6+ Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

MANFAAT MINYAK KELAPA UNTUK IBU HAMIL

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil telah dikenal sejak dulu. Hal ini karena minyak kelapa memiliki banyak kandungan baik, sehingga dapat digunakan sebagai bahan makanan dan pelembab yang baik. Bahkan, mitosnya minyak kelapa dapat memudahkan persalinan.

Apakah minyak kelapa aman digunakan oleh ibu hamil? Jawabannya adalah boleh. Asalkan ibu hamil tidak memiliki alergi dan tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi minyak kelapa jenis VCO (Virgin Coconut Oil) yang tidak mengalami pengolahan dan campuran bahan kimia.

Apa Itu Minyak Kelapa?

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak nabati yang berasal dari olahan daging buah kelapa. Kandungan asam lemaknya cukup tinggi, yaitu sekitar 80-90%.

minyak kelapa untuk ibu hamil

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kesehatan dan kecantikan.

Tidak hanya untuk dikonsumsi, minyak kelapa juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, Hal itu karena sifat antiinflamasinya yang dapat meredakan peradangan pada kulit, meredakan gejala alergi, mengatasi gigitan serangga, dan lainnya. 

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki peran penting bagi ibu hamil, hal ini karena kandungannya dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh saat hamil.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Minyak kelapa dapat dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dari awal kehamilan, bahkan hingga selesai melahirkan.

Berikut ini adalah manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil:

1. Sumber Nutrisi Baik

Kegunaan minyak kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber nutrisi baik bagi ibu hamil beserta janin yang ada di dalam kandungan.

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, dan ketika dikonsumsi, asam lemak tersebut diubah menjadi energi saat berpindah ke hati. 

Oleh karena itu, saat hamil, asam lemak berperan penting dalam menghasilkan tenaga dan mendorong pertumbuhan plasenta, serta organ tubuh janin.

Anda bisa mengkonsumsi minyak kelapa dengan cara menjadikannya sebagai minyak goreng, menumis sayuran, memanggang, hingga dicampurkan dengan smoothie.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menurut American Dental Association (ADA), kehamilan dapat memicu masalah gigi dan mulut, misalnya erosi gigi dan radang gusi. 

Minyak kelapa yang digunakan dengan cara berkumur atau oil pulling, dapat menjadi salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut. 

Metode yang berasal dari India ini memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, mencegah dan mengobati radang gusi, mencegah gigi berlubang, membersihkan karang gigi, mencegah bau mulut, menghilangkan plak pada gigi, hingga memperkuat otot-otot mulut.

3. Melembabkan Kulit

Ibu hamil sangat mudah terkena kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah. Memiliki kulit yang kering akan membuat ibu hamil rentan terkena iritasi. Minyak kelapa memiliki sifat yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit, sehingga kulit terhidrasi dan tidak mudah kering.

Kandungan asam linoleate merupakan salah satu komponen seramida yang dapat menjaga kelembapan kulit, sehingga dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit kering.

4. Mengobati Eksim

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, serta antibakteri yang dapat membuat kulit menjadi lembab, serta membantu penyembuhan luka eksim.

Eksim atau dermatitis atopik merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh ibu hamil. Biasanya penyakit ini ditandai dengan kulit kering, memerah, gatal, hingga menyebabkan luka terbuka yang berkerak.

Kenapa ibu hamil sering mengalami eksim? Hal ini karena hormon wanita yang berubah pada saat hamil.

Namun jangan khawatir, eksim pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang berbahaya, dan akan hilang dengan sendirinya.

Hanya saja, jika dibiarkan maka akan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan berisiko infeksi apabila luka eksim digaruk.

5. Mencegah Stretch Mark

Stretch mark merupakan masalah kulit yang biasanya terjadi saat seseorang mengalami perubahan ukuran tubuh (termasuk ibu hamil). Stretch mark biasanya dialami oleh orang yang memiliki kulit dengan sedikit kolagen, atau protein yang membuat kulit lentur.

Munculnya stretch mark ditandai dengan adanya garis atau guratan kemerahan yang disertai rasa gatal. Guratan ini lama-kelamaan akan berubah warna menjadi warna putih atau kelabu.

Biasanya, stretch mark muncul pada kulit tubuh yang mengandung lemak, misalnya di perut bagian atas, perut bagian bawah, payudara, lengan atas, paha, hingga bokong.

Meskipun belum ada penelitian yang meneliti manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil yang satu ini, namun minyak kelapa dapat mengurangi kemerahan dan mencegah kulit menjadi kering.

Minyak kelapa juga dapat merangsang perkembangan fibroblas yang dapat membuat produksi kolagen meningkat. 

Cara melakukan perawatan stretch mark adalah dengan mengoleskan minyak kelapa cair ke area yang diinginkan dan pijat secara lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

6. Perawatan Rambut

Rambut pada ibu hamil biasanya mengalami beberapa perubahan, misalnya lebih tebal, lebih cepat tumbuh, lebih berkilau, lebih mudah kusut, lebih kering, mudah rontok, mudah patah, berminyak, dan perubahan lainnya. Setiap orang dapat merasakan perubahan yang berbeda-beda.

Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon dan meningkatnya sirkulasi darah, metabolisme, serta asupan nutrisi dan vitamin saat hamil.

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat memelihara rambut. Hal ini karena sifatnya yang melembabkan dan memberikan hidrasi, mengurangi sebum berlebih, dan mengunci nutrisi.

Selain itu juga dapat mencegah rambut rontok, rambut patah, rambut bercabang, dan masalah rambut lainnya. Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Beruban.

Aturan Minum Minyak Kelapa Saat Hamil Tua

Khasiat konsumsi minyak kelapa untuk ibu hamil yang telah disebutkan diatas bisa didapatkan dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan diminum secara langsung.

Lalu, kapan waktu yang tepat minum minyak kelapa untuk ibu hamil?

Jadi, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari. Aturan minumnya adalah satu sendok makan setelah sarapan atau pagi hari, dan satu sendok makan sebelum makan malam.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Sendiri Secara Tradisional.

Efek Samping Ibu Hamil Minum Minyak Kelapa

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi minyak kelapa. Justru terdapat banyak manfaat darinya, seperti yang sudah dibahas dalam artikel ini.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan muncul beberapa efek samping, seperti diare, meningkatkan kadar kolesterol, reaksi alergi, sakit kepala, hingga jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi secukupnya dan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Setelah mengetahui berbagai manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil beserta caranya, sekarang Anda dapat mengkonsumsinya, baik dalam makanan, maupun sebagai minyak balur.

Kandungan minyak kelapa juga bisa didapatkan di dalam produk minyak balur Waji, yang juga mengandung minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil). 

Selain minyak kelapa, minyak Waji juga mengandung 10+ botanical essence lainnya. Seluruh kandungan yang ada di dalam minyak Warisan Jawi ini merupakan bahan alami, yang pastinya aman untuk ibu hamil.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?