Perut Kembung Saat Puasa, Penyebab dan Tips Terbebas Darinya

perut kembung saat puasa

Kamu mungkin salah satu orang yang sering mengalami perut kembung saat puasa. Kondisi ini pasti membuatmu sangat tidak nyaman bukan? Pasalnya, perut yang kembung atau begah menjadikanmu sulit beraktivitas, salah satunya ketika ibadah. 

Nah, untuk kamu yang ingin bebas dari kembung atau begah, ada banyak cara mengatasinya. Tapi sebelum itu, kamu juga harus tahu berbagai faktor penyebabnya untuk mencegah hal tersebut. 

Apa itu Perut Kembung? 

Dilansir dari laman National Library of Medicine, perut kembung adalah gejala yang sangat umum dan mengganggu pada semua usia, serta belum sepenuhnya dipahami. Namun, kembung biasanya dikaitkan dengan gangguan fungsional saluran cerna atau penyakit organik yang juga bisa muncul sendiri. 

Orang yang mengalami perut kembung umumnya merasakan kondisi tidak nyaman. Sebab, terjadi penumpukan gas pada lambung. Akibatnya, dapat memicu mual dan muntah sebagai bentuk reaksi tubuh untuk mengeluarkan gas. 

Selain itu, reaksi juga bisa berupa buang gas (kentut). Sebab melalui kentut, tumpukan gas dalam perut bisa keluar sedikit demi sedikit. Apabila terjadi secara terus-menerus maka kembung akan mereda. 

Berikut gejala-gejala yang umumnya dirasakan oleh mereka yang mengalami perut kembung. 

  • Perut lebih besar dan terasa penuh. 
  • Munculnya bunyi seperti gemuruh di dalam perut. 
  • Sering bersendawa dengan aroma yang tidak enak. 
  • Perut terasa nyeri atau tidak nyaman. 
  • Buang gas (kentut) relatif lebih sering dibanding biasanya. 

Oleh karenanya, kamu yang sudah mengalami gejala susah BAB harus segera berkonsultasi dengan dokter. 

Penyebab Perut Kembung Saat Puasa 

penyebab perut kembung saat puasa

Puasa sering memicu banyak orang mengalami perut kembung. Lalu, tahukah kamu penyebab perut kembung saat puasa? Menurut laman Siloam Hospitals, kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti berikut. 

1. Asam Lambung Naik 

Naiknya asam lambung saat puasa jadi penyebab utama perut kembung. Keadaan ini bisa terjadi akibat kurangnya enzim pada lambung atau saluran pencernaan. Akibatnya, kamu bisa mengalami perut kembung yang disertai rasa mual dan muntah. 

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kandungan Gas 

Selain asam lambung, perut kembung juga bisa disebabkan oleh makanan, terutama saat berpuasa. Adapun makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang tinggi akan kandungan gas. 

Beberapa makanan yang mengandung gas cukup tinggi, seperti kubis, brokoli, kacang-kacangan, cumi, dan kopi. Makanan ini kurang cocok untuk dikonsumsi ketika puasa. Pasalnya, akan memicu tumpukan gas pada saluran cerna. 

3. Mengonsumsi Makanan Pedas dan Berlemak 

Makanan pedas dan berlemak sebenarnya akan sulit dicerna oleh tubuh. Bahkan, jenis makanan ini akan memicu naiknya asam lambung. Kondisi ini kemudian menjadi faktor perut kembung yang sangat tidak nyaman. 

4. Makan Tergesa-gesa 

Tergesa-gesa ketika makan merupakan kebiasaan yang kurang tepat. Alasannya, makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi kurang sempurna. Artinya, makanan belum pada kondisi halus sehingga mudah dicerna. 

Kondisi tersebut memicu sistem pencernaan tubuh memproses lebih lama dibanding jika makanan telah dalam keadaan halus. Nah, proses pencernaan yang lama ini akan memicu lambung bekerja lebih lama. 

Hasilnya, semakin sulit lambung mencerna makanan maka akan semakin tinggi risiko gas menumpuk, sehingga menyebabkan perut kembung. 

5. Langsung Tidur Setelah Sahur atau Berbuka 

Sahur dan berbuka puasa merupakan waktu-waktu yang disarankan untuk makan ketika bulan Ramadan. Setelah melakukan aktivitas ini, sebaiknya kamu tidak disarankan untuk langsung tidur. 

Sebab, langsung tidur setelah makan sahur atau berbuka menyebabkan asam lambung naik. Akibatnya, kamu bisa mengalami gejala perut kembung sebagai salah satu gejala asam lambung. 

Baca Juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur?

Tips Bebas Kembung Saat Puasa 

tips agar perut tidak kembung saat puasa

Setelah tahu penyebabnya, kini saatnya kamu melakukan beberapa tips agar perut tidak kembung saat puasa. Nah, berikut ini akan disajikan tips-tips yang bisa kamu lakukan di rumah. 

1. Usahakan Asam Lambung Normal 

Bagi para penderita asam lambung, menjaga kondisi asam pada sistem pencernaan menjadi penting saat bulan Ramadan. Tips ini akan membantu kamu dalam mencegah naiknya asam lambung yang dapat memicu kembung dan gejala lainnya. 

2. Hindari Makanan Tinggi Gas 

Tips selanjutnya untuk mencegah perut kembung saat sedang berpuasa adalah dengan menghindari makanan tinggi gas, contohnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Solusinya, kamu bisa menggantinya dengan makanan tinggi serat, protein, atau mineral. 

Sebab, nutrisi makanan, seperti serat, protein, atau mineral sangat diperlukan tubuh ketika puasa. Selain itu, mengonsumsi makanan jenis ini juga bisa sebagai tips untuk mencegah perut kembung. 

Alih-alih memicu kembung, makanan tinggi serat, protein, dan mineral justru mendukung sistem pencernaan untuk merasa kenyang lebih lama. Bahkan, kandungan mineral akan mencegah kamu mengalami dehidrasi. 

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi tips yang penting saat puasa. Selain karena tubuh memerlukan banyak cairan, juga karena membantu mencegah terjadinya perut kembung. 

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa kamu lakukan dengan minum air putih saat bulan puasa dengan jumlah yang direkomendasikan. Kemenkes RI dalam lamannya tetap merekomendasikan 8 gelas air sebaiknya diminum, baik saat bulan Ramadan maupun bukan. 

Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi akan membantu sistem pencernaan melakukan prosesnya dengan baik. Hasilnya, tidak terjadi tumpukan gas yang menyebabkan perut kembung selama berpuasa. 

4. Mengunyah Makanan Hingga Halus 

Makanan yang kamu kunyah hingga halus akan membantu sistem pencernaan mengolahnya dengan cepat. Proses ini mendukung sistem pencernaan bekerja dengan baik, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan gas di lambung. 

Lambung yang terisi timbunan gas menjadi faktor penyebab kembung. Kondisi ini tentunya membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karenanya, kamu harus mengunyah makanan hingga halus agar sistem pencernaan bekerja dengan baik. 

5. Olahraga Teratur 

Aktivitas fisik seperti olahraga sangat membantu kesehatan pencernaan, salah satunya membantu proses metabolisme dalam tubuh. Proses metabolisme yang baik akan mencegah kamu mengalami perut kembung. 

Caranya, kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga, seperti olahraga ringan, sedang, ataupun berat. Pilihlah olahraga berdasarkan kemampuan dan kebutuhanmu. Misalnya, saat puasa kamu hanya perlu olahraga ringan. 

Bentuk olahraga ringan, seperti jogging, jalan cepat, atau aerobik ringan. Melakukan berbagai aktivitas fisik ini termasuk tips untuk mencegah perut kembung. 

6. Balurkan Minyak Waji 

Apabila cara-cara tersebut kurang efektif, kamu bisa mencoba Minyak Waji sebagai tips agar perut tidak kembung saat puasa. Sebab, minyak balur multifungsi ini dibuat dari 10+ Botanical Essences yang punya banyak manfaat. 

Salah satu manfaat yang paling efektif adalah membantu mencegah, meredakan, dan mengatasi perut kembung saat puasa. Manfaat ini berasal dari kandungan minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak minyak sereh dalam Minyak Waji. 

Ketiga ekstrak minyak tersebut mengandung sifat dan senyawa yang dapat membantu meredakan perut kembung, mual, dan rasa tidak nyaman pada bagian perut. 

Yuk, pakai Minyak Waji yang efektif atasi perut kembung dan dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?