7+ Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi, Aman dan Alami!

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Gigitan nyamuk pada bayi biasanya memang meninggalkan bekas, salah satunya timbul bekas merah pada kulit. Sebabnya, kondisi kulit pada bayi masih sensitif. Hal ini dipengaruhi oleh imun tubuh yang belum sempurna layaknya orang dewasa. 

Kondisi tersebut menjadikan banyak orang tua mencari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Tujuannya agar tidak meninggalkan bekas yang permanen pada kulit. Hal ini penting karena jika dibiarkan, maka lama kelamaan bekas gigitannya bisa menghitam.

Nah, artikel berikut akan mengulas mengenai cara dan tips yang mudah dilakukan, terutama bagi orang tua di rumah. 

Reaksi Gigitan Nyamuk pada Bayi 

Kenapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam pada Bayi 

Perlu Bunda ketahui bahwa gigitan nyamuk sebenarnya dapat memberikan banyak reaksi bagi tubuh. Reaksi ini ditandai oleh beberapa gejala yang muncul. Adapun gejalanya dapat diidentifikasi oleh setiap orang. 

Dilansir dari laman Seattle Children’s Hospitals, terdapat beberapa tipe reaksi gigitan nyamuk pada bayi, yaitu sebagai berikut. 

1. Benjolan Merah 

Gigitan nyamuk biasanya memberikan reaksi benjolan merah pada kulit. Reaksi ini disebabkan proses penyuntikan cairan dari nyamuk ke kulit. 

Pada umumnya, benjolan merah terdapat pada bagian tubuh yang tidak tertutup. Sebab nyamuk biasanya menggigit bagian tubuh, seperti wajah, lengan, atau kaki yang terbuka. 

Oleh karena itu, benjolan merah biasanya menjadi tanda reaksi gigitan nyamuk pada bayi. 

2. Pembengkakan 

Reaksi gigitan nyamuk pada bagian atas wajah dapat menyebabkan pembengkakan parah di sekitar mata. Proses ini dapat berlangsung relatif lama, yaitu sekitar beberapa hari. Adapun tanda pembengkakannya berupa warna merah muda dan besar pada kulit. 

3. Penyakit 

Reaksi gigitan nyamuk selanjutnya adalah dapat menimbulkan penyakit. Meskipun hal ini jarang terjadi, akan tetapi di beberapa daerah seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Afrika Selatan justru sebaliknya. 

Negara-negara tersebut memiliki kasus penyakit yang dibawa oleh nyamuk, yaitu malaria dan demam kuning. Oleh karena itu, penyakit menjadi salah satu reaksi gigitan nyamuk. 

Kenapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam pada Bayi? 

Bekas gigitan nyamuk yang menghitam pada bayi disebabkan reaksi kulit terhadap zat tertentu. Seperti dilansir dari laman Alodokter, dr. Caecilia Haryu Aryapti menyebutkan bahwa reaksi kulit terhadap zat yang dikeluarkan nyamuk meninggalkan bekas hitam. 

Kondisi perubahan warna kulit tersebut bisa terjadi dikarenakan meningkatnya produktivitas pigmen melanin. Meski demikian, warna hitam akan memudar seiring berjalannya waktu. Pasalnya, kulit pada bayi masih mengalami regenerasi dengan cepat. 

Oleh sebab itu, kulit yang menghitam karena bekas gigitan nyamuk pada bayi bisa menghilang dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi 

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi secara alami

Setelah tahu bahwa gigitan nyamuk pada bayi bisa mengakibatkan alergi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa cara untuk menghilangkannya. 

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Mengompres dengan Air Dingin/Es 

Air dingin atau es dapat membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk, terutama pada bayi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengompres bagian kulit yang terkena gigitan.

Untuk caranya yaitu dengan memasukkan air dingin/es pada plastik atau handuk tipis.  Setelah itu, Bunda bisa menempelkannya pada bagian kulit yang mengalami reaksi gigitan.

Efek dingin yang muncul akan membantu memudarkan reaksi gigitan, seperti benjolan merah, pembengkakan, dan gatal pada kulit. 

Perlu diingat bahwa kulit bayi masih sangat sensitif. Oleh karenanya, Bunda hanya perlu menempelkan kompres tersebut 5–10 menit. 

2. Mengoleskan Madu 

Madu adalah salah satu cairan yang memiliki banyak manfaat. Salah satu khasiatnya adalah dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Alasannya, madu mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu menyembuhkan peradangan pada kulit. 

Reaksi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk beberapa di antaranya adalah peradangan, seperti benjolan merah dan pembengkakan. Nah, Peradangan ini bisa diatasi dengan antiinflamasi pada madu. 

Caranya, Bunda bisa mengoleskan madu secukupnya pada area kulit bayi yang mengalami gigitan. Selain itu, juga pada bagian yang mengalami peradangan. 

3. Mengoleskan Lidah Buaya 

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, loh. Tidak berbeda dengan madu, lidah buaya juga mengandung sifat antiinflamasi. Sehingga, mengoleskan lidah buaya pada bekas gigitan dapat menyembuhkan sekaligus meredakan rasa gatal. 

Bunda bisa menggunakan cara ini dengan mengupas lidah buaya terlebih dahulu. Selanjutnya, dagingnya bisa langsung dioleskan ke bagian yang mengalami luka gigitan. Melakukan secara berkala akan membantu memudarkan reaksi gigitan nyamuk. 

4. Mengoleskan Minyak Kelapa 

Bekas gigitan nyamuk pada bayi juga bisa dihilangkan dengan mengoleskan minyak kelapa. Hal ini karena terdapat kandungan asam lemak dan mikronutrien. Kandungan tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan dan mengembalikan kondisi kulit dari peradangan. 

Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada area gigitan nyamuk. Cara ini harus dilakukan berulang untuk menghilangkan lukanya. 

5. Mengoleskan Salep 

Selain bahan-bahan alami, bekas gigitan nyamuk pada bayi juga bisa dihilangkan dengan cara mengoleskan salep. Meski terbilang sangat efektif, akan tetapi perlu sangat diperhatikan. Pasalnya, kulit bayi masih sangat sensitif terhadap bahan kimia. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus memastikan tentang produk yang digunakan. Biasanya, salep yang digunakan adalah khusus untuk bayi. Selain itu, juga memiliki efek dingin yang bisa meredakan gatal sekaligus menghilangkan bekasnya. 

6. Membersihkan dengan Oatmeal 

Oatmeal bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, terutama ketika kulit mulai menghitam. Seperti telah disebutkan, reaksi gigitan nyamuk salah satunya adalah kulit menjadi hitam. 

Kulit yang menghitam dan gatal karena gigitan nyamuk ternyata bisa diatasi dengan oatmeal. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai scrub untuk bagian kulit tersebut. 

Kandungan dalam oatmeal akan membantu melindungi kulit dari iritasi, sehingga menyamarkan bekas gigitan dan kulit menghitam. 

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang sudah menghitam. Selain itu, Bunda bisa mengandalkan

Minyak Balur Waji untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk 

Berapa lama bekas gigitan nyamuk akan hilang? Hal ini tergantung dari upaya menghilangkannya. Sebelumnya, kamu telah memahami beberapa caranya, baik secara alami maupun menggunakan bahan kimia. 

Meski demikian perlu ada perhatian untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan aman. Tujuannya agar tidak memberikan efek samping yang lebih parah pada kulit. 

Minyak Waji merupakan minyak balur herbal yang diformulasikan dari 10+ Botanical Essence, sehingga memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah dapat meredakan gatal atau bekas gigitan nyamuk pada kulit. 

Selain itu, Minyak Balur Waji juga dibuat dari bahan alami sehingga aman digunakan untuk setiap orang minimal 2 tahun. Yuk, dapatkan Waji sekarang juga melalui website pribadinya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?