Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Cek Penjelasannya Agar Tak Salah Paham

minum kopi saat sahur bagus atau tidak

Bagi para pecinta kopi, puasa bukanlah alasan untuk tidak minum kopi. Pasalnya, kebiasaan ini sudah melekat pada masyarakat, khususnya di Indonesia. Menyiasati kondisi ini membuat mereka meminumnya ketika sahur. 

Padahal, minum kopi saat sahur punya efek tertentu, terutama bagi tubuh yang sedang menjalankan ibadah puasa. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk kamu hindari. Salah satu caranya dengan mengetahui waktu terbaik minum kopi ketika berpuasa. 

Sebelum membahas tentang hal tersebut, sebaiknya kamu tahu lebih dalam mengenai kopi terlebih dahulu. Menurut Jurnal Farmaka, kopi termasuk salah satu minuman yang diproduksi dan dikonsumsi terbesar kedua di dunia. 

Alasannya, kopi punya cita rasa yang khas dibandingkan minuman pada umumnya. Cita rasa yang beda ini bersumber dari banyak senyawa yang terdapat di dalamnya. Seperti dilansir dari laman IHT Telemed, terdapat karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. 

Selain itu, minuman yang bersumber dari bahan biji ini juga mengandung kafein, magnesium, dan bahan kimia tumbuhan. Adapun bahan kimia yang dimaksud, seperti polifenol yang mengandung asam klorogenat dan diterpen yang mengandung cafestol dan kahweol. 

Berbagai senyawa tersebut menunjukkan kompleksitas kandungan dalam kopi. Sehingga, kopi sebaiknya tidak diminum dengan sembarangan. Artinya, kopi tidak bisa diminum seperti minum air putih. 

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? 

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur

Seperti telah disebutkan, minum kopi tidak seperti minum air putih. Artinya, kopi bukanlah minuman yang bisa diminum setiap waktu. Sebab akan ada dampak negatifnya apabila tetap dilakukan. 

Dilansir dari laman Kompas.com, komunitas dokter gizi Dr. Tan & Remanlay Institute, Tan Shot Yen tidak merekomendasikan minum kopi saat sahur selama bulan Ramadan. Alasannya, terdapat sifat diuretik dalam kopi. 

Sifat tersebut kemudian memicu dehidrasi apabila masuk dalam tubuh, terutama jika diminum saat sahur. Sebab, produksi urin meningkat, sehingga memicu kamu untuk sering buang air kecil. 

Semakin sering kamu buang air kecil maka semakin tinggi risiko kehilangan cairan tubuh. Padahal, kondisi seseorang saat puasa umumnya kekurangan cairan. Tentunya, kehilangan cairan dalam kondisi berpuasa mengakibatkan dehidrasi yang parah. Oleh karenanya, kopi tidak direkomendasikan untuk diminum ketika sahur.

Lalu, bolehkah minum kopi saat buka puasa? Alih-alih tidak boleh meminumnya ketika sahur, kamu mungkin terpikirkan untuk meminumnya saat berbuka. 

Perlu kamu tahu, minum kopi saat buka puasa juga tidak direkomendasikan. Alasannya bisa memicu efek samping terjaga sepanjang malam. Akibatnya, kamu bisa mengalami insomnia atau sulit tidur. 

Berdasarkan uraian tersebut maka kesimpulannya adalah tidak disarankan untuk minum kopi, baik saat sahur maupun buka puasa. 

Yuk! jaga kondisi kekuatan dan kesehatan tubuh dengan tetap olahraga saat puasa!

Tips Minum Kopi Saat Sahur dan Berbuka 

Sahur dan buka puasa tidak boleh minum kopi, lalu kapan? Nah, jika kamu adalah pecinta kopi yang harus minum kopi setiap hari. Meskipun, kondisinya sedang puasa maka kamu bisa mengikuti tips berikut. 

  • Minumlah Dua Jam Setelah Buka 

Dua jam setelah berbuka jadi waktu yang dinilai tepat untukmu yang tetap ingin minum kopi. Hal ini karena perutmu telah terisi makanan, sehingga lebih aman untuk menerima masukan kafein ke dalam lambung.

Kamu pastinya tahu kalau kopi tinggi kandungan kafein, sehingga tidak cocok diminum ketika perut kosong. Tapi setelah kamu buka puasa, perutmu telah terisi makanan sehingga bisa untuk minum kopi. Catatan, harus dua jam setelah berbuka puasa. 

  • Menambah Konsumsi Air Putih 

Memaksakan untuk minum kopi saat puasa harus diiringi dengan menambah konsumsi air putih. Pasalnya, tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh akan mencegah terjadinya dehidrasi yang parah, terutama setelah minum kopi. 

Minum air putih dengan jumlah yang lebih banyak harus dilakukan, baik saat sahur maupun buka puasa. Cara ini akan membantu cairan tubuh tetap terjaga. 

  • Pilih Jenis Kopi Non-Kafein 

Meskipun kopi dikenal minuman mengandung kafein, ternyata ada loh, kopi tanpa kafein. Kopi jenis ini bisa kamu pilih agar tetap bisa minum kopi saat Ramadan. Sebab, kandungan kafein kurang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. 

Adapun jenis kopi tanpa kafein yang bisa kamu pilih adalah decaf. Salah satu jenis kopi ini sebenarnya tidak murni tanpa kafein, tapi kandungannya tidak sebanyak kopi pada umumnya. 

Oleh karenanya, jenis ini direkomendasikan untuk dikonsumsi saat Ramadan untuk kamu yang tetap ingin menyeruput kopi. 

Manfaat Minum Kopi Sebelum Sahur

Alih-alih memberikan efek negatif saat bulan Ramadan, kopi justru bisa memberikan banyak manfaat ketika diminum pada hari-hari biasa. Manfaat ini yang membuat kopi semakin banyak penggemarnya. 

Berikut ada manfaat minum kopi yang perlu kamu tahu. 

  1. Menjaga Kesehatan Otak 

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, manfaat yang pertama ketika rutin minum kopi adalah menjaga kesehatan otak. Manfaat ini bersumber dari kandungan kafein di dalamnya. Fungsi kafein dapat membantu memberikan efek positif terhadap otak. 

Efek yang dimaksud, seperti membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan risiko depresi. 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2 

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebab, kandungan yang terdapat dalam kopi bisa mencegah resistensi insulin. Reaksi insulin berlebihan umumnya terjadi pada penderita diabetes tipe 2. 

Meskipun memiliki manfaat tersebut, tapi kopi menjadi minuman yang harus dihindari penderita diabetes. Pasalnya, kafein pada penderita diabetes justru berisiko mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karenanya, manfaat ini bukan untuk para penderita diabetes. 

  1. Menjaga Kesehatan Liver 

Tidak hanya mencegah diabetes tipe 2, minum kopi secara rutin juga membantu menjaga kesehatan hati (liver). Seperti kamu tahu, ada beberapa masalah yang banyak terjadi pada organ ini, seperti hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, hingga kanker hati. 

Berbagai masalah tersebut bisa dicegah, salah satunya dengan minum kopi secara rutin, dengan catatan tidak berlebihan. 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson 

Parkinson adalah kondisi gangguan saraf yang menyebabkan kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan terganggu. Kondisi ini ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi minuman berkafein. 

Kopi termasuk salah satu minuman mengandung kafein yang berfungsi menurunkan risiko penyakit ini. Bahkan, menurut laman Siloam Hospitals, minum kopi dapat membantu penderita parkinson untuk mengonstrol gerakan secara lebih baik. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Menjaga jantung tetap sehat bisa juga dengan memanfaatkan kopi. Sebab, mengonsumsinya 1-2 cangkir per hari menurut sebuah penelitian dapat menurunkan risiko stroke. Hal ini dikarenakan kesehatan jantungnya terjaga. 

  1. Menjaga Berat Badan Ideal 

Berat badan ideal merupakan impian setiap orang. Ternyata, minum kopi bisa membantu mencapai impian tersebut. Alasannya, kopi mampu mempercepat metabolisme dalam tubuh karena kandungan kafein yang dimiliki. 

Manfaat tersebut nyatanya bisa kamu peroleh dengan meminumnya tanpa gula. Sebab, gula sering menjadi alasan minum kopi justru menaikkan berat badan, bukannya justru menurunkannya. 

Itulah penjelasan mengenai minum kopi saat sahur serta beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat minum kopi secara rutin. Meskipun, Ramadan bukanlah waktu yang tepat untuk melakukannya, tapi jika kamu tetap ingin minum maka sangat disarankan untuk mengikuti tipsnya. 

Jika tidak, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan mual. Nah, jika sudah terlanjur maka kamu bisa membantu meredakannya dengan Minyak Balur Waji. 

Minyak herbal multifungsi yang dibuat dari 10+ Botanical Essences ini sangat bermanfaat membantu meredakan perut kembung dan mual-mual. Yuk, bebas kembung dan mual dengan Minyak Balur Waji, dapatkan produknya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?