7 Obat Eksim Kering Tradisional yang Ampuh, Bisa untuk Eksim Menahun!

Obat Eksim Kering Tradisional

Eksim kering merupakan kondisi kulit yang kering dan bersisik, akan tetapi tidak menimbulkan luka basah. Kondisi ini bisa terjadi hampir di seluruh tubuh, terutama bagian tubuh yang terbuka. 

Bagian tubuh terbuka yang sering terkena eksim, yaitu tangan dan kaki. Kamu biasanya menjadi kurang percaya diri dalam beraktivitas sehari-hari. Akibatnya, berbagai obat pun dicoba. 

Tahukah kamu obat eksim kering tradisional? Eksim ternyata tidak hanya bisa diobati secara medis, akan tetapi bisa juga dengan tradisional. Pasalnya, banyak jenis obat tradisional yang bisa untuk mengatasi masalah ini. 

Simak selengkapnya pada artikel berikut! 

Apa itu Eksim Kering? 

Ciri Ciri Eksim Kering

Sebelum membahas obat eksim kering tradisional, kamu harus menjawab pertanyaan tersebut terlebih dahu. 

Seperti dilansir dari laman Kemenkes RI, eksim atau dalam bahasa medisnya dermatitis atopik adalah kondisi kulit mengalami peradangan yang menyebabkan kemerahan, gatal, kekeringan, dan pecah-pecah. 

Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu yang lama, yaitu sampai bertahun-tahun. Adapun bagian tubuh yang mengalaminya, seperti dahi, area sekitar mata dan telinga, sisi leher, dalam siku, belakang lutut, dan area selangkangan. 

Pada sebagian orang, eksim kering bahkan disertai dengan penyakit alergi lainnya. Meskipun, penderitanya sebagian besar adalah anak-anak dan bayi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa dialami orang dewasa. 

Berikut beberapa penyebab eksim kering yang sering terjadi menurut Kemenkes RI. 

  • Makanan, yaitu susu, ikan, telur, jeruk, kacang-kacangan, dan gandum. 
  • Alergen non-makanan, seperti debu, deterjen, sabun, dan parfum. 
  • Stres 
  • Gangguan emosi
  • Suhu ekstrim, seperti cuaca dingin dengan kelembapan rendah dan udara kering. 

Itulah beberapa hal yang sering menyebabkan seseorang mengalami eksim kering. Oleh karena itu, menghindari berbagai penyebab tersebut dapat mencegah penyakit ini. 

Obat Eksim Kering Tradisional 

obat eksim kering tradisional

Eksim kering termasuk jenis penyakit yang bisa dicegah dan diobati. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Ada banyak cara untuk mengatasi eksim kering di tangan maupun kulit bagian lainnya, seperti menggunakan obat kimia maupun obat tradisional. Berikut beberapa obat tradisional eksim kering dilansir dari berbagai sumber. 

1. Minyak Kelapa Murni 

kandungan minyak kelapa

Obat eksim tradisional yang pertama adalah minyak kelapa murni. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan vitamin K dan E di dalamnya. Selain itu, juga mengandung asam laurat. Fungsinya untuk mengurangi peradangan kulit yang mengakibatkan gatal. 

Perlu kamu ketahui, meredakan meredakan gatal bukan satu-satunya fungsi minyak kelapa. Pasalnya, terdapat fungsi lainnya, seperti sebagai zat antijamur, antibakteri, dan antioksidan yang dapat mencegah infeksi. 

Cara aplikasinya bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak pada bagian kulit yang terkena eksim. Melakukan tindakan ini secara rutin akan menghasilkan kulit yang lebih lembab, sehingga dapat menyembuhkan eksim kering. 

2. Kunyit 

Obat tradisional untuk eksim kering selanjutnya adalah kunyit. Alasannya, kunyit juga mengandung zat antioksidan dan antiradang. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk mengatasi gejala eksim. 

Cara kerja antioksidan dan antiradang pada kulit adalah membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Banyak bentuk kerusakan sel dalam tubuh, salah satunya yang akibat eksim. 

Selain itu, antioksidan juga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan infeksi. Hasilnya adalah tubuh menjadi terhindar dari eksim, baik disebabkan oleh peradangan maupun infeksi. 

Mengobati eksim bisa diaplikasikan dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit dengan susu. Kamu harus mengaduknya terlebih dahulu hingga merata. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. 

Cara tersebut perlu dilakukan berulang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, terdapat alternatif lain, seperti dengan melarutkan satu sendok teh kunyit dalam air mendidih. Tunggu hingga 10 menit sambil diaduk. Selanjutnya, biarkan hingga dingin dan minum. 

3. Lidah Buaya 

Lidah buaya dapat dimanfaatkan dagingnya (gel) untuk obat tradisional. Eksim kering menjadi penyakit yang bisa diobati dengan bahan ini. Pasalnya, gel lidah buaya dapat memberikan efek sejuk dan mengandung antiradang. 

Seperti kamu ketahui, peradangan pada kulit mengakibatkan eksim yang menyebabkan gatal. Kondisi ini menjadikan kulit terasa panas karena digaruk. Oleh karena itu, kulit membutuhkan efek sejuk. 

Salah satu bahan alami yang dapat memberikan efek sejuk pada kulit adalah gel lidah buaya. Selain memberikan efek sejuk, gel lidah buaya juga mengandung sifat antiradang yang dapat mengatasi eksim kering. 

Keunggulan lainnya terkait bahan alami tersebut adalah mencegah infeksi dan memiliki sifat antimikroba. Hal ini terkait dengan kemampuannya menjaga kulit tetap lembap sehingga tidak mudah infeksi. Adapun sifat antimikrobanya adalah untuk mencegah terjadinya infeksi. 

4. Tea Tree Oil 

Secara umum, tea tree oil dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati eksim. Hal ini dikarenakan mengandung zinc oksida atau clobetasone butyrate. Kandungan ini berfungsi sangat efektif mengurangi gejala eksim.

Meskipun sangat efektif untuk mengobati eksim kering, kamu harus berhati-hati dalam penggunaannya. Alasannya, tea tree oil tidak boleh langsung dioleskan pada kulit, melainkan harus dicampur dengan bahan lain. 

Salah satu bahan campurannya adalah minyak zaitun. Caranya adalah dengan mencampurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak zaitun. Setelah itu, baru dioleskan pada bagian kulit yang mengalami eksim. 

5. Minyak Jojoba 

manfaat jojoba oil untuk kesehatan

Minyak jojoba termasuk jenis minyak yang dapat mengobati eksim secara tradisional. Sebab, terdapat kandungan zat antiradang dan lilis ester. Keduanya berfungsi untuk membantu mengurangi gejala eksim. 

Adapun gejala yang dapat diredakan, seperti melembapkan kulit dan membantu penyerapan obat oles. Oleh karena itu, minyak ini efektif sebagai obat tradisional eksim kering. 

6. Minyak Biji Bunga Matahari 

Minyak ini memiliki kandungan zat antiradang, antioksidan, dan asam linoleatnya yang tinggi. Kandungan ini sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit kering, meradang, dan terkelupas layaknya eksim. 

Alasannya, zat-zat yang terkandung di dalamnya bekerja langsung pada sel keratinosit. Sel inilah yang nantinya akan membentuk lapisan terluar kulit. Oleh karena itu, menggunakan minyak jenis ini dapat menguatkan sel keratinosit. 

7. Probiotik 

Sistem kekebalan tubuh seseorang biasanya berkaitan dengan bakteri probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menjaga fungsi imun dan meredakan peradangan akibat respon alergi. 

Menjaga asupan probiotik akan membantu mencegah eksim, misalnya dengan mengonsumsi yoghurt. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi produk fermentasi lainnya. 

Itulah beberapa cara alami mengobati eksim kering yang bisa dilakukan secara tradisional. 

Minyak Waji untuk Obat Eksim Kering Tradisional 

Minyak Waji bisa dijadikan alternatif untuk mengobati eksim kering secara tradisional. Alasannya, Minyak Waji adalah minyak balur multifungsi dari bahan herbal yang diformulasikan dari 10+ Botanical Essences. 

Beberapa di antaranya, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, dan tea tree oil. Hal ini menjadikan Minyak Waji terbukti dapat meredakan peradangan pada kulit, salah satunya eksim kering. 

Oleh karena itu, menggunakan Minyak Waji secara rutin secara tradisional bisa untuk mengobati eksim kering. Pasalnya, manfaatnya dapat mengurangi berbagai gejala yang ditimbulkannya. 

Yuk, saatnya Sedulur dapatkan produk Minyak Waji melalui website resminya di www.wajiofficial.id! 

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal