Kenapa Eksim Gatal di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya! 

kenapa eksim gatal di malam hari

Gejala eksim seperti gatal-gatal sering kali memburuk di malam hari. Kondisi ini kerap membuat penderitanya merasa terganggu ketika beristirahat. Bahkan, sampai membuat seseorang menunda tidurnya. 

Tahukah kamu kenapa eksim gatal di malam hari? Sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi. Selain itu, banyak pula cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Tujuannya agar istirahat sekaligus tidurmu tidak lagi terganggu karena gejala eksim. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Apa itu Eksim? 

Ciri Ciri Eksim Kering

Menurut Kemenkes RI, dermatitis atopik atau yang juga dikenal sebagai eksim adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan. Akibatnya terjadi kemerahan, gatal, kekeringan, dan pecah-pecah pada kulit. 

Kamu perlu tahu bahwa kondisi tersebut biasanya terjadi dalam jangka waktu lama. Pada beberapa kasus diketahui terjadi hingga bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan gejalanya termasuk yang sering kambuh. 

Gejala yang paling umum terjadi adalah gatal-gatal pada bagian yang terkena eksim. Adapun bagian tubuh yang sering muncul, yaitu area lipatan kulit. Beberapa di antaranya, seperti dahi, area sekitar mata dan telinga, sisi leher, dalam siku, belakang lutut, dan selangkangan. 

Eksim pada bagian tubuh tersebut sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Meskipun, tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada orang dewasa. Nah, pada kasusnya penyakit ini sering disertai penyakit alergi lainnya. 

Kenapa Eksim Gatal di Malam Hari? 

kenapa eksim gatal di malam hari

Seperti kamu ketahui, salah satu gejala eksim yang sangat sulit dihindari adalah gatal-gatal. Akan tetapi, gejala eksim sebenarnya tidak hanya itu, melainkan terdapat beberapa gejala lainnya. 

Berikut beberapa gejala eksim yang umum dirasakan penderitanya menurut laman Halodoc. 

  • Gatal-gatal pada bagian tubuh yang terkena eksim. 
  • Kulit kering. 
  • Kulit terlihat agak berkerut. 
  • Bercak merah di area kulit yang gatal. 
  • Kulit menebal, pecah-pecah, atau bersisik. 
  • Kulit sensitif dan bengkak saat digaruk. 

Itulah beberapa gejala eksim yang perlu kamu tahu. Lalu, kenapa eksim gatal di malam hari? Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Seperti dilansir dari laman Health Kompas, beberapa faktornya sebagai berikut. 

1. Kulit Kering Saat Malam Hari 

Kulit kering merupakan salah satu gejala eksim yang mudah diketahui. Nah, membiarkan kondisi kulit seperti ini memicu eksim gatal di malam hari. Pasalnya, banyak penderita yang malas menggunakan pelembap sebelum tidur. 

Kondisi tersebut pada akhirnya menjadikan bagian tubuh yang terkena eksim mengalami gatal ketika akan tidur. Akibatnya dapat mengganggu kualitas tidur penderitanya. 

2. Tidak Mandi Sebelum Tidur Malam

Setelah seharian beraktivitas, tubuh tentunya mengeluarkan banyak keringat. Tubuh yang berkeringat tentunya memicu gatal-gatal. Kondisi gatal bisa terjadi, baik pada bagian tubuh yang mengalami eksim maupun yang tidak. 

Saat seseorang tidak mandi, keringat yang tidak dibersihkan sampai malam merupakan salah satu sumber gatal, terlebih bagi penderita eksim. Oleh karenanya, kamu perlu memastikan tubuhmu terbebas dari keringat pemicu gatal. 

3. Menggunakan Pakaian Kasar 

Faktor pemicu gatal karena eksim di malam hari selanjutnya adalah menggunakan pakaian kasar. Alasannya, pakaian yang terbuat dari bahan kasar akan memicu kulit yang kering terasa gatal. Hal ini biasanya terdapat pada piyama atau sprei yang digunakan penderita. 

4. Sembarangan Menggunakan Sabun Mandi 

Sebagai penderita eksim, sabun mandi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, salah menggunakan sabun akan berakibat gatal di malam hari. Hal ini menjadi faktor seseorang tidak bisa tidur karena gatal eksim. 

5. Suhu Ruangan Tidak Sejuk 

Gatal-gatal karena eksim biasanya terjadi dikarenakan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu panas biasanya memicu seseorang menjadi berkeringat. Sedangkan suhu dingin biasanya memicu alergi. 

6. Pola Tidur Kurang Baik 

Pola tidur yang berantakan menjadi faktor selanjutnya yang memicu gatal karena eksim di malam hari. Hal ini dikarenakan gatal-gatal memicu seseorang tidak bisa tidur. Oleh karena itu, kondisi ini akan semakin buruk. 

7. Kontak dengan Alergen 

Gatal karena eksim yang sering terjadi di malam hari biasanya karena penderita kontak dengan alergen. Aktivitas kontak yang memicu hal ini dilakukan tepat sebelum tidur. Perlu kamu ketahui, alergen merupakan suatu hal yang memicu alergi. 

Melakukan kontak dengan alergen akan memicu alergi yang menyebabkan gatal. Akibatnya, eksim semakin parah ketika malam hari. 

Pantangan Eksim

Sebagai penderita eksim, mencegah gatal ketika malam hari bisa dilakukan dengan menghindari pantangannya. Dilansir dari laman Kompas, terdapat beberapa pantangan seperti berikut. 

  • Hindari menggunakan sabun, lotion, dan kosmetik yang mengandung wewangian atau pewarna. 
  • Hindari kontak langsung dengan cairan pembersih rumah tangga. 
  • Tungau debu 
  • Hindari menyentuh cairan seperti bensin 
  • Hindari menggunakan barang-barang berbahan nikel atau logam lainnya. 
  • Hindari asap rokok
  • Hindari keringat berlebih 
  • Hindari stres berlebih 

Eksim sudah bertahun-tahun belum sembuh juga? Untuk itu, kamu perlu coba beberapa obat eksim kering menahun di kaki.

Cara Mengatasi Eksim Gatal di Malam Hari 

Setelah mengetahui berbagai faktor dan pantangannya, lalu bagaimana cara mengatasinya? Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi eksim gatal di malam hari. Adapun beberapa di antaranya sebagai berikut. 

1. Rutin Membersihkan Tempat Tidur 

Cara pertama mengatasi eksim gatal yang terjadi ketika malam hari adalah dengan rutin membersihkan tempat tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti sprei minimal dua minggu sekali. 

Selain itu, kamu juga bisa secara rutin membersihkan kasur dengan sapu lidi bersih sebelum tidur. Cara ini efektif untuk menghindari berbagai faktor penyebab gatal. 

2. Menggunakan Selimut 

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan selimut ketika tidur. Hal ini sangat disarankan terutama bagi penderita yang memiliki alergi dingin. Pasalnya, suhu dingin termasuk salah satu faktor penyebab gatal eksim di malam hari. 

3. Rutin Membersihkan Rumah 

Membersihkan rumah secara rutin juga dapat mengatasi gatal karena eksim di malam hari. Pasalnya, kondisi rumah yang bersih akan menghindarkan penderita kontak dengan alergen atau berbagai faktor penyebab gatal lainnya. 

Ketiga cara tersebut bisa dilakukan untuk mengatasi eksim gatal di malam hari. Akan tetapi, penderita juga harus selalu menghindari berbagai faktor pemicunya. Oleh karena itu, gatal karena eksim di malam hari bisa diatasi. 

Baca Juga: Obat Eksim Kering Tradisional.

Minyak Waji untuk Eksim Gatal di Malam Hari 

Minyak Waji merupakan minyak balur multifungsi yang diformulasikan dari 10+ Botanical Essence, sehingga memiliki banyak khasiat. Beberapa di antaranya adalah meredakan nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, gatal-gatal, hingga masuk angin. 

Khasiat Minyak Waji untuk meredakan sekaligus menyembuhkan gatal dikarenakan terdapat kandungan, seperti minyak cananga, minyak sereh, dan minyak pohon teh. Ketiga jenis minyak tersebut mengandung antiinflamasi dan antijamur. 

Sifat tersebut berfungsi untuk membantu meredakan gatal-gatal karena peradangan. Salah satu contohnya adalah gatal karena eksim di malam hari. 

Oleh karena itu, Sedulur harus dapatkan Minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di wajiofficial.id

Rekomendasi Artikel Lainnya: Eksim Kering di Tangan.

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal