logo terbaru wajiofficial

Manfaat minyak kayu putih untuk rambut tidak banyak diketahui. Hal ini karena pada umumnya minyak atsiri yang dikenal bermanfaat untuk rambut adalah minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kemiri, minyak urang-aring, dan lainnya.

Namun, siapa sangka jika terdapat banyak manfaat minyak kayu putih untuk rambut. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan-kandungan yang ada dalam minyak kayu putih. Apa saja kandungan minyak kayu putih?

Minyak kayu putih atau cajuputi oil merupakan salah satu minyak esensial yang berasal dari tanaman kayu putih, terutama bagian daun. Daun yang telah dikeringkan kemudian dihancurkan dan disuling untuk diambil minyaknya. Setelah itu, minyak yang telah diekstraksi kemudian diencerkan, hingga dapat digunakan sebagai obat.

berbagai manfaat minyak kayu putih untuk rambut

Minyak kayu putih mengandung eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen, dan limonen. Kandungan-kandungan inilah yang membuat minyak kayu putih memiliki banyak manfaat.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut

Terdapat banyak manfaat dari minyak kayu putih untuk rambut, antara lain:

1. Mencegah Iritasi pada Kulit Kepala

Kulit kepala gatal dapat disebabkan oleh ketombe, kutu rambut, kurap, dan penyebab lainnya. Hal ini dapat menyebabkan iritasi jika digaruk. Kandungan antiinflamasi yang ada di dalam minyak kayu putih dapat meredakan gatal dan mencegah munculnya iritasi. 

2. Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan kondisi munculnya serpihan kulit berwarna putih dari kulit kepala, disertai dengan rasa gatal. Ketombe dapat disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan kulit kepala, kulit kering, munculnya jamur Malassezia Sp, dan dermatitis Seboroik.

Kandungan antijamur dan antiseptik pada minyak kayu putih dapat mengobati ketombe.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Ketika menggunakan minyak kayu putih, akar rambut akan tumbuh dengan lebih baik. Minyak kayu putih dapat merangsang pertumbuhan rambut, karena memiliki sifat yang dapat melancarkan aliran darah dalam kulit kepala. Selain itu juga mengandung nutrisi dan oksigen yang merangsang pertumbuhan rambut.

4. Mencegah Pertumbuhan Uban

Uban merupakan rambut yang tumbuh dengan warna yang berbeda dari seharusnya, atau umumnya berwarna putih dan abu-abu. Penyebab pertumbuhan uban umumnya disebabkan oleh faktor usia. Namun, terdapat faktor lain seperti genetik dan kebiasaan yang buruk.

Jika rambut mulai beruban, maka harus dirawat secara ekstra dan terlindungi dari sinar ultraviolet, panas, bahan kimia, dan lainnya. Rambut beruban yang tidak dirawat akan menjadi lebih parah, seperti rambut akan kering, kasar, dan rapuh.

Untuk mencegah pertumbuhan uban, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih pada kulit kepala hingga ujung rambut yang telah dibersihkan. Setelah itu, pijat lembut selama 10-15 menit. Diamkan selama 2 jam supaya minyak meresap. Bilas dengan air bersih dan shampo.

5. Mengatasi Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan salah satu serangga kecil yang biasanya menghisap darah di kulit kepala. Serangga ini sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala, telinga, hingga leher.

Minyak kayu putih telah dikenal sejak dulu memiliki aroma yang dapat mencegah serangga mendekat, termasuk kutu rambut. Cara mengusir kutu rambut dengan minyak kayu putih adalah dengan mengusapkannya pada kulit kepala. 

6. Membuat Rambut Lebih Sehat dan Mudah diatur

Kandungan antioksidannya dapat membantu melindungi rambut dari paparan sinar matahari, polusi, debu, dan lainnya. Rambut yang terhindar dari kotoran tersebut akan lebih sehat, sehingga rambut tidak kusut serta akan lebih lembut dan mudah diatur. 

Gunakan minyak kayu putih tidak hanya pada kulit kepala, namun juga pada batang rambut.

Selain rambut, banyak juga manfaat minyak kayu putih untuk wajah, lho!

Cara Pemakaian Minyak Kayu Putih untuk Rambut

Selain diaplikasikan secara langsung pada rambut dan kulit kepala, terdapat beberapa alternatif untuk memaksimalkan manfaat minyak kayu putih untuk rambut.

1. Campuran Minyak Kayu Putih dengan Jeruk Nipis

Jika dicampur dengan jeruk nipis akan lebih maksimal. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat menghilangkan ketombe. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengurangi rambut rontok, merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi rambut lepek, dan membuat rambut berkilau. 

Caranya mudah, cukup campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan beberapa tetes perasan jeruk nipis ke dalam wadah. Oleskan campuran tersebut pada rambut, dan dipijat secara lembut selama 10-15 menit. Cuci rambut hingga bersih.

2. Campuran Minyak Kayu Putih dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak atsiri yang bermanfaat untuk rambut. Minyak zaitun mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat menjaga kelembaban dan melindungi keratin rambut. 

Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berfungsi untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut. 

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut jika akan dicampur dengan minyak kayu putih adalah dengan mencampur keduanya dengan takaran 1:1. Setelah tercampur, aplikasikan pada rambut secara merata. Tunggu sekitar dua jam atau lebih, kemudian dibilas. 

3. Campuran Minyak Kayu Putih dengan Bunga Kembang Sepatu

Bagian bunga kembang sepatu memiliki kandungan vitamin A dan C, sehingga apabila digabungkan dengan minyak kayu putih, maka dapat mengatasi rambut rontok, mencegah rambut beruban, hingga menghilangkan ketombe.

Kandungan asam amino pada kembang sepatu juga dapat menyehatkan folikel rambut dan membuatnya mudah diatur.

Campuran minyak kayu putih dan bunga kembang sepatu dapat dijadikan sebagai masker rambut. Caranya dengan merebus bunga kembang sepatu secukupnya, kemudian peras dan saring. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air bersih atau keramas seperti biasa.

Itu tadi adalah beberapa cara mengaplikasikan minyak kayu putih pada rambut. Selain itu, masih ada beberapa cara untuk mendapatkan khasiat minyak kayu putih untuk rambut, misalnya dengan mencampur minyak kayu putih dengan almond oil dan rosemary oil.

Baca Juga Artikel Lainnya: Perbedaan Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih.

Efek Samping Minyak Kayu Putih untuk Rambut

Belum ada uji klinis untuk mengetahui efek samping penggunaan minyak kayu putih untuk rambut. 

Namun, bagi penderita kulit sensitif atau penderita alergi minyak kayu putih, rasa gatal, perih, memerah, bengkak, hingga melepuh mungkin terjadi karena adanya reaksi alergi. Selain itu, terdapat resiko keracunan dan muntah.

Manfaat minyak kayu putih untuk rambut sangat beragam, akan tetapi Anda perlu berhati-hati dalam mengaplikasikan minyak kayu putih untuk menghindari efek samping negatif. 

Artikel Terkait: Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih.

Minyak Kayu Putih dalam Produk Minyak Waji

Minyak kayu putih juga menjadi salah satu kandungan dari produk minyak balur Waji. Selain mengandung minyak kayu putih, Waji juga mengandung berbagai bahan herbal dengan resep turun temurun dari tanah Jawa.

Bahan-bahan tersebut antara lain minyak kapulaga, minyak cengkeh, minyak jahe, ylang-ylang, minyak adas, tea tree, VCO, kunyit, sereh, dan komposisi lainnya.

Dengan bahan-bahan herbal yang terjamin kualitasnya tersebut, minyak Warisan Jawi ini tentu saja memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti sebagai antiinflamasi, meredakan alergi, mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi, serta meredakan gejala flu.


Tiara Rosivanengtyas

a communications scholar who became an article writer

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *