Posisi Tidur Saat Masuk Angin Disertai Sakit Perut dan Kembung

posisi tidur saat masuk angin

Menerapkan posisi tidur saat masuk angin yang benar dapat memberikan efek positif untuk mempercepat tubuh dalam mengeluarkan angin, sehingga masalah dapat teratasi dengan lebih cepat dan Anda bisa lebih nyaman saat tidur.

Masuk angin merupakan istilah yang tidak asing di tengah masyarakat. Banyak sekali gejala yang kerap disebut dengan masuk angin, seperti demam, sakit kepala, lemas, perut kembung, nyeri otot, dan lainnya.

Saat masuk angin, tubuh akan merasakan berbagai rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh gejala yang muncul.

Mengikuti posisi tidur saat sedang masuk angin merupakan satu hal penting, mengingat saat kondisi itu terjadi, biasanya kita akan susah tidur.

Posisi Tidur Saat Masuk Angin

posisi tidur yang baik saat masuk angin

Untuk membuat kita bisa mudah tidur meskipun sedang masuk angin, cobalah beberapa posisi tidur seperti berikut ini:

1. Tidur dengan Posisi Menyamping

Menempatkan posisi tidur saat masuk angin secara menyamping menjadi posisi yang paling direkomendasikan, karena dapat memudahkan saluran udara tetap terbuka.

Hal ini penting karena saluran udara yang tertutup akan membuat tidur tidak nyaman. Selain itu, posisi ini dapat mencegah hidung mampet dan membantu mengeluarkan lendirnya.

Tidur menghadap ke samping juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut tidak nyaman saat tidur. 

Hal ini karena posisi ini dapat membuat otot kerongkongan bagian bawah yang menghubungkan kerongkongan dan perut menjadi lemas.

Tidak heran, jika posisi tidur yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu posisi tidur terbaik saat sakit perut masuk angin, karena dapat mencegah mual dan sakit perut yang kerap dirasakan.

2. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Tidur telentang dengan posisi kepala lebih tinggi juga dapat menjadi salah satu pilihan. Posisi ini dapat membuat saluran udara terbuka dan mempermudah pernapasan serta meminimalisir terjadinya penumpukan lendir. 

Selain itu, tidur telentang dengan posisi kepala lebih tinggi juga dapat membantu mengurangi dengkuran yang biasanya lebih parah saat sedang flu dan pilek.

Untuk memperoleh posisi ini, dapat dilakukan dengan menumpuk beberapa bantal dan memposisikan kepala di atasnya. 

Perlu diperhatikan untuk tidak menumpuk bantal terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan masalah lain, yaitu kepala yang melorot ke bawah dan memperburuk masalah pernapasan.

infografis posisi tidur saat masuk angin

Tips Tidur Nyenyak Saat Masuk Angin

Selain dengan mengatur posisi tidur saat masuk angin, ada beberapa tips mendapatkan tidur nyenyak, antara lain sebagai berikut:

  • Minum Minuman Hangat

Minuman seperti teh, lemon dan jahe yang disajikan dengan hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan. Namun teh yang sebaiknya dikonsumsi adalah teh herbal atau rempah seperti teh chamomile dan peppermint, bukan teh dari tanaman teh itu sendiri.

Hal ini karena teh yang terbuat dari tanaman teh mengandung kafein yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit. 

  • Mandi dengan Air Hangat

Setelah mandi dengan air hangat, tubuh akan terasa lebih rileks. Selain itu, uapnya dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat, sehingga lebih memudahkan bernafas. 

  • Gunakan Humidifier

Udara yang terlalu kering dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, dehidrasi, dan masalah lainnya. Hal ini akan menjadi semakin parah saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Humidifier memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan, dengan cara menyemprotkan uap air ke udara.

Menggunakannya saat tidur bisa dibilang aman dan memiliki banyak manfaat. Apalagi jika kalian menambahkan essential oil, aroma yang menenangkan dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. 

Untuk memulihkan tubuh yang masuk angin dengan cepat, tidak hanya dibutuhkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Selain Memperhatikan Posisi Tidur, Bantu Atasi Masuk Angin dengan Minyak Waji

Mencoba posisi tidur yang baik saja belum cukup, Anda harus mencoba cara-cara lain untuk mempercepat tubuh terbebas dari masuk angin. Jika Anda malas untuk minum obat, Anda bisa menggunakan Minyak Balur sebagai solusi ampuhnya.

Salah satu manfaat Minyak Waji yaitu untuk mengatasi masuk angin serta gejala-gejala yang biasanya terjadi bersamanya, seperti perut kembung, mual, dan lain sebagainya.

Adanya manfaat minyak balur waji untuk masuk angin karena Waji memiliki komposisi yang terdiri dari 10+ botanical essences dengan kandungan-kandungan yang berfungsi untuk membantu meredakan sakit perut, kembung, dan dapat membantu meredakan gejala masuk angin lainnya.

Itulah informasi lengkap mengenai posisi tidur saat masuk angin, jika ada hal terkait yang ingin ditanyakan, Anda bisa berikan komentar di bawah ini, ya!

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada AnakĀ 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal