Perbedaan Ruam Kulit Biasa dan HIV dan Cara Mudah Membedakannya

perbedaan ruam kulit biasa dan HIV

Serupa tapi tak sama, itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan penyakit ruam kulit biasa dan HIV. Ada ruam yang memang biasa terjadi dan tidak membahayakan. Namun, ada juga yang menunjukkan penyakit tertentu yang sangat berbahaya, salah satunya HIV.

Lalu, tahukah kamu perbedaan ruam kulit biasa dan HIV? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Apa itu Ruam Kulit? 

Penyakit kulit masih sangat dominan terjadi di Indonesia, salah satunya ruam kulit yang disebabkan oleh banyak faktor.

Ruam kulit merupakan perubahan wujud pada tekstur atau warna karena peradangan. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang terlihat kering dan terasa gatal. 

Orang yang mengalami ruam kulit tidaklah sedikit. Sebab, kondisi ini sering menjadi tanda suatu peradangan atau penyakit tertentu. Selain itu, juga termasuk jenis penyakit kulit yang bisa sembuh. 

Perbedaan Ruam Kulit Biasa dan HIV

ruam kulit biasa dan hiv bedanya apa

1. Penyebab

Dilansir dari laman Halodoc, ruam kulit biasa sering disebabkan karena efek samping obat-obatan, reaksi alergi, atau penggunaan kosmetik tertentu. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain seperti berikut. 

  • Dermatitis kontak, yaitu peradangan kulit yang terjadi karena menjalani kontak dengan unsur asing yang menyebabkan alergi. 
  • Ruam popok, yaitu ruam yang terjadi dikarenakan jarang mengganti popok yang basah. 
  • Sengatan dan gigitan serangga, yaitu ruam yang disebabkan karena racun yang dikeluarkan pada kulit ketika disengat atau digigit serangga. 
  • Infeksi jamur, yaitu ruam dikarenakan adanya infeksi jamur yang hidup di tanah, udara, tanaman, air, dan manusia. 
  • Cacar air, yaitu ruam yang disebabkan oleh penyakit akibat virus varisela zoster. 
  • Kurap, yaitu ruam yang disebabkan karena adanya infeksi jamur pada kuku, kepala, selangkangan, dan kaki. 
  • Scarlet Fever, yaitu penyakit yang memunculkan ruam karena adanya infeksi bakteri. 
  • Alergi obat, yaitu ruam yang disebabkan karena tubuh mengalami reaksi abnormal akibat obat yang dikonsumsi. 
  • Lupus, yaitu penyakit yang menyebabkan ruam merah dan bulat menyerupai sisik pada kulit. 

Sedangkan untuk Ruam kulit HIV yaitu munculnya ruam akibat dari HIV yang diderita.

2. Gejala

Ruam kulit umumnya terjadi pada bagian tangan, siku, dan area yang memiliki lekukan seperti bagian dalam siku dan lutut. Adapun gejala yang ditimbulkan pada bagian-bagian tersebut seperti berikut. 

  • Perasaan gatal 
  • Kulit yang kemerahan 
  • Kulit kering, bersisik, atau berkerak yang menjadi lebih tebal dan kasar apabila digaruk 
  • Adanya lepuhan kecil berisi air 
  • Infeksi pada area kulit yang rusak 

Sedangkan untuk gejala ruam kulit HIV yaitu gatal dan berbentuk area datar berwarna merah dengan benjolan kecil yang melingkar di sekelilingnya. 

Selain itu, pada orang berkulit gelap terdapat sedikit perbedaan. Warna ruam yang ditimbulkan cenderung lebih ungu jika dibandingkan orang dengan kulit putih.

Tabel Perbedaan Ruam Kulit Biasa dan HIV 

Setelah memahami uraian sebelumnya, bisakah kamu menyimpulkan perbedaannya? Terdapat poin-poin tertentu yang menunjukkan perbedaan ruam kulit biasa dan HIV. Berikut beberapa poinnya. 

perbedaan ruam kulit biasa dan hiv

Baca Juga: Kenapa Kulit Jari Tangan Mengelupas?

Minyak Waji untuk Mengatasi Ruam 

Cara mengatasi ruam, baik yang biasa maupun yang disebabkan oleh HIV bisa dengan Minyak Waji. Sebab, Minyak Waji adalah minyak balur multifungsi yang dibuat dari 10+ Botanical Essences. Hal ini menjadikannya punya banyak khasiat. 

Salah satunya adalah bisa mengatasi gatal atau ruam di kulit. Hal ini dikarenakan mengandung beberapa bahan, seperti minyak cenanga, minyak sereh, dan minyak pohon teh. 

Kamu harus tahu bahwa ketiga bahan tersebut mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Oleh karena itu, Minyak Waji sangat cocok untuk meredakan ruam yang terjadi pada kulit. 

Yuk, Sedulur Waji dapatkan produk Minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id! 

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal