5+ Titik Refleksi Salah Bantal dan Cara Memijatnya dengan Benar

Titik Refleksi Salah Bantal 

Mengetahui titik refleksi salah bantal dapat membantumu mengatasi masalah jika kamu tidur denga posisi yang salah.

Salah bantal merupakan sakit pada bagian tengkuk karena posisi bantal yang tidak baik (saat tidur). Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti nyeri pada leher yang dapat memengeruhi kualitas tidur. 

Apa itu Salah Bantal? 

Kamu pasti pernah mengalami rasa tidak nyaman karena salah posisi tidur. Seperti dilansir dari laman Kemenkes RI, salah posisi tidur merupakan suatu kondisi yang juga dikenal dengan istilah salah bantal

Kondisi ini memicu rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu, seperti area leher, bahu, tengkuk, dan punggung. Adapun waktunya biasanya terjadi setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan setiap orang biasanya tidur selama 6–9 jam/hari. 

Lalu, tahukah kamu ciri-ciri salah bantal? Menurut laman Halodoc, terdapat beberapa ciri seperti berikut. 

  • Otot tegang atau tertarik pada bagian tubuh tertentu, seperti leher, bahu, tengkuk, dan punggung. 
  • Sulit menengok, baik ke kanan maupun ke kiri. 
  • Rasa sakit pada bagian leher. 

Penyebab Salah Bantal

penyebab salah bantal

Selain ciri-ciri tersebut, salah bantal juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa penyebab salah bantal yang secara umum dialami oleh banyak orang. 

1. Salah Posisi Tidur 

Penyebab salah bantal yang pertama adalah posisi tidur yang salah (kurang tepat). Contohnya sering terjadi pada orang yang memiliki posisi favorit tidur, misalnya dengan tengkurap. 

Posisi tidur tengkurap dengan waktu yang lama menyebabkan otot-otot di leher menjadi tegang. Akibatnya, bagian tubuh, seperti tendon, otot, dan ligamen akan merasakan nyeri. Kondisi ini juga akan dirasakan oleh leher. 

Oleh karena itu, saat posisi tidur favorit kamu adalah tengkurap, sebaiknya diimbangi dengan gerak memutar kepala. Hal ini bisa dilakukan dengan memutar kepala ke samping untuk lebih nyaman bernapas. 

2. Penggunaan Bantal yang Kurang Tepat 

Penyebab selanjutnya adalah kurang tepatnya penggunaan bantal saat tidur. Hal ini sering terjadi, terutama saat bantal yang digunakan terlalu tinggi atau rendah. Keduanya membuat leher terlalu miring, sehingga otot-otot menjadi tegang. 

Akibatnya, memicu rasa nyeri pada leher setelah bangun tidur. Oleh karenanya, menggunakan bantal yang sesuai, baik tinggi maupun rendahnya akan menurunkan risiko salah bantal. 

3. Bantal atau Kasur yang Terlalu Keras 

Selain posisinya, kondisi bantal atau kasur yang terlalu keras juga menjadi penyebab salah posisi tidur. Pasalnya, keduanya mengakibatkan nyeri pada bagian leher. Hal ini dikarenakan otot leher menjadi tegang karena terlalu miring dan tidak fleksibel (lentur). 

Umumnya, nyeri tersebut dapat dirasakan setelah bangun tidur. Meski demikian, nyeri biasanya berlangsung cukup lama, yaitu sampai seharian. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan bantal atau kasur yang digunakan untuk tidur agar tidak terlalu keras. 

4. Kebiasaan yang Salah 

Kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang sebelum tidur, yaitu melihat ponsel secara terus-menerus. Kondisi ini menjadikan seseorang memiliki postur yang buruk, salah satunya membungkuk. 

Postur tubuh yang terus-terusan membungkuk menyebabkan otot leher terasa nyeri. Alasannya, posisi kepala terlalu condong menjadikan leher menopang beban yang lebih berat dibanding posisi netral. 

Kondisi tersebut membuat seseorang memiliki risiko lebih tinggi mengalami nyeri dan kaku pada leher. Oleh sebab itu, memiliki kebiasaan yang salah memicu seseorang untuk salah posisi tidur. 

5. Memiliki Riwayat Cedera Leher 

Riwayat cedera leher juga bisa menjadi penyebab salah tidur. Hal ini dikarenakan leher termasuk bagian tubuh yang rentan cedera, seperti saat berolahraga, terjatuh, ataupun kecelakaan. 

Kondisi tersebut menjadi penyebab nyeri di leher, terutama sering terjadi ketika salah tidur. Oleh karena itu, riwayat cedera leher menjadi penyebab yang harus diperhatikan. 

Titik Refleksi Salah Bantal 

Kamu bisa meredakan gejala sakit dan nyeri akibat salah bantal dengan mengetahui titik refleksinya. Beberapa bagian tubuh memiliki titik refleksi yang bisa dipijat, seperti ketika salah bantal. 

Berikut beberapa titiknya. 

1. Titik Refleksi Jianjing 

Jianjing merupakan titik refleksi pertama salah bantal. Letaknya terdapat pada otot bahu, yaitu di tengah leher. Selain itu, juga pada bagian lengan atas dimulai. Memijat titik ini dinilai sangat efektif untuk meredakan nyeri otot karena salah bantal. 

Meski demikian, kamu tidak boleh melakukan pijat refleksi pada area jianjing ketika sedang hamil. Pasalnya, memijat bagian ini akan memicu ibu hamil untuk masuk dalam proses persalinan atau melahirkan. 

Oleh karena itu, pijatan yang dilakukan harus menghindari hal-hal yang dilarang. 

2. Titik Refleksi Hegu 

Titik refleksi selanjutnya adalah hegu. Bagian ini terletak pada lipatan kulit antara ibu jari dan jari telunjuk. Dilansir dari laman Sehatq, ahli pijat refleksi mengklaim bahwa memijat bagian ini akan menghilangkan sakit atau nyeri akibat salah bantal. 

Melakukan pijat refleksi dengan cara ini harus dengan catatan, yaitu tidak boleh dilakukan pada ibu hamil. Hal ini sama dengan pantangan dalam memijat titik jianjing. Oleh karena itu, untuk meredakan nyeri akibat salah bantal harus tetap dilakukan dengan hati-hati. 

3. Titik Refleksi Fengchi 

Titik refleksi selanjutnya adalah fengchi. Titik ini berada di belakang daun telinga yang menuju bagian atas leher dan dasar tengkorak. Memijat titik ini dapat meredakan sakit atau nyeri, baik karena kelelahan hingga sakit kepala. 

Oleh karenanya, teknik pijat refleksi pada titik fengchi membantu sangat efektif untuk mengatasi masalah salah bantal. 

4. Titik Refleksi Zhong Zu 

Bagian tangan yang menjadi titik refleksi selanjutnya adalah zhong zu. Letaknya terdapat pada buku-buku jari di atas jari kelingking dan jari manis. Memijat titik refleksi ini dapat merangsang berbagai bagian otak. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan sirkulasi dan pelepasan ketegangan. Kondisi ini biasanya terjadi karena salah bantal. 

Oleh karena itu, memijat bagian ini dapat meredakan gejala salah bantal, seperti nyeri dan sakit leher. 

5. Titik Refleksi Heaven’s Pillar 

Selain yang disebutkan, titik refleksi lainnya adalah heaven’s pillar. Letaknya terdapat pada kedua sisi leher, di dasar tengkorak dan sekitar dua inci dari dimulainya bagian atas tulang punggung, yaitu tepat di atas bahu. 

Menyembuhkan nyeri atau sakit leher karena salah bantal bisa dengan memijat titik refleksi tersebut. Pasalnya, manfaatnya dapat melepaskan sumbatan dan pembengkakan kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan sakit leher. 

Oleh karenanya, memijat titik refleksi heaven’s pillar dapat mengatasi masalah salah bantal. 

Baca Juga Artikel Terkait: Titik Refleksi Betis Pegal.

Cara Memijat Leher Tegang Akibat Salah Bantal 

titik refleksi salah bantal

Setelah mengetahui titik refleksi salah bantal, kamu sudah tahu belum tips pijat refleksinya? Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan menurut laman Sehatq

  • Pastikan tubuhmu dalam keadaan rileks, misalnya dengan tarik napas dalam-dalam. 
  • Identifikasi titik refleksi yang akan dipijat. 
  • Menggunakan tekanan yang kuat dan dalam ketika memijat titik refleksi. Bahkan, lebih baik memutar jari dalam gerakan melingkar atau naik turun. 
  • Melakukan pijatan selama 3-4 menit pada setiap titik refleksi. 
  • Fokus pada setiap titik refleksi satu demi satu. 
  • Hentikan pijatan jika terasa sakit yang parah di bagian tubuh tertentu selama dipijat. 

Rekomendasi Artikel: Titik Bekam Asam Lambung.

Minyak Waji untuk Pijat Refleksi Salah Bantal 

Sedulur bisa menggunakan Minyak Waji untuk pijat refleksi yang lebih maksimal. Waji merupakan minyak balur yang dibuat dari 10+ Botanical Essences. Khasiatnya dapat meredakan nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, gatal-gatal, hingga masuk angin. 

Minyak Waji dapat meredakan nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal linu. Hal ini dikarenakan mengandung minyak zaitun, minyak daun cengkih, minyak gaharu, dan minyak pala. 

Oleh karena itu, memijat titik refleksi menggunakan Minyak Waji dapat membantu mengatasi masalah akibat salah bantal. 

Sedulur, dapatkan Minyak Waji sekarang juga melalui website resminya di www.wajiofficial.id, yuk! 

Share:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

sabun batang antibakteri
Tips Waji

Sabun Batang Antibakteri: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Sabun batang antibakteri telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit. Pasalnya, bakteri sering menjadi penyebab masalah kesehatan tertentu.  Salah satu masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh

sabun untuk penyakit scabies
Gatal Gatal

Sabun untuk Penyakit Scabies, Pilih yang Seperti Ini Saja

Sabun sering dipilih oleh para penderita scabies untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Sebab, selain mengonsumsi obat rekomendasi dokter, sabun dinilai efektif untuk membantu mengatasi gatal pada kulit akibat scabies.  Meski demikian, kamu juga harus tahu bahwa

titik bekam asam lambung
Tips Waji

Letak Titik Bekam Asam Lambung dan Titik Pijat yang Pas

Mengetahui titik bekam asam lambung yang benar bisa menjadi salah satu solusi untuk penderita asam lambung guna meredakan masalah lambung. Mengandalkan bekam untuk asam lambung memang dipilih sebagian orang, dibandingkan meminum obat atau metode pengobatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 
Tidak Enak Badan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bikin Perut Lega Kembali!

Perut kembung pada anak-anak kerap membuat mereka jadi lebih rewel. Pasalnya, kembung menjadi suatu kondisi yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan, tidak terkecuali ketika dialami oleh anak.  Meski bisa dialami oleh setiap usia, namun penyebab

biang keringat tidak kunjung sembuh
Gatal Gatal

Biang Keringat Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat atau kelenjar ekrin. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan ruam kecil kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih pada kulit.  Setiap orang

kenapa scabies tidak sembuh sembuh
Gatal Gatal

Kenapa Scabies Tidak Sembuh Sembuh? Ternyata Bisa Dari Hal Ini

Scabies (kudis) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau parasit yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei. Meskipun jenis penyakit ini biasanya dapat diobati dengan cepat, tapi tidak jarang pula kondisinya tidak sembuh-sembuh seperti yang diharapkan. Hal