Eksim Kering di Tangan: Pengertian, Ciri, dan Cara Ampuh Mengatasinya

eksim kering di tangan

Eksim kering di tangan merupakan penyakit akibat gangguan yang terjadi pada kulit, seperti kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah. Kondisi ini sering membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. 

Alasannya, eksim sering terjadi di bagian tubuh yang terbuka, seperti tangan, lutut, dan siku. Meski demikian, bagian tubuh lain, seperti leher, dada, lipatan tubuh (ketiak) juga bisa mengalaminya. 

Oleh karena itu, kamu pasti ingin tahu cara mengatasinya? Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Apa itu Eksim Kering? 

Dilansir dari laman National Institutes of Health, eksim biasanya dikenal dengan istilah gatal di kulit yang menimbulkan ruam. Adapun menurut Kemenkes RI, eksim (dermatitis atopik) adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan yang menyebabkan kemerahan, gatal, kekeringan dan pecah-pecah. 

Berdasarkan definisi tersebut, eksim kering merujuk pada penyakit eksim atopik. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak. Kondisi ini biasanya kambuh hingga usia dewasa. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa hingga lansia. 

Eksim kering pada orang dewasa hingga lansia bisa terjadi, meskipun sebelumnya mereka belum pernah mengalaminya. Menurut laman Alodokter, penyebabnya adalah riwayat penyakit asma, rhinitis alergi, atau anggota keluarga kandung yang menderita eksim kering. 

Adapun penyebab lainnya sering ditemukan pada penderita darah manis. Penyakit yang memiliki sebutan prurigo ini ditandai dengan timbulnya benjolan kecil berwarna merah yang sangat gatal. 

Ciri Ciri Eksim Kering

Ciri Ciri Eksim Kering

Lalu, apakah tanda eksim kering sama dengan tanda-tanda penyebabnya? Laman Alodokter meringkas beberapa gejala eksim seperti berikut. 

  • Kulit berubah menjadi lebih tebal dan pecah-pecah. 
  • Kulit dalam keadaan kering dan bersisik. 
  • Kulit mengalami bengkak atau muncul benjolan kecil berisi cairan. Adapun cairannya bisa pecah dengan sangat mudah, terlebih jika digaruk. 
  • Menjadikan penderitanya lebih rewel dibanding biasanya, terutama apabila terjadi pada anak-anak. 

Perlu kamu ketahui, berbagai gejala tersebut memang menyerupai penyakit kulit lainnya. Terutama yang disebabkan oleh infeksi parasit, seperti jamur, dermatitis seboroik, dan psoriasis. 

Meski demikian, kamu akan bisa membedakannya dengan memahami penyebab eksim kering di tangan. Hal ini akan dibahas pada poin selanjutnya. 

Baca Juga: Obat Eksim Kering Tradisional.

Penyebab Eksim Kering di Tangan 

Tangan merupakan salah satu bagian kulit yang mudah terjangkit eksim. Seperti dilansir dari laman Siloam Hospitals, terdapat beberapa penyebab eksim kering di tangan. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

1. Mutasi Genetik 

Mutasi genetik menjadi penyebab utama seseorang mengalami eksim. Sebabnya, gen CARD11 mengalami mutasi yang mengakibatkan sel imun tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menjadi terganggu. 

Selain itu, mutasi gen FLG juga sering dikaitkan dengan eksim. Alasannya, hasil dari mutasi menciptakan filaggrin yang berfungsi melindungi dan melembapkan lapisan kulit terluar (epidermis). Filaggrin ini termasuk jenis protein yang menjadikan kulit kering. 

Akibatnya, kamu sangat rentan terkena eksim kulit. Oleh karena itu, penyebab utama eksim adalah mutasi genetik. 

2. Faktor Keturunan 

Keturunan juga menyebabkan seseorang mengalami eksim. Pasalnya, penyakit ini termasuk salah satu jenis penyakit yang bisa diwariskan secara genetik. Artinya, apabila satu anggota keluarga mengidap eksim maka ada potensi anggota inti yang lain juga bisa terkena. 

3. Gangguan Imunitas Tubuh 

Gangguan imunitas tubuh menjadi faktor selanjutnya yang dapat memicu eksim. Sebab, imun tubuh berfungsi untuk antiinflamasi (antiradang). Sehingga, ketika imun terlalu aktif merespon secara berlebihan terhadap alergen maka dapat memunculkan reaksi pada kulit. 

Oleh karena itu, imun tubuh sebaiknya dalam kondisi baik sehingga tidak menjadi pemicu eksim pada kulit. 

Selain beberapa penyebab utama tersebut, terdapat beberapa penyebab lain seperti berikut.

  • Perubahan hormon 
  • Penderita asma 
  • Penggunaan sabun atau bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. 
  • Penggunaan bahan pakaian yang tidak nyaman atau memicu iritasi pada kulit.

Itulah beberapa penyebab seseorang mengalami eksim yang kebanyakan terjadi di tangan. 

Artikel Lainnya: Pantangan Biduran.

Cara Mengatasi Eksim Kering di Tangan 

eksim kering di tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang sering terbuka. Hal ini menjadikan eksim yang terjadi di tangan sering membuat penderitanya kurang percaya diri. Nah, untuk mengembalikan rasa percaya diri ini, eksim kering di tangan bisa diatasi dengan cara berikut. 

1. Menggunakan Pelembap Khusus 

Eksim di tangan bisa diatasi dengan cara mengoleskan pelembap secara rutin. Alasannya, pelembap dapat membantu kulit agar tidak kering sehingga menyebabkan peradangan. 

Meski demikian, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis pelembap yang cocok. Sebab, memilih krim untuk melembapkan kulit secara coba-coba dapat memperburuk keadaan. 

2. Mandi Air Hangat 

Air hangat dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pada kulit. Kondisi ini menjadikan mandi air hangat dapat mengatasi eksim yang sering muncul di tangan. Akan tetapi, dengan catatan air yang digunakan tidak terlalu panas. 

Air yang terlalu panas apabila digunakan untuk mandi justru akan memperburuk kondisi kulit. Oleh karenanya, pastikan air yang digunakan untuk mandi agar eksim di tangan sembuh dalam keadaan hangat. 

3. Memilih Sabun Mandi yang Tepat 

Bagi penderita eksim, memilih sabun mandi yang tepat menjadi hal yang harus dilakukan. Pasalnya, salah satu penyebab seseorang mengalami eksim, yaitu penggunaan sabun atau bahan kimia yang tidak tepat. 

Sabun dengan kandungan kimia terlalu banyak akan mengakibatkan kulit yang mengalami eksim semakin buruk. Selain itu, sabun antiseptik juga dapat menyebabkan kulit semakin kering. Oleh karenanya, kamu harus memilih jenis sabun mandi yang tepat. 

4. Mengenakan Bahan Pakaian yang Nyaman 

Pakaian berbahan lembut, sejuk, dan menyerap keringat menjadi solusi untuk kamu yang memiliki eksim. Jenis pakaian ini biasanya dibuat menggunakan bahan katun yang menyerap keringat dengan baik. 

Pakaian yang dibuat agar dapat menyerap keringat dengan baik akan meminimalkan rasa ruam dan gatal. Sehingga, penderita eksim sangat cocok menggunakan pakaian berbahan dasar tersebut. 

5. Mengompres Air Dingin 

Eksim di tangan biasanya terjadi pada bagian-bagian tertentu, artinya tidak semua bagian tangan mengalami gatal. Nah, kondisi seperti ini bisa diatasi dengan mengompres air dingin, terutama pada bagian yang terasa gatal. 

Air dingin diketahui dapat meredakan rasa gatal di area eksim. Selain itu, mengompres juga akan meminimalkan peradangan kulit akibat digaruk. Oleh karena itu, mengatasi eksim di tangan lebih baik menggunakan kompres air dingin dibanding menggaruknya. 

Itulah beberapa cara mengatasi peradangan kulit, seperti eksim yang terjadi di tangan. 

Minyak Balur Waji untuk Sembuhkan Eksim Kering di Tangan 

Eksim di tangan yang tidak kunjung sembuh bisa kamu coba obati dengan Minyak Balur Waji. Minyak herbal segala kondisi ini dibuat dari 10+ Botanical Essence yang memiliki banyak khasiat. 

Khasiat Minyak Balur Waji tidak hanya untuk meredakan pegal linu, nyeri otot, dan nyeri sendi, akan tetapi juga dapat meredakan gatal-gatal. Salah satunya adalah untuk meredakan gatal akibat eksim kering. 

Waji berkhasiat meredakan gatal dikarenakan kandungan minyak cananga, minyak pohon teh, dan minyak sereh. Beberapa jenis minyak tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan antijamur. Fungsinya untuk meredakan peradangan, seperti pada kulit. 

Mengoleskan Minyak Waji secara rutin pada bagian kulit yang mengalami eksim akan membantu meredakan ruam sekaligus menyembuhkannya. Oleh karena itu, Sedulur harus dapatkan Minyak Balur Waji sekarang juga melalui website reminya di www.wajiofficial.id!

Baca Juga Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Gatal Campak

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal