5+ Penyebab Kulit Gatal Kering dan Menghitam + Cara Alami Mengatasinya

kulit gatal kering dan menghitam

Kulit gatal kering dan menghitam merupakan kondisi kulit yang mengganggu penampilan dan seringkali membuat tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gigitan serangga. 

Kemudian, bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada obat alami kulit yang gatal kering dan menghitam? Mari kita bahas lebih lanjut pada artikel di bawah ini.

Ketika seseorang terluka atau mengalami gatal dan digaruk, kulit akan memproduksi melanin lebih. Melanin sendiri merupakan pigmen alami yang memiliki tanggung jawab atas warna rambut, kulit, dan mata manusia. Hal itu dapat membuat munculnya bercak warna coklat hingga biru keabu-abuan.

Penyebab Kulit Gatal Kering dan Menghitam

penyebab kulit gatal kering dan menghitam

Terdapat beberapa faktor penyebab, antara lain sebagai berikut: 

1. Infeksi 

Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur dapat menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari kulit gatal, kering, dan bahkan menghitam.

Beberapa infeksi virus pada kulit, seperti herpes zoster (cangkerang atau shingles), bisa menyebabkan kulit menghitam dan terasa gatal. Selain itu, terdapat juga infeksi lain yang bisa menjadi penyebab yaitu infeksi selulitis atau impetigo.

2. Gigitan Serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk, semut, tungau, kutu kasur, dan lainnya juga dapat menyebabkan rasa gatal karena adanya racun. 

Jika gatal, terdapat keinginan untuk menggaruk dan menimbulkan luka terbuka. Inilah yang menyebabkan kulit gatal digaruk jadi hitam. 

3. Luka Bakar

Luka bakar merupakan kondisi yang disebabkan oleh panas. Baik dari api, listrik, bahan kimia, maupun sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan cedera dan kerusakan pada kulit. Gejala umumnya adalah kemerahan dan rasa nyeri pada kulit.

Gatal biasanya muncul setelah kulit pulih dari luka bakar, terutama saat luka mulai mengering dan sembuh. Selain gatal, kulit di sekitar luka bakar juga menjadi kering bahkan mengelupas. 

Peradangan yang terjadi setelah luka bakar juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Sehingga, kulit menjadi menggelap atau menghitam. Biasanya ini terjadi saat terjadi luka bakar berat (derajat ketiga).

4. Reaksi Alergi 

Reaksi alergi dapat terjadi setelah Anda melakukan kontak dengan zat-zat pemicu alergi. Beberapa pemicu alergi yang sering dialami yaitu seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, makanan tertentu, logam, bahan pakaian, serangga, hingga obat tertentu.

5. Eksim

Eksim atau dalam istilah medis disebut dermatitis atopik menjadi penyebab yang paling umum terjadi.

Eksim dapat memicu pelepasan sitokin, suatu jenis sel protein yang merangsang sel-sel yang bertanggung jawab untuk menghasilkan melanin.

Saat produksi melanin meningkat, pigmen tersebut dapat dipindahkan ke lapisan terluar kulit, hingga menyebabkan kulit kering menghitam.

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, kulit menghitam dan gatal juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Seperti kulit yang kurang lembab, iritasi, penyakit lain, dan autoimun.

Baca Juga: Penyebab Hidung Gatal Bagian Luar.

Obat Alami Kulit Gatal Kering dan Menghitam

Terdapat beberapa bahan-bahan herbal yang bersifat antiinflamasi dan berfungsi dalam meredakan masalah gatal pada kulit yang kering dan menghitam:

1. Tamanu Oil

Tamanu oil bermanfaat untuk melembabkan kulit, mengatasi infeksi jamur pada kulit, sebagai antiinflamasi, menyamarkan stretch mark, mempercepat penyembuhan luka, mengobati gigitan dan sengatan serangga, termasuk mengatasi kulit gatal kering dan menghitam.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antiinflamasi. Ini dapat membantu meredakan beberapa gejala kulit seperti gatal, kering, dan perubahan warna kulit.

3. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengobati peradangan, mengurangi gatal, menyamarkan noda hitam, membuat kulit lebih cerah, menghilangkan bekas jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan, dan lain-lain.

4. Citronella 

Citronella atau sereh memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan luka, mengobati infeksi, sebagai antijamur, hingga membasmi serangga. Selain itu, wanginya juga dapat dijadikan aroma terapi, karena saat dihirup akan mendatangkan efek relaksasi.

5. Jojoba Oil

Jojoba Oil mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, zinc, antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan inilah yang membuatnya memiliki fungsi untuk menyembuhkan. Oleh karena itu, jojoba oil dapat mengatasi kulit kaki yang gatal kering dan menghitam.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat alami kulit gatal menebal dan hitam. Karena minyak ini memiliki kandungan aktif asam lemak yang bersifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur. Sehingga, minyak kelapa dipercaya dapat melembabkan kulit, menurunkan peradangan, hingga menyembuhkan luka. Asam lemak ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan squalane, atau senyawa yang dapat menyeimbangkan lapisan pelindung kulit dan menjaga kelembapan kulit. Minyak zaitun juga dapat menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, dan gatal karena sifat antiinflamasinya.

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga bersifat antioksidan dan dapat mendukung regenerasi sel kulit sehingga dapat membantu meratakan warna kulit. 

Mengatasi Kulit Gatal Kering dan Menghitam dengan Minyak Balur Waji

Bahan alami di atas sudah terkandung menjadi satu dalam Minyak Balur Waji, praktis bukan? 

Minyak Waji merupakan produk dengan kualitas unggulan yang diformulasikan dengan resep warisan turun temurun dari tanah Jawa.

Sebagai salah satu produk minyak balur dengan kandungan 10+ botanical essences, Waji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi masalah gatal pada kulit. 

Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak Waji pada bagian tubuh atau kulit yang mengalami gatal kering dan menghitam. Diamkan hingga meresap dan lakukan secara teratur hingga kondisi membaik.

Minyak Waji memiliki aroma yang menenangkan serta tekstur yang melembapkan dan tidak lengket, sehingga sangat nyaman digunakan sehari-hari. 

Rekomendasi Artikel Terkait:

Disamping menggunakan obat alami kulit gatal kering dan menghitam. Anda juga harus menjaga kebersihan kulit, mandi secara teratur, menggunakan pelembap, dan perawatan kulit lainnya.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?