4+ Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tangan dan Kaki, Terbukti!

MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KULIT TANGAN DAN KAKI

Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak serbaguna yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kulit tubuh. Begitu pula manfaat minyak zaitun untuk kulit tangan dan kaki juga telah dikenal sejak dulu. 

Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai produk perawatan yang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahannya. Misalnya sabun, body scrub, lotion, body oil, body butter, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat minyak zaitun untuk kulit baik kulit tangan maupun kaki. 

Mengenal Tentang Minyak Zaitun yang Baik untuk Kulit

menggunakan minyak zaitun untuk kulit tangan dan kaki

Minyak zaitun merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak buah zaitun. Tanaman yang memiliki nama latin Olea europaea ini umumnya hidup pada lingkungan yang memiliki suhu panas, namun bisa bertahan dalam hujan ringan. Tanaman zaitun telah dibudidayakan sejak dahulu, di daerah timur tengah dan Eropa. 

Memiliki ciri-ciri tinggi sekitar 3-12 meter, bercabang, dengan bunga kecil berwarna putih, daun berwarna hijau tua yang kasar, dan buah yang lunak dan berbiji. 

Buah zaitun mengandung minyak 20-30 persen dari buahnya. Minyak dalam buah inilah yang dimanfaatkan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tangan dan Kaki

Terdapat kandungan yang kaya manfaat di dalamnya, seperti vitamin A, D, K, dan E, antioksidan, lemak tak jenuh tunggal dan squalane (senyawa yang dapat menyeimbangkan lapisan pelindung kulit dan menjaga kelembapan kulit). 

1. Melembabkan Kulit

Dapat membuat kulit tangan dan kaki yang kering menjadi lebih lembab secara efisien. Hal ini karena minyak zaitun dapat membantu mengunci kelembapan dan meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap air.

Selain itu, bisa juga untuk gatal karena minyak zaitun memiliki beberapa kandungan yang bisa untuk mengatasi gatal. Penjelasan lengkapnya bisa Kamu cek di artikel manfaat minyak zaitun untuk kulit gatal.

2. Mengatasi Lutut dan Siku yang Kering dan Gelap

Kulit lutut dan siku seringkali menjadi bagian tubuh yang paling kering dan mudah berubah warna menjadi lebih gelap. Bahkan tak jarang kulit lutut dan siku dapat mengelupas jika dibiarkan terlalu kering.

Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Balurkan campuran tersebut pada siku dan lutut secara rutin menggunakan kapas.

3. Menyembuhkan Luka

Luka kecil yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, lecet akibat terjatuh, dan lainnya kerap terjadi pada kulit tangan dan kaki. Hal ini tentu saja mengganggu jika tidak segera diatasi.

Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang ada pada kulit tangan dan kaki.

Minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi akibat luka. Selain itu, juga dapat mencegah munculnya bekas luka pada kulit tangan dan kaki.

4. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Tumit pecah-pecah dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya kulit kering, terpapar sinar matahari langsung, dehidrasi, dan penyebab lainnya.

Apabila dibiarkan begitu saja, tidak hanya mengurangi estetika kulit, namun tumit pecah-pecah dapat menjadi celah masuknya bakteri, jamur dan virus. Inilah yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi dan peradangan.  

Kondisi ini dapat diatasi dengan menjaga kelembapan tumit. Pelembap yang dapat digunakan bisa berbentuk lotion, krim, salep, dan minyak. Kandungan nutrisi minyak zaitun dapat membantu memperbaiki kerusakan tumit yang pecah-pecah. 

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kulit tangan dan kaki secara maksimal, lakukan cara di bawah ini:

  1. Pilihlah minyak zaitun dengan kualitas terbaik atau Extract Virgin Olive Oil (EVOO). 
  2. Oleskan pada bagian kulit kaki dan tangan yang membutuhkan.

Selain dioleskan secara langsung, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan lotion.

  1. Tunggu beberapa menit hingga cukup meresap.
  2. Bersihkan sisa-sisa minyak yang ada pada kulit untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kulit tangan dan kaki serta cara menggunakannya, Anda dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari secara rutin untuk hasil yang maksimal. Namun, bolehkah memakai minyak zaitun setiap malam?

Secara umum, minyak zaitun aman digunakan kapan saja dan dapat digunakan oleh segala jenis kulit. Namun, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati, karena dapat memungkinkan munculnya alergi maupun iritasi.

Minyak Zaitun untuk Kulit dalam Produk Waji

Kandungan minyak zaitun dapat ditemukan dalam minyak balur Waji. Produk Minyak Waji atau Warisan Jawi memiliki kandungan 10+ botanical essence yang kaya akan manfaat, termasuk minyak zaitun. 

Minyak Waji memiliki sifat antiinflamasi, dapat mengatasi pegal dan nyeri sendi, dapat meredakan gejala masuk angin, meredakan gatal, melembabkan kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

Minyak balur kami dapat digunakan hampir segala usia sehingga bisa menjadi minyak serbaguna yang wajib ada di rumah Anda.

Dapatkan produk minyak Waji yang asli dengan harga promo dan berbagai penawaran terbaik melalui website wajiofficial.id sekarang!

Itulah penjelasan lengkap mengenai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tangan dan Kaki, kandungan yang ada di dalamanya, serta cara efektif untuk mulai memanfaatkan minyak zaitun pada kulit tubuh.

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada AnakĀ 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal