7+ Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur dan Cara Membuatnya

Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

Kunyit telah dikenal sebagai tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur yang berfungsi untuk menambah rasa dan mengubah warna makanan menjadi lebih kekuningan.

Namun, bagaimana jika kunyit diolah menjadi minuman? Banyak orang percaya bahwa ada banyak manfaat minum air kunyit sebelum tidur. Untuk itu, dalam artikel ini, WajiOfficial.id akan membahasnya lengkap!

Kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan masuk dalam kelompok jahe-jahean (Zingiberaceae). Kunyit umumnya memiliki rasa yang hangat dan sedikit pahit.

Kandungan utama dari kunyit adalah kurkumin yang merupakan senyawa yang memiliki khasiat obat. Kandungan lain yaitu lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, zat besi, fosfor, serta kalsium.

manfaat minum air kunyit sebelum tidur malam

Kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain itu juga dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit dan wajah. Hal ini terbukti dengan banyaknya kosmetik yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan pembuatannya. 

Kunyit dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah, menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan noda hitam, mencegah tanda-tanda penuaan, dan lain-lain.

Ekstrak kunyit juga dapat dijadikan sebagai suplemen makanan berbentuk kapsul. Kunyit juga dikenal sebagai salah satu bahan utama jamu kunir asam. Selain itu, kunyit juga bisa dinikmati dengan cara diambil ekstrak airnya.

Apakah boleh minum air kunyit sebelum tidur? Jawabannya boleh.

Malam hari merupakan salah satu waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

infografis minum kunyit sebelum tidur

Terdapat beberapa manfaat minum air kunyit di malam hari sebelum tidur, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Kunyit memiliki enzim yang dapat mengurangi gejala kembung dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga, berat badan dapat turun secara berangsur-angsur.

Selain itu, alasan lain kenapa kunyit bisa untuk menurunkan berat badan yaitu karena memiliki kandungan yang dapat merangsang produksi empedu (untuk membuat pencernaan lebih efisien), dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Kunyit juga diketahui memiliki kandungan yang dapat merangsang produksi empedu dan membuat pencernaan lebih efisien.

Selain itu, diketahui bahwa air kunyit dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat membantu proses penurunan berat badan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Minum air kunyit sebelum tidur dapat mengontrol kadar kolesterol pada tubuh. Apabila kolesterol di dalam darah melebihi batas normal, maka dapat berisiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

3. Mengurangi Peradangan

Air kunyit mengandung sifat antiinflamasi yang dapat melawan peradangan yang terjadi pada tubuh, sehingga dipercaya dapat meredakan pegal linu dan meredakan nyeri pada penderita rematik.

Disamping itu, kunyit dipercaya dapat mengurangi nyeri haid atau nyeri yang dirasakan oleh banyak wanita saat mengalami menstruasi. Dengan meminum air kunyit, maka gejala-gejala menstruasi akan mereda.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air kunyit mengandung antioksidan yang dapat mengembalikan sel yang rusak, mengurangi tanda-tanda penuaan, serta membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Manfaat minum air kunyit sebelum tidur bagi kulit lainnya yaitu mempercepat penyembuhan luka, mencegah jerawat, mengurangi bekas luka, hingga menyamarkan noda hitam. 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kunyit ternyata dapat menurunkan resiko flu, pilek, dan infeksi lainnya. Apabila jika meminumnya secara rutin, Anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Hal itu karena Kandungan antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan kandungan lain yang dimiliki air kunyit, sehingga tubuh menjadi lebih kuat.

Baca Juga Artikel Lainnya: Posisi Tidur Saat Masuk Angin.

6. Mencegah Insomnia

Insomnia merupakan kondisi kesulitan tidur pada malam hari. Hal ini tentu saja sangat menyusahkan, karena terdapat resiko terlambat bangun dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya.

Dengan minum air kunyit sebelum tidur, dapat memudahkan tidur dan membuatnya lebih nyenyak.

7. Manfaat Kunyit dalam Produk Minyak Waji

Kunyit juga menjadi salah satu kandungan dalam produk minyak Waji. Waji merupakan minyak balur serbaguna yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain meredakan pegal-pegal, mengatasi mudah lelah, mengatasi masuk angin, menyembuhkan sakit kepala, hingga menyembuhkan luka pada kulit.

Selain kunyit, Waji memiliki kandungan-kandungan lain yang diformulasikan dengan resep warisan turun temurun dari tanah Jawa.

Namun, perlu diketahui bahwa minyak Waji hanya digunakan untuk pemakaian luar dan bukan untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Minuman Air Kunyit Sebelum Tidur

Untuk mencoba merasakan manfaat minum air kunyit sebelum tidur, Anda dapat membuat minumannya sendiri di rumah, caranya sangat mudah. Berikut ini adalah cara membuat air kunyit:

  1. Siapkan ruas kunyit secukupnya, kira-kira sebanyak lima ruas.
  2. Kupas dan bersihkan kulitnya.
  3. Parut atau blender hingga halus.
  4. Rebus sekitar 2-3 kali.
  5. Untuk menambahkan rasa, tambahkan sejumput garam.
  6. Peras dan saring hingga tersisa sari patinya.
  7. Air kunyit siap diminum.

Apabila ingin meningkatkan rasa air kunyit, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti madu, susu, jeruk nipis, jahe, lada hitam, dan lain-lain.

Untuk memperoleh manfaat maksimal, sebaiknya minum dalam keadaan hangat.

Selain kunyit, ada juga VCO (Virgin Coconut Oil) yang punya manfaat jika diminum sebelum tidur, selengkapnya bisa cek penjelasan manfaat minum VCO sebelum tidur.

Pantangan Setelah Minum Kunyit

Terdapat beberapa hal yang menjadi pantangan setelah minum kunyit, antara lain:

1. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol memiliki banyak efek negatif bagi tubuh, sehingga jika setelah minum kunyit Anda mengkonsumsi alkohol, maka khasiatnya akan berkurang. Selain itu efek samping yang ditimbulkan alkohol antara lain mual, sakit kepala, kehilangan keseimbangan, dan lain-lain.

2. Beraktivitas Berlebihan

Aktivitas seperti olahraga berat tidak disarankan untuk dilakukan setelah meminum air kunyit. Lakukan aktivitas ringan terlebih dahulu, dan akan lebih baik jika Anda beristirahat setelah minum air kunyit.

3. Jangan Konsumsi Obat-obatan Lain 

Setelah Anda mengkonsumsi air kunyit, sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan tertentu, terutama obat pengencer darah. Untuk lebih lengkapnya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum mengkonsumsi air kunyit. 

Secara umum, kunyit aman untuk dikonsumsi segala usia dengan berbagai keluhan. Lalu, penyakit apa yg tidak boleh minum kunyit?

Apabila Anda menderita penyakit seperti masalah lambung, gangguan saluran empedu, diabetes, alergi kunyit, serta orang yang sedang menjalani terapi penyakit jantung dan kanker, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit.

Baca Juga: Cara Membuat Minuman Jahe untuk Batuk.

Itu tadi adalah manfaat minum air kunyit sebelum tidur. Semoga dengan mengkonsumsinya, masalah-masalah kesehatan yang Anda alami dapat teratasi!

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?