10+ Tanaman Herbal untuk Nyeri Otot dan Sendi

Tanaman Herbal untuk Nyeri Otot dan Sendi

Nyeri otot dan sendi menjadi masalah umum yang dapat terjadi pada siapa saja secara tiba-tiba. Umumnya masalah tersebut diobati dengan perawatan medis. Namun, tahukah kalian bahwa terdapat tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi?

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang nyeri otot lengan kiri atas, dan kali ini, WajiOfficial.id akan membahas apa saja tanaman herbal yang punya manfaat untuk nyeri otot maupun sendi.

Nyeri otot dapat dirasakan dimana saja karena terdapat jaringan otot pada hampir seluruh tubuh. Nyeri otot merupakan hal yang normal terjadi, terutama jika Anda sering melakukan aktivitas fisik. Penyebabnya bisa dari cidera, otot tegang, menggunakan otot secara berlebihan, melakukan olahraga atau aktivitas berat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti keseleo, tegang, cidera, asam urat, dan kondisi lainnya.

Nyeri ini biasanya dapat hilang dalam jangka waktu beberapa hari, hingga minggu. Jika dibiarkan, nyeri sendi akan membuat tubuh sulit digerakkan.

Tanaman Herbal untuk Nyeri Otot dan Sendi

tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi

Nyeri otot dan sendi umumnya bukanlah sesuatu yang berbahaya. Namun, jika tidak segera diobati maka akan mengganggu aktivitas dan berisiko semakin parah. 

Pengobatan herbal dipilih karena dinilai lebih aman dan efektif, serta memiliki kemungkinan efek samping yang kecil. Terdapat berbagai tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi, antara lain:

1. Minyak Cengkeh 

Dapat digunakan sebagai salah satu tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi setelah melakukan aktivitas panjang.

Minyak cengkeh memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan berbagai peradangan, termasuk nyeri dan sendi. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri.

2. Kunyit

Tanaman kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Kandungan inilah yang dapat meredakan peradangan yang terjadi pada sendi serta otot dan dipercaya dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, agar kembali seperti semula.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak kunyit memiliki efektifitas yang sama dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan diklofenak, dalam meredakan nyeri.

Baca Juga Artikel Terkait: Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau cajuputi oil merupakan minyak yang telah dikenal sejak dulu sebagai salah satu minyak esensial yang menjadi andalan keluarga, karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat meredakan sakit atau nyeri otot dan sendi.

Minyak ini memiliki kandungan cineole, linalool, dan terpineol. Sifat antiinflamasinya dapat membuat rasa nyeri sendi berkurang secara berangsur-angsur jika dibalurkan pada area luar otot sendi yang terasa nyeri.

4. Frankincense Oil

Minyak kemenyan arab atau frankincense oil merupakan salah satu minyak olahan yang terbuat dari getah pohon boswellia. Ternyata minyak ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan dan sifat antiinflamasi frankincense oil dapat digunakan untuk mengurangi peradangan, pereda nyeri, dan pembengkakan pada area tubuh tertentu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat mencegah pelepasan enzim pemicu peradangan. Senyawa dalam tanaman lidah buaya memiliki efek antiinflamasi yang mirip dengan obat antiinflamasi nonsteroid. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, antirematik, serta anturumatoid.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

6. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi gejala-gejala peradangan yang terjadi pada otot dan sendi, serta dapat mengurangi tingkat stres oksidatif.

7. Jahe

Jahe juga telah dikenal sebagai salah satu tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi. Hal ini karena kandungan senyawanya yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Jahe juga dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat.

8. Peppermint

Peppermint oil diketahui memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan juga antijamur. Peppermint terdiri dari campuran watermint dan spearmint yang sering digunakan sebagai penambah rasa dan aroma yang menyegarkan. 

Kandungan menthol pada peppermint juga dapat memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga rasa nyeri tidak terlalu terasa. Oleh karena itu, peppermint dapat meredakan rasa nyeri dan membuat otot menjadi lebih lemas. 

9. Chamomile

Chamomile telah dikenal sebagai teh yang tidak mengandung kafein dan memiliki banyak manfaat. Selain sebagai teh, chamomile biasanya diolah menjadi minyak esensial.

Chamomile memiliki banyak kandungan terpenoid dan flavonoid yang dapat mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya dapat meredakan nyeri dan merilekskan otot yang kaku.

10. Teh Hijau

Kandungan polifenol dan sifatnya yang antiradang dan antioksidan membuat teh hijau dapat dijadikan sebagai tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi.

Cara Menggunakan Tanaman Herbal untuk Nyeri Otot dan Sendi

Tanaman Herbal untuk mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Setelah mengetahui macam-macam tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Dijadikan Kapsul atau Pil

Kebanyakan tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi dikonsumsi secara oral melalui kapsul maupun pil. Hal ini dinilai lebih mudah, praktis, dan memiliki dosis yang lebih akurat, sehingga akan lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kapsul atau pil yang terbuat dari tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi biasanya dijual di apotek-apotek secara bebas, maupun dengan resep dokter.

2. Dijadikan Minuman

Beberapa tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi dapat dijadikan sebagai minuman, misalnya kayu manis, jahe, peppermint, teh hijau, dan chamomile. Biasanya, tanaman-tanaman tersebut diseduh atau direbus menggunakan air panas. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional.

Minyak Balur Herbal Waji untuk Atasi Nyeri

Ingin segera bebas dari masalah nyeri otot dan sendi tapi terlalu repot untuk mengolah tanaman herbal sendiri seperti di atas? Daripada terus menunda dan akhirnya dampak nyeri semakin parah, Anda bisa pilih solusi mudahnya yaitu dengan menggunakan Produk Minyak Balur Waji untuk mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi.

Waji terbuat dari 100% bahan herbal alami yang terdiri dari 10+ botanical essences, yang sudah teruji klinis ampuh mengatasi masalah nyeri otot dan sendi.

Setelah mengetahui jenis dan cara menggunakan tanaman herbal untuk nyeri otot dan sendi, Anda dapat mengaplikasikannya untuk mengatasi masalah Anda. Apabila nyeri tak kunjung sembuh, segera lakukan perawatan lebih lanjut.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?