6+ Manfaat Minyak Kapulaga untuk Kesehatan Hingga Perawatan Tubuh

manfaat minyak kapulaga

Manfaat minyak kapulaga banyak dibicarakan di masyarakat, hal ini karena kapulaga, atau dalam bahasa Inggris disebut cardamom banyak mengandung minyak atsiri. Minyak tersebut bisa digunakan untuk berbagai masalah kesehatan.

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang biasanya dikonsumsi sebagai penyedap rasa dan penambah aroma dengan cara ditambahkan dalam masakan, bisa juga diminum setelah diseduh dengan air hangat dan ditambahkan madu, atau dengan cara-cara lainnya.

Kapulaga adalah tanaman yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, umumnya, kapulaga tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 200-1000 mdpl. 

Ciri Ciri Minyak Kapulaga

Ciri Ciri Minyak Kapulaga

Sebelum membahas apa saja manfaat minyak kapulaga, mari kita kenali terlebih dahulu, seperti apa itu minyak kapulaga.

Bentuk Minyak Kapulaga

Ciri-ciri Kapulaga yang membedakannya dengan tanaman rempah lainnya adalah buahnya yang terkumpul di dalam tandan yang kecil dan pendek, buah tersebut berbentuk bulat, berbulu, dan biasanya berwarna kuning kelabu.

Jenis Minyak Kapulaga

Terdapat dua jenis kapulaga yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu kapulaga jawa dan kapulaga seberang atau kapulaga india. Kapulaga sendiri termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Kapulaga memiliki rasa dan aroma yang kuat namun sedikit manis. Karenanya, kapulaga biasa dimanfaatkan untuk memberi aroma harum dan sebagai penyedap pada makanan.

Manfaat kapulaga yang sangat banyak ini disebabkan karena kandungannya yang banyak dan bermanfaat. Apa saja kandungan kapulaga?

Kandungan Minyak Kapulaga

Banyaknya manfaat minyak kapulaga tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Kapulaga memiliki banyak kandungan nutrisi baik seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, dan serat. 

  • Air 8,51%
  • Abu 6,72%
  • Protein kasar 9,29%
  • Oleoresin 10,025%
  • Minyak Atsiri 8,01%
  • Serat Kasar 24,14%
  • Karbohidrat 41,08%.

Sedangkan vitamin yang terkandung di dalam kapulaga antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, niacin, pyridoxine, riboflavin, dan thiamin.

Terdapat juga kandungan mineral seperti kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, phospor, dan zinc.

Manfaat Minyak Kapulaga

Setelah mengetahui bentuk dan ciri-cirinya, berikut ini berbagai manfaat minyak kapulaga untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai Antibakteri dan Antijamur

Minyak kapulaga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, antibakteri berfungsi untuk membunuh bakteri jahat yang merugikan tubuh, sehingga dapat mencegah infeksi yang terjadi pada kulit.

2. Meringankan Gejala Alergi

Kondisi alergi dapat terjadi pada siapa saja, hal ini karena alergi merupakan kondisi dimana terjadi suatu  reaksi pada tubuh yang dipicu oleh hal tertentu. Salah satu gejala alergi yang biasanya terjadi adalah gatal pada kulit.

Untuk mengatasi berbagai masalah alergi, kamu bisa menggunakan minyak kapulaga.

3. Menyembuhkan Peradangan

Peradangan sendiri merupakan respon alami sistem kekebalan tubuh terhadap rasa sakit. 

Kapulaga memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat digunakan untuk meredakan peradangan saat tubuh mengalami cedera. Zat penyebab peradangan yang ada di dalam tubuh akan diblokir oleh obat antiinflamasi dalam kapulaga.

Gejala peradangan yang umum dirasakan adalah nyeri, kemerahan, bengkak, memar, dan lainnya. Peradangan biasanya berlangsung selama beberapa hari atau lebih.

4. Membantu Pernafasan

Bagi penderita asma, aroma kapulaga yang kuat dapat membantu meningkatkan saluran udara dan pernafasan, sehingga dapat membuat nafas menjadi lancar dan bersih. 

Selain membantu pernafasan, manfaat minyak kapulaga juga dapat meredakan gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat dan pilek.

Kapulaga memberikan efek yang hangat dan menenangkan, sehingga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung dan tenggorokan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kapulaga juga bermanfaat untuk kulit, di antaranya:

  • Melembabkan dan menghidrasi kulit
  • Membersihkan wajah
  • Menyeimbangkan kandungan minyak pada kulit
  • Meredakan iritasi
  • Menyembuhkan luka ringan
  • Meratakan warna kulit.
  • Mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

6. Menutrisi Rambut

Minyak kapulaga memiliki berbagai nutrisi yang dapat memelihara folikel rambut, membersihkan kulit kepala, serta membuat rambut sehat dan berkilau.

Caranya adalah dengan menggunakan minyak kapulaga sebagai masker rambut sebelum keramas.

infografis minyak kapulaga

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Cengkeh.

Dapatkan Manfaat Kapulaga dalam Minyak Balur Waji

pembelian minyak waji

Waji memiliki kandungan berbagai bahan herbal resep turun temurun dari tanah Jawa, termasuk di dalamnya minyak kapulaga.

Tentunya bukan hanya itu saja, ada 10+ Botanical Essences dalam Minyak Balur Waji yang bisa membantumu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi, nyeri otot, pegal linu, dan masuk angin.

Tunggu apalagi, segera dapatkan Waji di official website kami!

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat minyak kapulaga, ciri ciri, dan kandungan yang ada di dalam kapulaga itu sendiri.

Mungkin kamu butuh informasi ini juga: Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Tradisional.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?