Obat Eksim Kering Menahun di Kaki, Saatnya Sembuh Pakai Ini!

obat eksim kering menahun di kaki

Eksim kering, yang juga sering disebut sebagai dermatitis atopik, merupakan suatu kondisi kulit bersifat kronis dan menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, kemerahan, serta mengalami peradangan. 

Jika sudah bertahun-tahun terjadi, kamu bisa menggunakan obat eksim kering menahun di kaki sebagai solusi pengobatannya.

Eksim seringkali menimbulkan ketidaknyamanan yang signifikan bagi penderitanya dan dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari. 

Meski demikian, eksim yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling umum dijumpai. Selain itu, juga sering terjadi pada area tubuh yang rentan terhadap kekeringan, seperti kaki, tangan, siku, dan lutut.

Kamu yang menderita gangguan ini tentunya perlu tahu obat eksim kering menahun di kaki seperti pada ulasan berikut. 

Apa itu Eksim? 

Kulit merupakan organ yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal, seperti infeksi, cedera, dan paparan lingkungan. 

Namun, pada orang dengan eksim kering, fungsi pelindung kulit ini terganggu karena adanya peradangan dan gangguan pada lapisan permukaan kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, bersisik, dan terkadang terasa kasar saat disentuh.

Eksim kering seringkali berkembang selama masa anak-anak dan remaja, meskipun sebenarnya bisa terjadi pada setiap. 

Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam perkembangan eksim, terutama dengan riwayat keluarga yang memiliki riwayat maka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.

Meskipun gejala eksim kering dapat bervariasi dari ringan hingga parah, gejala umum yang sering dialami oleh penderita meliputi kulit kering dan pecah-pecah, gatal, kemerahan, dan terkadang terdapat area kulit yang mengalami peradangan dan pembentukan lepuhan.

Kulit yang mengalami dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan bahkan dapat memengaruhi tidur dan kualitas hidup sehari-hari (eksim sering gatal di malam hari)

Jenis-Jenis Eksim

Selain eksim kering, ada beberapa jenis eksim lainnya yang juga umum terjadi. Berikut beberapa jenisnya yang harus kamu tahu. 

  1. Dermatitis kontak, yaitu jenis eksim yang disebabkan oleh kontak langsung dengan bahan iritan atau alergen tertentu, seperti deterjen, sabun, kosmetik, atau logam.
  2. Dermatitis seboroik, yaitu kondisi kulit kronis yang ditandai oleh kemerahan, bersisik, dan terkadang berminyak pada area yang rentan seperti kulit kepala, wajah, dan dada.
  3. Eksim numular, yaitu jenis eksim yang ditandai oleh adanya bercak-bercak bulat atau oval yang kering, bersisik, dan berkerak pada kulit.
  4. Eksim dyshidrotic, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan adanya lepuhan kecil yang terasa gatal, terutama pada telapak tangan, telapak kaki, dan sisi-sisi jari.

Eksim Kering VS Eksim Basah, Bedanya Apa?

Eksim kering dan eksim basah merupakan dua jenis eksim yang memiliki perbedaan dalam karakteristik dan gejala yang ditunjukkan.

Jenis Eksim Perbedaan 
Eksim Kering Pada eksim kering, kulit cenderung menjadi kering, pecah-pecah, bersisik, dan terkadang terasa kasar saat disentuh. Gejala ini sering kali disertai dengan gatal yang intens.
Eksim Basah Eksim basah ditandai dengan adanya lepuhan yang berisi cairan atau eksudat di permukaan kulit. Kulit juga dapat terlihat merah, bengkak, dan terasa hangat.

Penyebab Eksim Kering di Kaki Tidak Kunjung Sembuh

Eksim kering di kaki yang tidak kunjung sembuh dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti berikut. 

  • 1. Kondisi Cuaca

Cuaca yang kering dan dingin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rentan terhadap eksim.

  • 2. Paparan Bahan Kimia

Penggunaan produk pembersih, deterjen, atau bahan kimia lainnya yang keras dapat mengiritasi kulit dan memicu flare-up eksim.

  • 3. Alergi

Reaksi alergi terhadap bahan tertentu, seperti deterjen atau kain sintetis, dapat menyebabkan eksim.

  • 4. Stres

Stres dan kecemasan dapat memicu flare-up eksim atau memperburuk kondisi yang sudah ada.

  • 5. Kurangnya Perawatan Kulit

Kurangnya kelembapan dan perawatan kulit yang tepat dapat membuat kulit lebih rentan terhadap eksim.

Selain di kaki, sering juga eksim kering terjadi di tangan.

Obat Eksim Kering Menahun di Kaki

Pengobatan eksim kering di kaki tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya. Adapun beberapa pilihan obatnya seperti berikut. 

1. Krim dan Salep Topikal

Krim dan salep yang mengandung kortikosteroid atau agen pelembap dapat membantu mengurangi peradangan, gatal, dan ketidaknyamanan pada kulit.

2. Obat Antihistamin

Obat antihistamin dapat membantu mengurangi gatal dan reaksi alergi yang terkait dengan eksim.

3. Terapi Cahaya

Terapi cahaya UVB atau PUVA (psoralen dan UVA) dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kondisi kulit pada eksim.

4. Obat Imunomodulator Topikal

Obat seperti tacrolimus atau pimecrolimus dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengendalikan flare-up eksim.

5. Minyak Balur Waji

Penggunaan Minyak Balur Waji secara teratur dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit yang kering dan gatal pada eksim kering. 

Minyak Balur Waji mengandung bahan alami yang dapat meredakan peradangan dan mengurangi ketidaknyamanan pada kulit.

Jika kamu mencari solusi alami untuk mengatasi eksim kering di kaki, pertimbangkanlah untuk menggunakan Minyak Balur Waji. 

Dengan kandungan bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, melembapkan kulit, dan meredakan gatal, Minyak Balur Waji dapat menjadi pilihan yang efektif dalam menuntaskan pengobatan eksim kering. 

Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan kulit kamu. Yuk, Sedulur dapatkan Minyak Waji melalui website resminya di www.wajiofficial.id sekarang juga dan dapatkan promonya! 

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?