Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

biang keringat tidak kunjung sembuh

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit. 

Setiap orang bisa mengalami biang keringat, tapi risiko paling besar terjadi pada bayi dan anak-anak. Bahkan, pada beberapa kasus tertentu, mereka mengalami biang keringat tak kunjung sembuh. 

Nah, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel berikut akan membahas tentang hal tersebut. 

Yuk simak selengkapnya di bawah ini! 

Penyebab Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh 

Sebenarnya, berapa lama biang keringat bisa sembuh? Dilansir dari laman Siloam Hospitals, biang keringat umumnya akan menghilang atau sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari

Akan tetapi, pada beberapa kondisi tertentu biang keringat tak kunjung sembuh. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor seperti berikut. 

Menggunakan Pakaian Ketat dan Tidak Menyerap Keringat

Pakaian ketat termasuk salah satu pantangan biang keringat. Pasalnya, jenis pakaian ini dapat memicu terjadinya iritasi. Kondisi iritasi pada kulit akibat pakaian ketat yang tidak menyerap keringat akan memperparah peradangan kulit karena biang keringat. 

Menggunakan pakaian ketat akan menyebabkan kulit yang sedang mengalami biang keringat akan saling bergesekan. Hasilnya, keringat akan lebih banyak terjebak pada area kulit, sehingga iritasi akan semakin parah. 

Oleh karenanya, menggunakan pakaian ketat dan tidak menyerap keringat menjadi penyebab biang keringat tak kunjung sembuh. 

Menggaruk Bagian yang Gatal 

Menggaruk adalah tindakan yang seharusnya tidak dilakukan ketika mengalami biang keringat. Sebab, tindakan ini akan menyebabkan semakin lama biang keringat bisa sembuh sendiri. 

Alasannya, rasa gatal yang terus digaruk justru akan menyebabkan peradangan semakin parah. Bahkan, menggaruk yang dilakukan secara kasar sangat tidak disarankan untuk dilakukan ketika mengalami biang keringat. 

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai 

Produk perawatan kulit memang telah banyak beredar di pasaran, salah satunya untuk mengatasi gatal atau ruam. Tapi, tidak semua produk cocok untuk biang keringat. Oleh karenanya, menggunakan produk yang kurang sesuai justru membuat biang keringat tak kunjung sembuh. 

Beberapa produk yang umumnya digunakan, seperti bedak bayi, pelembap berminyak, dan tabir surya. Perlu kamu ketahui, produk-produk tersebut bahkan dinilai berisiko dapat menyumbat saluran keringat dan memicu biang keringat lebih banyak. 

Mandi Secara Berlebihan 

Penyebab biang keringat yang tidak kunjung sembuh selanjutnya adalah mandi secara berlebihan. Alasannya, mandi ternyata bisa mengurangi minyak alami pada kulit, sehingga dapat memperburuk gejala biang keringat. 

Mandi secara wajar, misalnya dua kali sehari akan menjaga kelembapan kulit. Sebab, minyak alami yang terdapat pada kulit tidak melulu terbawa air dan sabun ketika mandi hingga menyebabkan kulit kering dan memperparah biang keringat. 

Olahraga Secara Intens 

Melakukan olahraga terlalu sering akan memicu keringat berlebih. Kondisi seperti ini bisa menjadi faktor penyebab biang keringat. Bahkan, kondisinya bisa semakin parah apabila pakaian yang digunakan juga tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Artinya, keringat berlebih yang dihasilkan ketika terlalu sering berolahraga akan tertahan di kulit. Hasilnya, kondisi kulit yang terkena biang keringat akan semakin parah. 

Menggunakan Selimut Terlalu Tebal 

Penggunaan selimut terutama yang terlalu tebal juga bisa memicu biang keringat tidak kunjung sembuh. Alasannya, produksi keringat meningkat karena gerah dan panas akibat selimut. 

Kondisi keringat yang menumpuk pada area kulit karena selimut menjadikan biang keringat semakin parah. Hasilnya, penyakit ini menjadi sulit untuk sembuh. 

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan biang keringat tidak kunjung sembuh. Padahal, jenis gangguan pada kulit yang satu ini sebenarnya bisa sembuh dalam waktu beberapa hari saja, namun karena berbagai faktor tersebut jadi lebih lama. 

Cara Mempercepat Penyembuhan Biang Keringat 

biang keringat tak kunjung sembuh

Setelah tahu faktor yang memperlambat, kini saatnya kamu tahu cara mempercepat penyembuhan biang keringat. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa membuat biang keringat lebih cepat sembuh dibanding pada umumnya. 

Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain seperti berikut. 

Mengompres dengan Air Dingin 

Cara pertama mempercepat penyembuhan biang keringat adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Cara ini bisa kamu lakukan selama 15–20 menit. 

Seperti dilansir dari laman Siloam Hospitals, mengompres area biang keringat dengan air dingin secara rutin bisa membantu mempercepat menyembuhan. Sebab, air dingin akan meredakan gejala peradangan pada kulit dibanding jika menggaruk. 

Menjaga Kebersihan Tubuh 

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memastikan tubuh selalu dalam keadaan bersih. Artinya, apabila telah melakukan aktivitas yang padat, seperti bermain, aktivitas di luar ruangan, atau berolahraga secara intens maka sangat disarankan untuk mandi. 

Mandi secara rutin, misalnya dua kali sehari dapat menjaga kebersihan tubuh. Sebab, mandi dapat membersihkan akan menghilangkan keringat, debu, dan berbagai kotoran yang dapat memperparah biang keringat pada kulit. 

Menggunakan Lotion dengan Kandungan Zinc Oxide 

Mempercepat penyembuhan biang keringat juga bisa dilakukan dengan menggunakan lotion. Salah satunya yang mengandung zinc oxide. Sebab, kandungan ini dapat membantu meredakan gatal pada kulit. 

Seperti yang kamu ketahui, biang keringat kerap memicu ruam kemerahan di kulit hingga menimbulkan rasa gatal dan perih. Mengoleskan lotion terutama dengan kandungan zinc oxide akan mengurangi rasa gatal tersebut. 

Hasilnya, rasa gatal yang berkurang akan mencegah keinginan untuk menggaruk bagian yang mengalami biang keringat. Hal ini mencegah peradangan semakin parah dan mempercepat proses penyembuhan. 

Mengonsumsi Obat Antihistamin 

Obat antihistamin adalah obat untuk membantu mengurangi kemerahan dan rasa gatal pada kulit. Obat jenis ini kerap dimanfaatkan untuk mengobati biang keringat, namun dengan catatan sesuai rekomendasi dokter. 

Pasalnya, memberikan obat antihistamin tanpa rekomendasi bisa saja menimbulkan efek samping. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor risiko efek samping, seperti sakit kepala, batuk, dan kelelahan. Oleh karenanya, perlu sangat berhati-hati dalam memberikannya. 

Itulah beberapa cara mempercepat penyembuhan biang keringat. Kamu bisa memilih salah satu atau lebih untuk diaplikasikan. Mengetahui efektivitas dari menerapkan cara tersebut bisa dilakukan tanda-tanda biang keringat akan sembuh. 

Lalu, apa saja tanda biang keringat akan sembuh? Poin berikutnya akan membahas mengenai hal tersebut. 

Terkait Biang Keringat, Tips Berikut Ini Mungkin Anda Butuhkan Juga:

Tanda Biang Keringat akan Sembuh 

Seperti telah disebutkan, biang keringat termasuk masalah kulit yang bisa sembuh. Proses penyembuhannya pun beragam, yaitu ada yang bisa sembuh sendiri, menggunakan cara-cara penyembuhan tertentu, maupun menggunakan obat. 

Akan tetapi, tahukah kamu bagaimana tanda-tanda biang keringat akan sembuh? Perlu diketahui bahwa ada beberapa tanda yang bisa diidentifikasi bahwa biang keringat telah menunjukkan akan sembuh. 

Adapun tanda-tanda biang keringat akan sembuh seperti berikut. 

  • Ruam di kulit semakin memudar. 
  • Rasa gatal semakin berkurang. 
  • Menghilangnya rasa perih di bagian kulit yang mengalami biang keringat. 
  • Memudarnya bengkak akibat ruam di area kulit. 

Nah, apabila tidak kunjung menunjukkan gejala tersebut maka bisa dikatakan bahwa biang keringat tak kunjung sembuh. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama tentunya akan sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari. 

Kamu bisa mencoba berbagai cara lain untuk mempercepat penyembuhan biang keringat, yaitu dengan menggunakan minyak Waji. Minyak balur multifungsi ini dibuat dari 10+ Botanical Essences

Hasilnya, Waji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu meredakan gatal akibat biang keringat. Manfaat ini dikarenakan terdapat kandungan minyak esensial, seperti minyak kayu putih, sereh, tamanu, dan lain sebagainya. 

Berbagai minyak esensial tersebut mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, antijamur, dan antiseptik sehingga mampu membantu meredakan gatal di kulit. Oleh karenanya, minyak Waji mempercepat penyembuhan biang keringat

Yuk, dapatkan produk minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal