Sakit Pundak Sebelah Kiri Sampai ke Bagian Tubuh Lain? Segera Lakukan Ini

sakit pundak sebelah kiri

Sakit pada pundak sebelah kiri bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini, mulai dari cedera fisik hingga masalah medis tertentu. 

Artikel ini akan membahas, salah satunya tentang penyebab sakit pundak sebelah kiri, gejala yang mungkin dialami, dan langkah-langkah untuk mengatasi dan mencegahnya. 

Apa itu Sakit Pundak? 

Dilansir dari banyak sumber, sakit pundak merupakan suatu keluhan kesehatan yang umum dialami, terutama oleh orang dewasa. Kamu perlu tahu bahwa pundak atau bahu merupakan bagian tubuh atas yang terdiri dari tulang lengan atas, tulang selangka, dan tulang belikat. 

Ketiga tulang tersebut dihubungkan oleh sendi, otot, dan tendon. Hasilnya, memungkinkan lengan untuk bergerak ke berbagai arah. Tapi, kondisi tertentu menyebabkan kamu tidak bisa menggerakkannya secara normal. 

Salah satu bentuknya adalah sakit pundak sebelah kiri yang umumnya disebabkan oleh beberapa faktor berikut. 

Sakit Pundak Sebelah Kiri Bisa Terjadi Karena Sebab Berikut

sakit pundak sebelah kiri
  • Cedera pada Otot 

Seperti telah disebutkan, pundak dikelilingi oleh kumpulan otot dan tendon. Dilansir dari laman Alodokter, keduanya sering disebut rotator cuff yang berfungsi sebagai penjaga sendi bahu. Selain itu, juga memungkinkan pergerakan lengan melingkar ke atas. 

Meski demikian, otot dan tendon bisa mengalami cedera robek. Penyebabnya, seperti saat kamu terjatuh, meregangkan tangan ke atas secara berlebihan, atau terlalu sering melakukan gerakan bahu secara berulang. 

Faktor-faktor cedera tersebut memicu pundakmu sulit digerakkan. Bahkan pada beberapa kasus, mereka yang mengalami sakit pundak tidak bisa mengangkat atau memutar lengannya. 

Oleh karenanya, sakit pada pundak sebelah kiri bisa dirasakan sampai ke tangan. 

  • Pundak Kaku (Frozen Shoulder

Pundak kaku adalah kondisi nyeri dan kaku di area bahu. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sulit bergerak hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak jarang, kaku pada pundak juga bertahan hingga bertahun-tahun. 

  • Bursitis 

Penyebab sakit pundak lainnya adalah bursitis, yaitu kegiatan atau aktivitas yang terlalu sering menggerakkan pundak. Pundak yang terlalu sering digerakkan akan memicu peradangan pada bursa (bursitis). 

Bursa (bursitis) merupakan kantung yang berisi cairan. Letaknya berada di sekeliling persendian. Adapun fungsinya sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara otot dan tulang. Hal ini termasuk untuk sendi bahu. 

Kamu yang mengalami bursitis ini biasanya menyebabkan sakit bahu ketika melakukan aktivitas sehari-hari. 

  • Tendinitis 

Tendinitis adalah peradangan yang terjadi pada tendon bahu. Peradangan ini termasuk salah satu penyebab pundak terasa sakit, baik sebelah kiri maupun sebelah kanan. 

Pasalnya, tendon merupakan jaringan penghubung antara otot dan tulang. Oleh karenanya, jika tendon mengalami peradangan akan sulit untuk menggerakkan tulang. 

  • Dislokasi Bahu 

Selanjutnya, penyebab sakit pada bagian pundak bisa karena dislokasi bahu. Gangguan ini terjadi ketika tulang lengan atas terlepas dari tulang belikat. Hal ini terjadi akibat cedera, seperti terjatuh atau benturan yang sangat keras. 

Kamu yang mengalami dislokasi bahu biasanya ditandai dengan rasa sakit yang parah, bengkak dan memar pada bagian pundak. Bahkan, sering pula diiringi dengan sendi yang tergeser. 

  • Osteoarthritis 

Radang sendi yang satu ini dapat menyebabkan tulang-tulang yang terhubung melalui sendi mengalami kerusakan. Pundak merupakan bagian tubuh yang yang berpotensi besar mengalami peradangan pada sendi. 

Akibatnya, pundak bisa mengalami sakit atau nyeri sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Selain pundak, biasanya punggung juga sering sakit. Yuk kenali juga penyebab sakit punggung sebelah kanan atas.

Cara Mengatasi Sakit Pundak Sebelah Kiri 

cara mengatasi sakit pundak sebelah kiri

Secara umum, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan apabila mengalami sakit pundak. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

1. Memberikan Obat-obatan 

Obat-obatan masih menjadi pilihan paling diminati banyak orang ketika mengalami sakit pada bagian pundak. Hal ini dikarenakan efeknya bisa langsung dirasakan setelah mengonsumsi. 

Meski demikian, pemberian obat sebaiknya perlu dalam pengawasan dokter. Pasalnya, tidak semua obat aman untuk langsung dikonsumsi tanpa resep. 

Meski demikian, terdapat beberapa jenis obat yang umumnya digunakan untuk meredakan sakit pada pundak. Menurut laman Alodokter, banyak dokter meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid. 

Jenisnya, seperti ibuprofen, diclofenac, celecoxib, paracetamol, dan ibuprofen. Mengonsumsi obat jenis ini akan membantu mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan yang terjadi. 

2. Operasi 

Cara mengatasi sakit pada pundak yang selanjutnya adalah operasi. Biasanya, tindakan ini dilakukan apabila faktor penyebabnya berat, seperti cedera pundak parah, pundak kaku, atau robekan pada otot dan tendon (rotator cuff). 

Kondisi tersebut termasuk yang serius sehingga penanganannya juga harus serius. Oleh karenanya, tindakan ini umumnya dilakukan oleh tenaga profesional, misalnya dokter. 

3. Fisioterapi 

Cara mengatasi pundak yang sakit juga tidak bisa dilepaskan dari fisioterapi. Tindakan ini dilakukan pada pasien setelah mengalami kondisi tertentu, seperti penyakit atau cedera. 

Tujuan melakukan fisioterapi adalah membantu mengembalikan kemampuan gerak pundak. Selain itu, juga meredakan nyeri atau sakit yang kamu rasakan akibat faktor-faktor tertentu. 

Kembalinya kemampuan gerak dan rasa sakit yang mereda akan membantumu kembali beraktivitas dengan lancar. 

Itulah beberapa cara yang umum dilakukan untuk mengatasi pundak yang sakit, baik sebelah kiri maupun sebelah kanan. Kamu bisa memilih salah satu dari ketiganya, terutama jika faktor penyebabnya adalah berat. 

Tapi, bagaimana jika sakit pundak yang dialami karena faktor yang ringan? Kamu bisa menggunakan Minyak Balur Waji. 

Waji dibuat dari 10+ Botanical Essences sehingga punya banyak khasiat. Salah satunya membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak pala di dalamnya. 

Minyak pala memiliki senyawa dan sifat yang dapat meredakan pegal linu, nyeri otot, nyeri sendi, sakit punggung, sakit pundak, keseleo, dan memar akibat benturan. Oleh karenanya, Minyak Balur Waji bisa membantu mengatasi pundak yang sakit. 

Yuk, tak lagi sakit pundak dengan Minyak Waji, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?