Tips Minum Air Putih Saat Puasa, Hindari Dehidrasi Agar Tak Pegal Linu

Tips Minum Air Putih Saat Puasa

Puasa sering menjadi faktor bagi banyak orang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya konsumsi air putih saat sahur atau berbuka.

Padahal, kurang minum menyebabkan fleksibilitas otot dan kelenturan bantalan tulang menjadi tidak maksimal. Akibatnya, tubuh bisa mengalami kram, pegal-pegal, dan nyeri pada bagian tertentu. 

Nah, untuk menghindari kondisi tersebut, kamu harus tahu tips minum air putih saat puasa pada artikel ini. 

Tips Minum Air Putih Saat Puasa 

jadwal minum air putih saat puasa

Saat Ramadan, asupan air putih menjadi sangat penting bagi setiap orang, terutama yang menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan puasa mengharuskan untuk tidak makan dan minum dari waktu subuh hingga berbuka. 

Kondisi tersebut sebenarnya tidak menjadi penghalang jika kamu tahu jadwal minum air putih saat puasa. Pasalnya, dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesuai jadwal tentunya akan membantumu menjalani puasa seharian. 

Lalu, bagaimana sih tips minum air putih saat puasa? Nah, dilansir dari laman Siloam Hospitals, berikut ada beberapa tips yang sangat direkomendasikan. 

1. Minum 4 Gelas Air Putih Saat Sahur 

Terdengar berlebihan bukan apabila langsung minum sebanyak 4 gelas sekaligus? Sebenarnya, rekomendasi minum air putih sebanyak 4 gelas ini dilakukan dalam beberapa tahap. Mudahnya, kamu bisa menggunakan rumus 1-2-1. 

  • 1 gelas sebelum sahur 
  • 2 gelas saat sahur 
  • 1 gelas sebelum masuk waktu subuh 

Menggunakan tips minum air putih dengan rumus 1-2-1 saat sahur ini akan lebih efektif. Sebab, kamu tidak harus minum 4 gelas sekaligus. Tapi, kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa akan tetap tercukupi. 

2. Minum 4 Gelas Air Setelah Berbuka Puasa 

Tips selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat puasa adalah dengan minum 4 gelas setelah berbuka. Artinya tidak diminum sekaligus, tapi kamu bisa menggunakan rumus 2-1-1. 

  • 2 gelas saat berbuka puasa 
  • 1 gelas setelah salat tarawih 
  • 1 gelas sebelum tidur 

Rumus tersebut dinilai sangat efektif untuk mengembalikan cairan dalam tubuh yang berkurang setelah seharian berpuasa. 

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan dua rekomendasi tips minum air putih tersebut untuk memastikan tubuhmu selalu terhidrasi. 

Akibat Kurang Minum Air Putih 

tips minum air putih saat puasa

Kurang minum air putih saat puasa bisa menyebabkan beberapa dampak negatif bagi tubuh. Sebab, puasa itu sendiri merupakan waktu yang membatasi setiap orang, baik untuk makan maupun minum. 

Oleh karenanya, minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi sangat penting. Apabila tidak diprioritaskan maka akan mengakibatkan beberapa efek negatif bagi tubuh seperti berikut. 

  • Dehidrasi 

Akibat tubuh kekurangan cairan dari konsumsi air putih, yaitu bisa mengalami dehidrasi. Nah, dehidrasi itu sendiri merupakan kondisi tubuh kekurangan cairan atau jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. 

Tubuh yang mengalami dehidrasi umumnya ditandai dengan bibir dan kulit kering, pusing, lemas, sakit kepala, dan urine berwarna gelap. 

Ciri-ciri tersebut bisa kamu jumpai, terutama saat puasa. Sebab waktu makan dan minum saat puasa terbatas pada setelah berbuka hingga sahur. Apabila asupan air putih kurang maka kamu bisa mengalami dehidrasi selama berpuasa di siang hari. 

  • Pegal Linu 

Akibat selanjutnya karena kurang minum air putih saat puasa adalah badan mengalami pegal linu. Rasa tidak nyaman ini bisa terjadi karena fungsi air bagi tubuh adalah untuk menjaga fleksibilitas otot. Selain itu, juga menjaga kelenturan bantalan tulang belakang. 

Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan berisiko memicu kram otot. Bahkan, apabila dibiarkan terus-menerus maka muncul rasa tidak nyaman, seperti pegal-pegal dan nyeri pada bagian tubuh tertentu, seperti pinggang dan kaki. 

Saat puasa, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih akan membantu mencegah terjadinya pegal linu. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan tips minum air putih saat puasa. 

  • Meningkatkan Kadar Kolesterol Tubuh 

Kurang minum air putih saat puasa juga memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan saat puasa, tubuh lebih banyak memproduksi kolesterol sebagai akibat kekurangan cairan. 

Akibatnya, kadar kolesterol dalam diri kamu bisa meningkat. Kondisi ini akan sangat berbahaya, terutama bagi kamu yang menderita penyakit kolesterol. Oleh karenanya, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sesuai yang disarankan. 

  • Gangguan Saluran Cerna 

Dilansir dari laman Halodoc, kurang minum air putih saat puasa menjadikan tingkat keasaman perut meningkat. Keadaan ini umumnya menjadi pemicu bisul di perut. 

Bisul perut sangat aktif pada bagian dalam perut atau di atas usus halus (duodenum). Penyebabnya adalah perlindungan perut yang lemah, salah satunya saat tubuh kekurangan cairan dari konsumsi air putih. 

Orang yang mengalami bisul perut umumnya hanya terjadi beberapa saat. Sebab, penyakit ini bukanlah yang kondisi yang dialami penderita sepanjang hidupnya. Adapun salah satu upaya menyembuhkannya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama saat puasa. 

  • Susah Buang Air Besar (BAB) 

Kadar cairan dalam tubuh kamu berpotensi menurun drastis ketika sedang berpuasa. Kondisi ini juga yang menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan. Salah satunya, kamu bisa mengalami susah BAB. 

Terjadinya kondisi tersebut dikarenakan kurangnya asupan air dalam tubuh. Sebab, fungsi air dapat mengubah tekstur feses yang keras menjadi lunak. Tekstur ini akan memudahkan kamu mengeluarkannya dari tubuh. 

  • Bau Mulut 

Akibat lain dari kurang minum air terutama ketika puasa adalah bau mulut. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang harus sangat dihindari. Sebab, bau mulut akan menjadikanmu kurang percaya diri. Bahkan, bisa juga mengganggu kenyamanan orang lain. 

Bau mulut bisa terjadi karena produksi cairan saliva berkurang, sehingga bakteri dalam mulut berkembang pesat. Nah, kamu harus tahu bahwa kurangnya produksi cairan salvia ini dikarenakanan kurangnya cairan atau minum saat sahur. 

  • Sakit Kepala

Sakit kepala tidak lepas dari salah satu akibat kurang minum saat puasa. Sebab, asupan air yang kurang memicu hambatan aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Akibatnya, fungsi otak akan bekerja kurang maksimal yang ditandai dengan sakit kepala. 

  • Cepat Merasa Lelah 

Tubuh yang kekurangan air, terutama saat puasa akan cepat merasa lelah. Akibat ini sebenarnya merupakan efek berlanjut dari dehidrasi yang terjadi dalam tubuh. Sebab, tubuh yang mengalami dehidrasi akan kehilangan energi yang berimbas pada rasa lelah. 

Itulah beberapa akibat kurang konsumsi air putih dan Tips Minum Air Putih Saat Puasa . Tapi, apabila kamu sudah terlanjur pegal linu saat puasa karena kurang minum air putih, maka kamu bisa tuntaskan dengan Minyak Balur Waji. 

Minyak Waji adalah minyak balur herbal yang dibuat dari 10+ Botanical Essences sehingga punya banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk membantu meredakan pegal linu akibat kurang minum saat puasa. 

Sebabnya, di dalam Minyak Waji terkandung minyak esensial, seperti minyak pala, minyak zaitun, minyak jahe, minyak cengkeh, minyak kenanga, minyak adas, dan minyak sereh. Oleh karenanya, tuntaskan pegal linu dengan Minyak Balur Waji. 

Yuk, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?