logo terbaru wajiofficial

Manfaat minyak kayu putih untuk wajah mungkin tidak banyak diketahui masyarakat, hal itu karena pada umumnya, penggunaannya memang lebih untuk mengatasi gejala masuk angin, meredakan gatal akibat gigitan serangga, dan lain-lain.

Namun yang jelas, untuk menggunakannya pada wajah atau area sensitif lainnya, sebaiknya berhati-hati karena dapat memicu iritasi.

Penasaran dengan apa saja manfaat minyak kayu putih untuk wajah? Simak terus artikel ini untuk mengetahui manfaatnya!

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah

Minyak kayu putih atau cajuputi oil merupakan salah satu minyak esensial yang berasal dari tanaman kayu putih, dan telah dikenal sedari dulu sebagai salah satu alternatif untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Minyak kayu putih mengandung eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen, dan limonen. Kandungan-kandungan inilah yang membuat minyak kayu putih memiliki banyak manfaat, termasuk untuk wajah.

1. Melembabkan Wajah

Menjaga kelembaban wajah merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena kulit yang kering akan memicu kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak minyak, inilah yang membuat kulit menjadi berminyak dan memicu pori-pori tersumbat.

Kulit wajah yang lembab juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan skin barrier, dan mencegah kerutan.

Kandungan antioksidan, alpha-pinene dan limonene dalam minyak kayu putih dapat membuat kulit lembab dan membuat kulit wajah tampak lebih sehat.

Menjadikan minyak kayu putih sebagai pelembab bukan berarti Anda mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh permukaan wajah. Namun, dapat dilakukan dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada pelembab lain yang biasa Anda gunakan.

Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali sehari setiap pagi dan malam hari. 

2. Sebagai Antiinflamasi

Minyak kayu putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan yang terjadi pada kulit di sekitar wajah. 

Kandungan eucalyptolnya juga dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang merupakan gejala peradangan.

Agar tidak terasa pedih, sebaiknya campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. 

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan kondisi yang umum dialami kulit wajah. Umumnya, jerawat disebabkan karena pori-pori tersumbat oleh sebum atau minyak alami kulit maupun kotoran lain.

Tersumbatnya pori-pori dapat menyebabkan peradangan yang memiliki gejala munculnya benjolan kecil berwarna kemerahan yang terasa pegal dan cukup gatal.

Untuk menyembuhkan jerawat, Anda bisa melakukan perawatan yang mengurangi produksi minyak dengan cara melembabkan kulit dan melawan infeksi bakteri.

Manfaat minyak kayu putih sebagai antibakteri dan dapat melembabkan kulit tentu saja dapat membantu menyembuhkan jerawat. Kandungan eucalyptol dan alpha-terpineol juga dapat membantu meredakan kemerahan dan nyeri pada jerawat, karena efek antiinflamasinya.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak kayu putih adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa maupun minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada jerawat dan diamkan sekitar 10 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan sekitar dua kali seminggu.

Akan tetapi, terdapat kemungkinan munculnya efek samping minyak kayu putih untuk jerawat. Hal ini karena minyak kayu putih lebih berpotensi menyebabkan iritasi, terutama untuk kulit sensitif.

Selain itu masih belum ada uji klinis yang menguji manfaat tersebut.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan biasanya terjadi setelah seseorang berusia 30 tahun dan akan terus muncul seiring bertambahnya usia. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat membuat penuaan dini terjadi lebih cepat, antara lain faktor lingkungan dan polusi, gaya hidup tidak sehat, stres, dan faktor-faktor lainnya.

Manfaat minyak kayu putih dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, kulit menipis, kulit kusam, kulit kering dan kasar.

Hal ini karena minyak kayu putih dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan antioksidannya.

5. Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam pada wajah atau biasa disebut flek hitam tentu saja mengganggu. Hal ini bisa disebabkan bekas jerawat, bekas luka, maupun paparan sinar matahari. 

Minyak kayu putih memiliki kandungan yang dapat mengurangi produksi berlebihan melanin, atau zat pewarna alami kulit. 

Untuk menyamarkan noda hitam, gunakan minyak kayu putih dalam campuran masker wajah beberapa tetes saja, atau bisa dicampurkan kedalam madu dan yoghurt.

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut.

Cara Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Wajah

cara menggunakan minyak kayu putih untuk wajah

Untuk menggunakannya pada wajah, dapat dilakukan dengan cara mencampur beberapa tetes minyak kayu putih dengan bahan lain sesuai kebutuhan dan keinginan. Bahan tersebut antara lain minyak kelapa, minyak zaitun, madu, yoghurt, dan lain-lain.

Tidak disarankan untuk mengaplikasikan minyak kayu putih dalam jumlah banyak pada wajah, karena dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi tertentu.

Meskipun manfaat minyak kayu putih untuk wajah cukup banyak, namun terdapat resiko bahaya yang mungkin terjadi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam suatu jurnal penelitian, minyak kayu putih terbukti memiliki potensi besar untuk memicu iritasi. Selain itu, terdapat kemungkinan munculnya alergi yang menyebabkan gejala seperti kemerahan, gatal, ruam, hingga pembengkakan.

Belum pengaplikasiannya yang juga beresiko masuk ke mata dan rongga hidung. Ini akan menimbulkan iritasi yang lebih parah lagi. Mata akan merah, berair, panas, perih, hingga membengkak.

Dan yang perlu dicatat juga, tidak semua orang bisa menggunakannya, karena ada juga orang yang alergi minyak kayu putih.

Penggunaan Minyak Kayu Putih dalam Produk Minyak Waji

Karena kandungannya yang baik, minyak kayu putih juga terdapat dalam komposisi produk kami, Minyak Waji (Warisan Jawi).

Waji adalah produk minyak balur herbal yang mengandalkan 10+ botanical essences yang sudah teruji klinis untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh seperti nyeri sendi, nyeri otot, pegal linu, hingga masalah pada kulit tubuh seperti menghilangkan bekas luka atau gatal-gatal.

Manfaat Lain Minyak Kayu Putih

Selain manfaat minyak kayu putih untuk wajah, terdapat manfaat lain untuk kesehatan antara lain:

1. Mengatasi Hidung Tersumbat dan Melancarkan Pernapasan

Minyak kayu putih dapat membantu membersihkan saluran udara yang terhambat lendir dan kotoran lainnya. Selain itu, manfaat minyak kayu putih lainnya adalah sebagai aroma terapi yang baik, karena memiliki aroma yang segar dan cukup kuat untuk melegakan hidung tersumbat.

Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda bisa menghirup aromanya secara langsung, maupun menggunakannya sebagai essential oil yang dimasukkan ke dalam diffuser.

2. Meredakan Batuk

Beberapa obat batuk diketahui memiliki kandungan minyak kayu putih di dalamnya. Hal ini karena minyak kayu putih dipercaya memiliki kandungan yang dapat mengatasi batuk, khususnya pada batuk berdahak.

Meredakan batuk dengan minyak kayu putih dapat dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kayu putih pada dada dan leher atau di sekitar tenggorokan.

3. Mencegah Infeksi

Minyak kayu putih memiliki kandungan cineole dan limonene yang memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antiradang atau antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dan mencegah infeksi.

Karena sifat ini, minyak kayu putih dapat mengobati luka kecil dan mempercepat penyembuhan luka seperti bekas gigitan nyamuk, gejala herpes, sariawan, dan lainnya.

4. Mencegah Gigitan Nyamuk dan Meredakan Gatal

Minyak kayu putih telah dikenal sejak dulu memiliki kandungan yang dapat membantu mencegah gigitan nyamuk. Aromanya dapat mencegah nyamuk dan serangga mendekat.

Kandungan eucalyptol pada tanaman kayu putih telah terbukti efektif mencegah serangga dalam suatu penelitian. Minyak kayu putih memiliki kandungan toksisitas yang kuat pada mikroba dan serangga dalam bentuk uap.

Dalam penelitian yang sama, disebutkan juga bahwa produk yang mengandung minyak kayu putih dapat melindungi manusia dari gigitan serangga hingga delapan jam.

5. Mengobati Nyeri Sendi

Sifat antiinflamasinya dapat membuat rasa nyeri sendi berkurang secara berangsur-angsur jika dibalurkan pada area luar sendi yang terasa nyeri.

Selain Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah yang telah disebutkan di atas, terdapat juga manfaat lain, misalnya untuk mengatasi gejala masuk angin, meredakan sakit kepala, dan lainnya.

Artikel Terkait:


Tiara Rosivanengtyas

a communications scholar who became an article writer

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *