil yang umumnya digunakan untuk memperbaiki struktur lapisan kulit yang rusak (skin barrier), menutrisi kulit, dan menjaga kelembapan kulit.

Idealnya, face oil diaplikasikan setelah pelembab, karena face oil membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap.

Menggunakannya sebagai face oil merupakan salah satu cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur. Gosokkan beberapa tetes minyak zaitun pada telapak tangan. Kemudian oleskan pada seluruh wajah secara merata.

Efek Samping Memakai Minyak Zaitun Semalaman

Minyak zaitun memang kaya akan manfaat, namun perlu diketahui pula bahwa terdapat kemungkinan munculnya efek samping, apalagi bagi pemilik kulit sensitif. 

Dalam sebuah penelitian, mengoleskan minyak zaitun pada kulit, berpotensi merusak pelindung kulit dan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif.

Minyak berlebih pada kulit juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat serta menimbulkan komedo dan jerawat.

Bolehkah memakai minyak zaitun semalaman?

Minyak zaitun bisa didiamkan selama beberapa jam, hingga semalaman. Namun, sebaiknya sebelum mengaplikasikan minyak zaitun, gunakan pelembab terlebih dahulu. Selain itu, jangan gunakan minyak zaitun terlalu banyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

Cara Lain Menggunakan Minyak Zaitun

Selain cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat cara lain untuk menggunakannya, antara lain:

1. Untuk Pelembap Bibir

Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat mengatasi bibir kering, bibir pecah-pecah, hingga bibir yang menghitam.

Oleskan setetes minyak zaitun pada bibir di malam hari, maka bibir akan terasa lembab dan sehat pada pagi harinya.

2. Untuk Masker Wajah

Gunakan minyak zaitun sebagai masker wajah dengan mencampurnya dengan bahan lain seperti madu maupun oat. Oleskan campuran tersebut pada seluruh permukaan wajah, lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. 

3. Untuk Memijat

Minyak zaitun juga dikenal sebagai minyak pijat atau minyak balur yang baik, hal ini karena sifatnya yang dapat melawan peradangan. Hal ini membuat minyak zaitun dapat membantu mengatasi nyeri yang dirasakan oleh tubuh.

Caranya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada bagian tubuh yang ingin dipijat. Kemudian, pijat dengan lembut selama beberapa menit, hingga badan terasa lebih baik. 

Setelah mengetahui berbagai Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur, apakah kamu tertarik mencobanya?

Minyak Zaitun dalam Minyak Waji

Minyak zaitun juga merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam produk kami, minyak Waji.

Minyak Balur kami diformulasikan dengan 10+ Botanical Essences, termasuk minyak zaitun. Waji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya mengatasi pegal-pegal, mudah lelah, masuk angin, sakit kepala, hingga sakit pinggang.

Waji aman digunakan oleh segala usia, mulai dari usia dua tahun hingga untuk lansia. Segera dapatkan minyak balur Waji di website kami wajiofficial.id untuk harga dan promo terbaik!

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?