logo terbaru wajiofficial

Mengelupasnya kulit tangan merupakan proses alami yang sering dihadapi banyak orang. Hal ini dikarenakan tubuh bisa mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit yang baru. Namun, tentunya masih banyak penyebab lainnya yang harus kamu ketahui. 

Meski terbilang biasa terjadi, akan tetapi kamu harus tetap waspada. Pasalnya, kondisi ini bisa menunjukkan gejala kerusakan kulit tertentu. Penyebabnya adalah kerusakan kulit akibat pengaruh lingkungan maupun penyakit tertentu. 

Tahukah kamu kenapa kulit jari tangan mengelupas? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Kulit Tangan Mengelupas 

Kamu pasti pernah mendapati kulit tangan yang mengelupas, baik pada orang lain maupun diri sendiri. Kondisi ini sebenarnya sangat wajar terjadi. Sebab, termasuk salah satu bentuk proses alami tubuh. 

Seperti dilansir dari laman Alodokter, desquamation (kulit tangan mengelupas) adalah proses alami tubuh untuk mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit yang baru. 

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa kondisi kulit tangan yang mengelupas adalah hal yang wajar. Meski demikian, kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja. Pasalnya, apabila terjadi secara terus-menerus maka tanda penyakit tertentu. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu berbagai faktor penyebab dan cara mengatasinya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Penyebab Bintik Bintik di Tangan Seperti Biang Keringat.

Kenapa Kulit Jari Tangan Mengelupas?

penyebab kulit jari tangan mengelupas

Tahukah kamu kenapa kulit jari tangan mengelupas? Terdapat beberapa faktor yang bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu seperti berikut. 

1. Penyebab Umum 

Dikatakan penyebab umum karena secara umum, mengelupasnya kulit tangan dikarenakan iritasi berulang karena faktor lingkungan. Adapun beberapa faktornya, seperti sinar matahari, hawa panas, dan kondisi ruangan yang terlalu kering atau lembap.

2. Penyebab Khusus 

Selain penyebab umum, juga terdapat faktor-faktor khusus yang menyebabkan kulit tangan mengelupas. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

  • Dermatitis kontak, yaitu peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu sehingga mengakibatkan iritasi atau reaksi alergi. 
  • Alergi kulit, yaitu kondisi yang menyebabkan munculnya reaksi alergi, seperti ruam di bagian kulit tertentu. 
  • Infeksi kuman, yaitu infeksi yang disebabkan baik oleh jamur maupun bakteri. 
  • Hiperhidrosis, yaitu keringat yang keluar secara berlebihan yang terjadi baik ketika sedang beraktivitas berat maupun tidak beraktivitas. 
  • Demam scarlet, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes yang ditandai dengan munculnya ruam merah, demam tinggi, dan sakit tenggorokan. 
  • Sindrom Steven-Johnson, yaitu reaksi alergi yang ditandai dengan ruam dan lepuhan di kulit, lapisan bola mata, rongga mulut, dubur, dan kelamin. 
  • Toxic shock syndrome, yaitu kumpulan gejala berat akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. 
  • Penyakit autoimun, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri, seperti pemfigus, lupus, atau psoriasis. 
  • Penyakit genetik seperti sindrom pengelupasan akral (acral peeling skin syndrome). 
  • Kanker kulit, yaitu jenis kanker yang muncul pada jaringan kulit. 
  • Penyakit kawasaki, yaitu peradangan pada pembuluh darah yang dapat berkembang menjadi penyakit jantung. 

Cara Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas 

Cara Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas 

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya kamu mengetahui cara mengatasi kulit jari tangan yang mengelupas. Ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan seperti berikut. 

1. Kompres Air Dingin 

Cara pertama mengatasi kulit tangan yang mengelupas adalah mengompres dengan air dingin. Tindakan ini bisa dilakukan menggunakan kain yang telah dibasahi. Adapun bagian yang dikompres adalah area kulit tangan yang mengelupas. 

Mengompres dengan air dingin dinilai sangat efektif untuk mengatasi hal tersebut. Pasalnya, air dingin dapat membantu memperlambat proses pengelupasan kulit. Selain itu, juga mengurangi rasa gatal pada kulit. 

2. Mandi Air Dingin 

Seperti telah disebutkan, air dingin sangat bermanfaat untuk untuk mengatasi kulit yang mengelupas. Selain dimanfaatkan dengan cara dikompres, kamu bisa juga mandi dengan air dingin. 

Cara ini sangat direkomendasikan, terutama bagi kamu yang tidak punya alergi dingin. Sebab, apabila memiliki alergi dingin maka kondisinya justru semakin buruk. 

3. Mengoleskan Pelembap 

Pelembap merupakan zat atau cairan yang digunakan untuk menjadikan kulit tetap lembap. Bentuknya, seperti lotion, minyak, cream, dan gel. 

Mengoleskan pelembap setelah mandi merupakan upaya menjaga kulit agar tetap lembap. Hal ini bisa untuk mengatasi masalah kulit tangan yang mengelupas. Pasalnya, kulit yang lebih lembap akan sulit untuk terkelupas. 

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan 

Tubuh manusia sebagian besar tersusun atas cairan. Hal ini yang menjadikan manusia harus memenuhi kebutuhan akan cairan setiap harinya. Caranya bisa dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari atau setara dengan 2 liter. 

Jumlah tersebut sesuai dengan yang diajarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Meski demikian, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Kondisi ini menjadikan pemenuhannya bisa lebih dan bisa kurang dari takaran yang disarankan. 

5. Mengoleskan Tabir Surya (Sunscreen)

Aktivitas di luar rumah sangat berpotensi terkena paparan sinar matahari langsung. Akibatnya, kulit bisa mengalami berbagai masalah, salah satunya menjadikan kulit kering sehingga mudah mengelupas. 

Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengoleskan tabir surya. Hal ini sangat disarankan, terutama pada bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, tangan, dan kaki. Meskipun, tidak menutup kemungkinan untuk mengoleskan pada semua bagian tubuh. 

6. Menghindari Paparan Bahan Kimia 

Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit tangan yang mengelupas adalah dengan menghindari paparan bahan kimia. Hal ini dikarenakan bahan kimia sering menyebabkan iritasi kulit. 

Adapun bahan kimia biasanya terdapat pada daily product, seperti detergen, sabun pembersih lantai, sabun cuci piring, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu mencegah kontak langsung antara kulit dengan bahan-bahan tersebut. 

7. Menghindari Kebiasaan Menggaruk 

Kulit tangan yang mengelupas biasanya memicu kamu untuk menggaruknya. Tindakan ini seharusnya dihindari agar kondisinya tidak semakin parah. Pasalnya, kebiasaan menggaruk sering kali membuat kulit semakin meradang. 

Oleh karenanya, kamu harus memastikan tanganmu tidak menggaruk pada bagian-bagian kulit yang mengelupas. 

Minyak Waji untuk Mengatasi Kulit Tangan yang Mengelupas 

Kini kamu telah mengetahui alasan kenapa kulit jari tangan mengelupas. Selain melakukan berbagai cara yang disebutkan, kamu juga bisa menggunakan Minyak Waji. 

Minyak Waji adalah minyak balur multifungsi yang diformulasikan dari 10+ Botanical Essences. Beberapa di antaranya, yaitu minyak cenanga, minyak pohon teh, dan minyak sereh. 

Ketiga bahan tersebut mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Hal tersebut menjadikan Minyak Waji berkhasiat untuk meredakan gatal dan mengatasi berbagai gangguan pada kulit. 

Yuk, Sedulur Waji dapatkan Minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id


Umi Amanah

Research Assistant, Content and Script Writer di Erdigma Indonesia. Specialist in Health, Lifestyle, and Parenting Knowledge Based On Journal From Health Expert

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *