logo terbaru wajiofficial

Cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh harus kamu ketahui, hal ini penting demi mencegah efek berkepanjangan seperti bekas luka atau semacamnya. Dan tentu saja, agar bengkak segera hilang sehingga kamu bisa bebas beraktivitas kembali.

Jatuh merupakan risiko yang sering dialami oleh setiap orang, terutama ketika beraktivitas sehari-hari. Akibatnya, anggota badan tertentu bisa mengalami bengkak, salah satunya bagian kaki. 

Lamanya Kaki Bengkak Karena Jatuh 

Seberapa lama hasil yang didapatkan setelah menerapkan cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh?

Bengkak pada kaki akibat terjatuh umumnya bisa mereda dengan sendirinya. Kondisi tersebut bisa terjadi terutama apabila bengkak yang dialami termasuk ringan.

Berbeda dengan bengkak yang disertai nyeri kronis atau pendarahan. Penderita yang mengalaminya akan lebih lama sembuh. Bahkan, jika dibiarkan bisa semakin parah. 

Lalu, berapa lama kaki bengkak karena jatuh bisa sembuh?

Secara spesifik, bengkak pada kaki bisa sembuh dalam waktu satu minggu. Dilansir dari laman Alodokter, penderita yang mengalaminya lebih dari waktu tersebut maka harus segera berkonsultasi dengan dokter. 

Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki Karena Jatuh 

Bengkak di kaki merupakan kondisi yang bisa ditangani dengan dua cara, yaitu dengan langsung berkonsultasi dengan dokter atau dengan melakukan berbagai metode penanganan pertama. 

Memilih salah satu jenis penanganan tersebut dilakukan berdasarkan kondisi cedera yang dialami. Seperti telah disebutkan, apabila tergolong cedera berat maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Akan tetapi, apabila cedera yang terjadi tergolong ringan maka kamu hanya perlu melakukan beberapa cara untuk meredakannya. Berikut beberapa Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki Karena Jatuh:

1. Kompres Air Dingin 

Mengompres air dingin pada bagian kaki yang bengkak akan membantu mengurangi aliran darah ke area cedera. Selain itu, juga bisa meringankan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi. 

Menurut American Academy of Family Physicians, cara ini bisa dilakukan selama 10–20 menit. Adapun air dingin yang digunakan bisa dimasukkan dalam plastik yang dilapisi handuk. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan es batu yang dilapisi handuk. Kemudian, es tersebut bisa kamu letakkan atau tempelkan pelan-pelan pada bagian kaki yang bengkak. Lakukan secara perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit. 

2. Istirahat dengan Cukup 

Beristirahat akan membantu meredakan nyeri yang terjadi akibat bengkak di kulit. Selain itu, juga dapat menstabilkan area cedera, sehingga dapat bengkak di kaki bisa kempes. Istirahat akan mengurangi beraktivitas fisik yang dapat meningkatkan risiko munculnya cedera lain. 

3. Memberi Tekanan (Kompres) 

Seperti disebutkan sebelumnya, mengompres dinilai sangat efektif untuk mengurangi reaksi jatuh seperti bengkak di kaki. Salah satunya apabila terjadi pada bagian pergelangan. 

Caranya adalah dengan membalut area yang bengkak dengan perban. Tindakan ini harus dilakukan dengan tepat. Tidak boleh terlalu kencang atau terlalu longgar. 

Pasalnya, membalut dengan perban yang terlalu longgar akan mudah lepas. Sedangkan membalutnya dengan terlalu kencang justru akan menambah rasa nyeri pada bagian yang bengkak, bahkan bisa mati rasa. 

4. Meninggikan Kaki yang Bengkak 

Mengangkat atau meninggikan kaki yang terkilir akan mengurangi akumulasi cairan di sendi. Melakukan cara ini bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit pada bagian kaki yang bengkak. 

Caranya bisa dilakukan dengan mencoba tidur dengan pergelangan kaki disangga atau diletakkan di atas bantal. Tujuannya adalah agar letak kaki lebih tinggi dibandingkan jantung. 

Hal tersebut juga bisa dilakukan ketika kamu beristirahat atau duduk, yaitu dengan menggunakan bantal atau pijakan kaki agar pergelangan beserta kaki tetap terangkat.

Baca Juga Artikel Terkait: Luka Jatuh dari Motor Di Lutut

5. Pengobatan Tradisional 

Selain melakukan berbagai cara yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa mendukungnya dengan pengobatan tradisional. Ada beberapa obat tradisional untuk kaki bengkak karena jatuh, yaitu sebagai berikut. 

6. Memenuhi Cairan Tubuh 

Bengkak pada bagian kaki yang disebabkan karena jatuh bisa diobati dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Caranya adalah banyak minum air putih. Alasannya, air putih akan membantu melancarkan oksigen. 

Lancarnya aliran oksigen pada bagian kaki yang bengkak akan membantu mengatasi reaksi peradangan agar tidak semakin parah. Oleh karenanya, minum air putih sesuai yang disarankan, yaitu delapan gelas sehari akan mengurangi pembengkakan. 

7. Mengonsumsi Garam Epsom 

Garam epsom atau yang dikenal dengan garam Inggris merupakan mineral alami yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk meredakan kaki yang bengkak karena jatuh. 

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan magnesium sulfat, yaitu dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dan mengurangi peradangan. Caranya bisa dilakukan dengan mencampurkan 115 gram garam epsom dalam air hangat.

Selanjutnya, kamu bisa merendam bagian kaki yang bengkak di dalam air larutan garam. Hal ini bisa dilakukan selama 15–20 menit. Selain itu, juga harus dilakukan secara rutin. 

8. Mengonsumsi Magnesium 

Magnesium merupakan suatu zat yang berfungsi untuk memperbaiki fungsi saraf, melancarkan peredaran darah serta getah bening, dan meredakan peradangan. Zat ini terdapat pada beberapa jenis makanan. 

Adapun makanan yang mengandung magnesium sebagai berikut. 

  • bayam 
  • brokoli 
  • alpukat 
  • tahu 
  • kacang almond 
  • kacang mede 
  • coklat hitam 

Mengonsumsi berbagai makanan tersebut akan membantu kamu memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Manfaatnya, bisa membantu mengobati bengkak pada bagian tubuh tertentu. 

Minyak Waji Membantu Meredakan Bengkak 

Minyak Balur Waji merupakan minyak balur multifungsi yang dibuat dari 10+ Botanical Essences sehingga punya banyak khasiat, seperti membantu meredakan pegal linu, nyeri otot, nyeri sendi, kram, kebas, kesemutan, perut kembung, gatal-gatal, dan tentunya bengkak. 

Khasiat Minyak Waji untuk membantu meredakan bengkak dikarenakan beberapa kandungan minyak esensial di dalamnya, seperti minyak zaitun, minyak pala, minyak jahe, minyak cengkeh, minyak kenanga, minyak adas, dan minyak gaharu. 

Jenis-jenis minyak esensial tersebut mengandung berbagai senyawa yang sifatnya dapat membantu meredakan peradangan, baik pada otot, tulang, maupun sendi. Oleh karenanya, membalurkan Minyak Waji dapat membantu kamu meredakan bengkak. 

Yuk, Sedulur dapatkan Minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id! Mudahnya cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh hanya dengan minyak balur


Umi Amanah

Research Assistant, Content and Script Writer di Erdigma Indonesia. Specialist in Health, Lifestyle, and Parenting Knowledge Based On Journal From Health Expert

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *