Cara Mengatasi Badan Pegal Menjelang Haid, Bikin Badan Lebih Nyaman

cara mengatasi badan pegal menjelang haid

Hari-hari menjelang haid sering kali diisi dengan perasaan tak nyaman, salah satunya badan yang terasa pegal. Tidak sedikit dari banyak wanita dewasa yang mengalami kondisi seperti ini. 

Oleh karenanya, banyak yang kamu yang bertanya-tanya, mengapa badan bisa terasa begitu pegal menjelang haid? Apakah hal ini normal? Lalu, bagaimana penyebab dan cara mengatasi badan pegal menjelang haid?

Nah, artikel berikut akan membahas mengenai semua hal tersebut. Yuk, simak selengkapnya untuk tahu jawabannya. 

Apa itu Haid? 

Sebagai perempuan, kamu pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya haid. Tapi, buat yang belum tahu, haid itu adalah siklus bulanan yang dialami oleh setiap perempuan untuk membersihkan lapisan dalam rahim. 

Proses tersebut biasanya terjadi sekitar sebulan sekali, sehingga haid menjadi semacam tanda kalau tubuh sedang bersiap untuk bisa hamil.

Pasalnya, setiap bulan ovarium di dalam tubuh perempuan melepaskan sel telur. Apabila sel telur ini tidak bertemu dengan sperma dan tidak dibuahi, otomatis tubuh perempuan itu sendiri akan membersihkan lapisan rahim yang sudah siap untuk menerima sel telur. 

Proses pembersihan itulah yang kamu kenal dengan istilah haid. Lalu, kenapa bisa keluar darah? 

kenapa badan pegal menjelang haid

Nah, itu karena lapisan rahim yang sudah tidak terpakai ikut keluar bersama darah dan lendir dari vagina. Jadi, nggak cuma darah, tapi juga lendir yang biasanya keluar pas haid.

Selanjutnya, setiap orang bisa mengalami siklus haid yang berbeda-beda, loh. Tapi, secara umum siklus haid berkisar antara 21–35 hari. Oleh karenanya, ada yang mengalami haid setiap bulan, lalu ada juga yang dua bulan sekali. 

Itulah proses haid yang umumnya dialami oleh perempuan. Kamu nggak perlu malu-malu apabila ingin membicarakan perihal haid. Misalnya, beberapa hal yang akan dibahas pada poin selanjutnya. 

Kenapa Badan Pegal Menjelang Haid? 

cara mengatasi badan pegal menjelang haid

Ngomongin tentang haid, kamu pernah ngalamin nggak sih kalau badan jadi pegal-pegal menjelang haid? Mungkin, kamu adalah salah satunya. 

Nah, kamu ternyata perlu tau kalau kondisi tersebut sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Dilansir dari laman Mayo Clinic dan Healthline, berikut ada beberapa faktor yang memengaruhi. 

Hormon Prostaglandin

Menjelang haid, hormon dalam tubuh wanita itu berubah-ubah. Salah satu hormon yang namanya prostaglandin ini naik tinggi banget. Nah, hormon prostaglandin inilah yang menyebabkan rahim kemudian berkontraksi keras. 

Kontraksi pada rahim akibat naiknya hormon tersebut memengaruhi seluruh anggota badan. Hasilnya, badan jadi pegal dan kadang-kadang juga sakit.

Hormon Estrogen dan Progesteron

Selain prostaglandin, hormon-hormon lainnya juga ikut mendukung badan pegal-pegal menjelang haid. Misalnya, kenaikan kadar estrogen dan progesteron juga bisa membuat badan lebih sensitif dan terasa nyeri. 

Makanya, badan jadi terasa pegal, lemas, dan terasa sangat tidak enak. Kondisi ini menjadi penyebab rasa tidak nyaman menjelang haid yang sering dirasakan oleh banyak wanita. 

Itulah dua faktor yang menyebabkan badan pegal menjelang haid. Nah, apakah normal jika badan pegal menjelang haid? 

Dilansir dari laman Nebraska Medicine, kamu nggak perlu khawatir karena kondisi tersebut wajar bagi sebagian besar wanita. Sehingga, kamu nggak perlu panik saat tiba-tiba badan terasa pegal menjelang haid. Sebab tubuh hanya sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang terjadi di dalamnya. 

Cara Mengatasi Badan Pegal Menjelang Haid 

penyebab dan cara mengatasi badan pegal menjelang haid

Dibanding kamu terus-terusan panik kenapa badan sakit semua saat haid? Kamu bisa melakukan berbagai cara mengatasinya. Hal ini bisa kamu lakukan setelah tahu bahwa kamu sebenarnya tidak perlu panik. 

Adapun cara-caranya menurut laman Healthline dan Mayo Clinic sebagai berikut. 

Kompres dengan Air Hangat 

Cara pertama mengatasi badan pegal menjelang haid adalah dengan kompres air hangat. Kompres ini bisa dilakukan pada bagian perut atau punggung yang terasa sakit. Cara ini akan membantu merilekskan otot-otot yang tegang. 

Cara Menggunakan Kompres Hangat dengan Benar

  1. Siapkan sehelai kain bersih atau handuk yang dapat menyerap air.
  2. Rendam kain atau handuk tersebut dalam air hangat, kemudian peras hingga tidak terlalu basah.
  3. Letakkan kompres hangat pada bagian perut atau punggung yang terasa pegal. Pastikan suhunya nyaman dan tidak terlalu panas.
  4. Biarkan kompres hangat berada di tempatnya selama 15–20 menit.
  5. Ulangi proses ini sesuai kebutuhan, atau setiap beberapa jam untuk meredakan pegal secara efektif.

Mengonsumsi Air Minum Lebih Banyak 

Air putih memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, proses metabolisme tubuh dapat berjalan lancar. 

Selain itu, air putih juga membantu mengurangi retensi cairan dalam tubuh yang dapat memperburuk rasa pegal menjelang haid. 

Saat haid, tubuh kita cenderung kehilangan cairan lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan asupan air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Meskipun kebutuhan cairan setiap orang bisa berbeda-beda, tapi secara umum disarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari atau sekitar 2 liter. 

Selain air putih, kamu juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.

Dengan begitu, tubuh dapat mengurangi retensi cairan yang dapat menyebabkan pembengkakan dan meningkatkan rasa pegal.

Istirahat yang Cukup 

Istirahat yang cukup memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu, terutama saat menghadapi siklus haid yang menyebabkan ketidaknyamanan. 

Saat kamu tidur atau beristirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dan mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, istirahat juga membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, yang dapat mengurangi gejala seperti rasa pegal dan lelah.

Menjelang haid, tubuh cenderung mengalami perubahan hormonal yang dapat memengaruhi kualitas tidur dan tingkat energi kita. 

Oleh karena itu, penting untuk memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup agar kita lebih siap menghadapi siklus haid yang tidak nyaman ini. 

Dengan istirahat yang cukup, tubuh kita dapat lebih baik dalam mengatasi gejala seperti rasa pegal, nyeri, dan perubahan mood.

Tips untuk Mendapatkan Istirahat yang Berkualitas

  1. Tetapkan jadwal tidur yang teratur dan konsisten.
  2. Hindari konsumsi kafein atau minuman berenergi sebelum tidur.
  3. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang.
  4. Lakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi atau mandi air hangat.
  5. Batasi penggunaan gadget atau layar elektronik sebelum tidur.

Hindari Stres 

Stres dapat memiliki dampak negatif pada tubuh kita, terutama saat menjelang haid. Ketika kita stres, tubuh kita menghasilkan hormon stres seperti kortisol yang dapat meningkatkan ketegangan otot dan membuat kita lebih sensitif terhadap rasa sakit. 

Akibatnya, rasa pegal di tubuh bisa terasa lebih intens saat kita sedang stres. Nah. mengatasi stres sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kesejahteraan mental. 

Saat kamu mampu mengurangi stres, tubuh akan lebih rileks dan nyaman. Selain itu, mengurangi stres juga dapat membantu meringankan gejala pegal dan nyeri tubuh yang sering dirasakan saat haid.

Teknik Mengurangi Stres yang Bisa Dilakukan

  1. Aktivitas yang Menyenangkan: Lakukan aktivitas yang membuatmu bahagia dan rileks, seperti mendengarkan musik, menonton film favorit, atau melakukan hobi yang kamu sukai.
  2. Meditasi dan Pernapasan Dalam: Luangkan waktu untuk melakukan meditasi atau latihan pernapasan dalam. Teknik ini dapat membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.
  3. Berolahraga: Lakukan olahraga ringan atau yoga untuk mengurangi stres dan meningkatkan endorfin, hormon yang dapat membuat kita merasa lebih baik.
  4. Tidur yang Cukup: Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur dapat meningkatkan tingkat stres dan membuat gejala pegal di tubuh menjadi lebih parah.

Olahraga Ringan 

Saat kamu melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga, tubuh akan mengalami peningkatan aliran darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal di tubuh karena meningkatkan sirkulasi darah ke area-area yang terasa tegang.

Memijat Ringan 

Pijatan ringan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama saat menghadapi masa haid yang menyebabkan rasa pegal. Saat tubuh dipijat secara lembut, hal ini dapat membantu merilekskan otot-otot yang tegang dan kaku. 

Selain itu, pijatan juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang pegal, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Teknik Pijatan yang Efektif

  1. Pilih Area yang Terasa Pegal: Identifikasi bagian tubuh yang terasa paling pegal, seperti perut atau punggung bagian bawah.
  2. Gunakan Teknik Pijatan yang Lembut: Mulailah dengan memberikan tekanan ringan pada area yang terasa pegal. Gunakan gerakan melingkar atau gerakan naik-turun yang lembut.
  3. Fokus pada Otot-otot yang Tegang: Perhatikan titik-titik yang terasa paling tegang dan berikan pijatan lebih intensif di area tersebut.
  4. Pijatan Selama Beberapa Menit: Lakukan pijatan selama 10-15 menit atau sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memberikan pijatan yang nyaman dan tidak menyakitkan.

Rekomendasi Artikel: Sakit Pundak Sebelah Kiri.

Itulah beberapa cara mengatasi badan pegal menjelang haid yang harus kamu ketahui. Kira-kira, kamu bakal pilih cara yang mana nih? Kalau kamu bisa melakukan pijat, maka kini saatnya kamu mencoba memijat dengan Minyak Balur Waji. 

Minyak balur multifungsi ini dibuat dari 10+ Botanical Essences yang punya banyak manfaat. Salah satunya membantu meringankan pegal-pegal termasuk menjelang haid. 

Cara pengaplikasiannya adalah dengan membalurkan Minyak Waji pada bagian yang dirasa pegal. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti teknik pijatan yang efektif seperti yang telah disebutkan. 

Yuk, jadikan Minyak Balur Waji sebagai salah satu cara mengatasi badan pegal menjelang haid! Dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?