Posisi Tidur Saat Kaki Pegal Agar Tidur Jadi Langsung Nyaman!

posisi tidur saat kaki pegal

Tubuh yang mengalami pegal-pegal kerap kali mengganggu kualitas tidur seseorang. Salah satunya ketika bagian yang mengalami pegal adalah kaki. 

Kondisi tersebut tentunya tidak ingin kamu biarkan bukan? Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan posisi tidur saat kaki pegal. 

Ada beberapa posisi yang sangat disarankan agar kamu nyaman ketika tidur meski dalam kondisi kaki yang pegal. 

Apa Penyebab Kaki Pegal Saat Malam Hari? 

cara mengatasi kaki pegal saat tidur

Kamu pasti setuju bahwa kaki termasuk anggota badan yang sangat aktif. Alasannya, kaki merupakan alat untuk berjalan, berdiri, berolahraga, berkendara, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. 

Fungsi yang banyak membantu aktivitas manusia memicu kemungkinan kaki akan terasa pegal. Terlebih, apabila kamu melakukan aktivitas yang berat dan lama. 

Tapi, apakah kaki yang terasa pegal hanya karena itu? Tentunya tidak, pasalnya menurut laman Klinik Pintar terdapat beberapa faktor lain seperti berikut. 

  • Cedera Kaki 

Cedera adalah kondisi kelainan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi baik pada otot, tendon, ligamen, persendian, atau tulang. Penyebabnya adalah aktivitas gerak yang berlebihan atau kecelakaan. 

Kondisi tersebut menyebabkan kaki pegal saat malam hari atau siang hari. 

  • Pemilihan Sepatu yang Salah 

Sepatu merupakan alas kaki yang paling sering digunakan banyak orang saat ini. Tapi, tidak semua orang bisa memilih sepatu yang baik, beberapa orang bahkan salah memilih sepatu. 

Padahal, pemilihan sepatu yang salah menyebabkan kaki terasa pegal, terutama setelah seharian menggunakannya. Umumnya, akibat ini bisa dirasakan ketika malam hari. 

  • Aktivitas Berlebihan 

Berlebihan dalam melakukan berbagai aktivitas juga menjadi penyebab lain kaki terasa pegal saat malam hari. Adapun jenis aktivitasnya, seperti olahraga berat, berdiri terlalu lama, dan berjalan sangat jauh. 

Aktivitas semacam itu ternyata membuat ligamen kaki menjadi tegang. Akibatnya, otot-otot kaki dapat mengalami kelelahan hingga menyebabkan sensasi pegal dan nyeri. Kondisi ini akan memicu gangguan pada tidur. 

  • Obesitas 

Obesitas adalah kondisi berat badan melebihi batas normal. Hal ini dikarenakan lemak yang menumpuk dalam tubuh. Sumbernya adalah asupan kalori yang terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah yang dibakar. 

Permasalahan kesehatan ini menjadi pemicu kaki terasa pegal. Pasalnya, kaki menjadi bagian yang menopang berat tubuh. Akibatnya, tubuh yang memiliki berat badan berlebihan akan menyebabkan ligamen, otot, dan sendi kaki terasa pegal. 

  • Kekurangan Aktivitas Fisik 

Tidak hanya aktivitas berlebihan, kurang melakukan aktivitas fisik juga menjadi penyebab kaki pegal. Alasannya karena otot-otot kaki menjadi tegang dan kaku. Oleh karenanya, sekali digerakkan akan terasa sakit. 

Berbagai faktor tersebut bisa menjadi tolok ukur penyebab kaki terasa pegal yang kamu rasakan. Jadi, apakah kamu memiliki salah satunya?

Posisi Tidur saat Kaki Pegal

Posisi tidur saat kaki pegal yang baik adalah menyamping dengan disangga guling. Tindakan ini bisa meredakan rasa pegal, nyeri, atau sakit yang dirasakan oleh kaki. 

Caranya dengan meletakkan guling di antara betis. Selanjutnya, kamu bisa memeluk guling dengan kedua tangan secara rileks.

Selain yang disarankan, ada juga yang paling tidak disarankan, yaitu tidur tengkurap. Pasalnya, cara ini justru menjadi pemicu utama badan mengalami pegal-pegal. 

Melakukannya dalam kondisi kaki pegal tentunya akan memperparah rasa tidak nyaman bagi tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa memilih posisi tidur yang terbaik, alih-alih yang bisa memperparah pegal-pegal yang kamu alami.

Selain pegal, kamu sering masuk angin juga? Cobalah posisi tidur saat masuk angin yang nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak.

Selain Memperbaiki Posisi Tidur, Cobalah Lakukan Ini Saat Kaki Pegal

Selain Memperbaiki Posisi Tidur, Cobalah Lakukan Ini Saat Kaki Pegal (1)

Apabila kaki kamu sering terasa pegal karena salah satu faktor yang telah disebutkan, sebaiknya segera melakukan tindakan. Lalu apa tindakannya? Perlu kamu tahu bahwa ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan di rumah. 

Berikut beberapa cara mengatasi kaki pegal saat tidur dilansir dari berbagai sumber.  

1. Mengenakan Sepatu yang Nyaman 

Seperti kamu ketahui, salah memilih alas kaki adalah faktor seseorang mengalami kaki yang terasa pegal. Kondisi ini menjadikan penting bagi kamu mengenakan sepatu yang nyaman. 

Memilih menggunakan sepatu yang nyaman dapat mengurangi rasa pegal di kaki ketika digunakan. Kategori sepatu nyaman, di antaranya memiliki ukuran yang pas, sol tebal, dan ortotik. 

2. Mengistirahatkan Kaki 

Cara selanjutnya mengatasi kaki pegal adalah dengan mengistirahatkan kaki. Tindakan ini memang terkesan sangat sederhana, tapi efektif meredakan pegal di kaki. 

Pasalnya, kondisi ini berkaitan dengan fungsi kaki yang banyak. Sehingga, mengistirahatkannya beberapa waktu akan membantu meredakan pegal dan mengembalikan fungsinya secara maksimal. 

Caranya, kamu bisa beristirahat dengan duduk santai atau tidur selama beberapa waktu. Melakukan hal ini membantu tubuh untuk mengurangi tekanan pada otot-otot kaki. Bahkan, bisa juga untuk meningkatkan sirkulasi darah. 

Otot yang sudah tidak tegang dan sirkulasi darah yang lancar akan membuat kaki lebih rileks. Hasilnya, pegal yang dirasa pada kaki bisa mereda bahkan sembuh. 

Oleh karenanya, mengistirahatkan kaki juga sangat disarankan untuk meredakan kaki yang terasa pegal di malam hari. 

3. Mengangkat Kaki ke Atas 

Sesekali, kamu pasti pernah melakukan cara ini ketika kakimu terasa pegal. Mengangkat kaki ke atas memang efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman di kaki. 

Alasannya, saat kamu mengangkat kaki ke atas maka akan melancarkan aliran darah untuk kembali ke jantung. Dengan catatan, lamanya waktu yang diperlukan hanya 15 menit. 

Tindakan yang kamu perlukan adalah dengan meletakkan kaki di atas bantal. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan mengangkat kaki ke dinding. Kedua cara ini bisa kamu lakukan selama waktu yang disarankan. 

Hasilnya tidak hanya aliran darah yang lancar, namun juga membantu meredakan pembengkakan, mengurangi ketegangan otot, dan memberikan sensai nyaman pada kaki. 

Oleh karenanya, tidurmu akan lebih berkualitas setelah melakukan cara ini, terutama saat kamu sedang mengalami kaki yang terasa pegal. 

4. Melakukan Peregangan Kaki 

Meregangkan kaki bisa menjadi solusi terbaik untuk kaki yang terasa pegal, terutama apabila faktornya adalah kurang gerak. 

Alasannya, kaki yang melakukan aktivitas peregangan termasuk salah satu cara menenangkan kaki yang lelah. Caranya, kamu bisa meniru beberapa gerakan berikut. 

  • Silangkan kaki sambil duduk, lalu pegang jari-jari kaki dengan tangan, kamu bisa memijat lembut bagian lengkungan kaki. 
  • Selain itu, kamu juga bisa berdiri di samping permukaan yang keras dan vertikal seperti dinding, lalu rentangkan kaki selebar bahu. Gunakan tangan untuk menjaga keseimbangan, dan tekuk jari-jari kaki dengan satu kaki sambil menekannya ke dinding. Jaga agar tetap stabil selama lima detik, lalu rentangkan kembali di lantai. Lakukan hal yang sama untuk kaki lainnya

Kedua cara tersebut sangat baik untuk kamu lakukan setelah berendam air hangat. Pasalnya, akan lebih baik apabila kondisi otot sedang sangat rileks. 

5. Rendam Kaki dengan Air Hangat 

Pegal-pegal yang terasa pada kaki akan reda dengan merendamnya di air hangat. Hal ini dikarenakan air hangat sangat efektif membantu otot-otot yang sebelumnya kaku atau tegang menjadi lebih rileks. Bahkan, bisa menghilangkan rasa tidak nyaman. 

Kamu bisa merendam kaki dengan air hangat selama 15–20 menit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam epsom untuk membantu mengurangi otot kaku, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan rasa nyaman pada kaki. 

6. Pijat dengan Minyak Balur Waji 

Memijat bisa membantu mengurangi rasa pegal pada kaki saat tidur. Cara ini akan lebih efektif apabila melakukannya menggunakan Minyak Balur Waji. Dibuat dari bahan warisan turun-temurun resep tanah jawa yang mengandung 10+ Botanical Essences, Waji memiliki banyak manfaat. 

Beberapa adalah membantu meredakan nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, kram, kebas, kesemutan, perut kembung, dan gatal-gatal. Salah satu manfaatnya, yaitu meredakan pegal linu dikarenakan kandungan minyak pala dalam Waji. 

Membalurkan Minyak Waji dan memijatnya pelan-pelan akan membantu meredakan pegal yang terasa pada kaki. 

Selain itu, aroma unik dari Minyak Waji yang bersumber dari kandungan minyak sereh akan memberikan efek aroma terapi. Manfaatnya adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan, sehingga bisa tidur dengan nyaman. 

Tunggu apa lagi? Yuk, Sedulur bebaskan pegal-pegal di kaki dengan mencoba posisi tidur saat kaki pegal di atas dan dengan Minyak Waji.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Chat CS Kami
Halo Kak, Promo Minyak Balur Waji Apa Masih Ada?