4+ Manfaat Bawang Merah dicampur Minyak Telon dan Cara Membuatnya

Manfaat Bawang Merah dicampur Minyak Telon

Bawang merah dan minyak telon menjadi salah dua bahan alami yang sering digunakan untuk tubuh karena memiliki banyak manfaat baik, mulai dari untuk anak bayi hingga untuk orang dewasa. Lalu, memangnya apa saja manfaat bawang merah dicampur minyak telon? Di bawah ini pembahasan lengkapnya.

Metode tradisional ini telah dipraktikkan sejak dulu, bahkan tidak hanya di Indonesia, namun di negara-negara lain, meskipun mungkin dengan teknik yang berbeda.

Cara tersebut dianggap aman untuk bayi karena menggunakan bahan-bahan alami. Namun, apakah terdapat bahaya bawang merah untuk bayi?

Manfaat Bawang Merah Secara Umum

Bawang merah merupakan salah satu umbi-umbian yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan.

Beberapa kandungan bawang merah, yaitu seperti anthocyanin, berbagai vitamin, dan mineral yang terdiri dari kalori, lemak, natrium, karbohidrat, serat, gula, protein, kalium, vitamin B, vitamin C, folat, dan mangan.

membuat campuran bawang merah dan minyak telon

Karena banyaknya kandungan bermanfaat yang ada di dalam bawang merah, maka tidak heran jika bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Sebagai Antibakteri

Memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian, bakteri seperti Propionibacterium acne, Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Streptococcus mutans Salmonella typhi dan Escherichia coli dapat terhambat pertumbuhannya karena ekstrak bawang merah.

2. Baik untuk Perawatan Kulit

Kandungan antioksidan yang ada dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Karenanya, bawang merah dapat memperbaiki warna kulit, mencerahkan, mengecilkan pori-pori, serta mengencangkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Bawang merah juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah.

3. Mencegah Perkembangan Kanker

Bawang merah memiliki kandungan senyawa kuersetin yang dapat menghentikan siklus sel, mencegah perpindahan sel kanker, dan menginduksi apoptosis, sehingga dapat melindungi tubuh dari sel-sel kanker.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bawang merah mengandung serat larut khusus bernama oligofruktosa yang dapat memicu pertumbuhan bakteri baik pada usus, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu, bawang merah juga dapat mencegah dan mengobati diare.

5. Bermanfaat untuk Anak dan Bayi

Bawang merah dapat menjadi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada anak dan bayi.

Manfaat bawang merah untuk bayi antara lain dapat mengatasi demam, meredakan batuk, meredakan pilek, hingga mengatasi perut kembung.

Namun perlu diingat, bahaya bawang merah untuk bayi yang harus diwaspadai adalah potensi cairan dari bawang merah yang masuk ke mata bayi.

Baca Juga Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Bawang Merah.

Manfaat Minyak Telon Secara Umum

Minyak telon terbuat dari campuran minyak alami seperti minyak adas, minyak kelapa, dan minyak kayu putih. Biasanya, minyak telon digunakan untuk bayi karena efeknya tidak sepanas minyak kayu putih dan aromanya lebih lembut.

Minyak adas sebagai salah satu bahan membuat minyak telon, memiliki kandungan potasium, magnesium, dan nutrisi lain dengan efek antioksidan. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit, menyembuhkan luka, sebagai anti bakteri, mengurangi peradangan, dan manfaat lainnya.

Di sisi lain, minyak kelapa memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi minyak kelapa tidak mengandung mineral dan serat, serta hanya mengandung vitamin E dalam jumlah sedikit.

Kandungan itulah yang membuat minyak kelapa bermanfaat untuk meredakan peradangan pada kulit, meredakan gejala alergi, mengatasi gigitan serangga, meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga kesehatan hati, dan melembabkan kulit.

Terakhir, minyak kayu putih yang biasanya dimanfaatkan untuk menghangatkan badan, mengatasi peradangan, meredakan gatal, mengatasi sakit otot, meredakan gejala flu seperti batuk, pilek, membantu meredakan sinusitis, dan lain-lain.

Dengan kandungan minyak telon yang banyak, tidak heran jika menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, apalagi jika dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya bawang merah.

Manfaat Bawang Merah dicampur Minyak Telon

infografis bawang merah & minyak telon

Setelah mengetahui berbagai manfaat secara umum dari bawang merah dan minyak telon, sekarang pertanyaannya, bagaimana kalau keduanya di campur? Apakah ada manfaat bawang merah dicampur minyak telon? Berikut penjelasan manfaatnya:

1. Mengatasi Demam

Untuk mengatasi demam, balurkan campuran bawang merah dan minyak telon pada bagian punggung dan perut anak. Kedua bahan tersebut dapat membantu tubuh merasa lebih baik dan suhu tubuh menurun.

Namun jika mencampurkan keduanya terlalu rumit, maka Anda bisa pilih cara mudahnya yaitu dengan menggunakan produk kami, Minyak Balur Waji, yang juga memiliki banyak manfaat seperti salah satunya mengatasi masuk angin.

2. Meredakan Batuk

Batuk merupakan sesuatu yang alami sebagai respon tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari benda asing seperti kuman, debu, virus, maupun lainnya.

Kandungan sulfur dan quercetin pada bawang merah dan minyak telon untuk batuk bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, sulfur juga dapat melegakan dan mencairkan dahak saat batuk, sehingga batuk pada anak dapat mereda.

3. Meredakan Pilek

Hampir sama seperti manfaatnya untuk meredakan batuk, bawang merah dan minyak telon untuk pilek juga karena kandungan sulfur dan quercetinnya yang dapat mengatasi gangguan dalam saluran pernapasan.

Pilek sendiri merupakan kondisi saat hidung terasa tersumbat dan berlendir. Pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. 

Dikutip dari halodoc.com, anak-anak berusia kurang dari enam tahun lebih beresiko terkena pilek.

4. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung memiliki gejala seperti perut buncit, terdapat bunyi gemuruh yang tidak terlalu keras dari dalam perut, sendawa, buang gas berlebihan, dan nyeri pada perut.

Masalah ini cukup umum dirasakan berbagai golongan usia, bahkan pada anak-anak.

Hal ini karena bayi belum bisa mengontrol udara yang masuk saat sedang menyusu, menangis, serta saat bayi makan berlebihan, alergi makanan, mengkonsumsi terlalu banyak laktosa dan intoleransi makanan.

Bawang merah untuk perut kembung anak dapat membantu melegakan dan mengeluarkan anginnya. Hal ini karena salah satu manfaat bawang merah dicampur minyak telon adalah untuk merilekskan perut dan terasa hangat.

Balurkan bawang dan minyak telon pada perut dalam posisi telentang, kemudian berikan pijatan lembut.

Cara Membuat Campuran Bawang Merah dan Minyak Telon

Untuk mendapatkan manfaat bawang merah dicampur minyak telon, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Cuci bersih bawang merah yang telah dikupas sekitar 3-5 butir.
  • Hancurkan bawang merah, namun jangan sampai terlalu halus. Ini dapat dilakukan dengan cara diparut, diulek, maupun diiris.
  • Tambahkan minyak telon secukupnya dan diaduk hingga merata.
  • Balurkan pada bagian tubuh yang membutuhkan.
  • Pijat dengan lembut jika diperlukan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Manfaat Bawang Merah dicampur Minyak Telon dan tips membuatnya. Untuk penggunaan lebih lanjut, disarankan tetap menggunakannya secara wajar atau tidak berlebihan, lebih baik lagi Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga medis jika ingin menggunakannya dengan tujuan kesehatan.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?